Featured Post

Recommended

Jangan Pernah Berpikiran Kalau Untuk Memulai Olahraga Itu Ribet, Inilah Alasannya

Bangun pagi sebaiknya dimulai dengan ucapan syukur kepada Sang Pencipta (walau sering lupa) karena masih diberikan kesempatan untuk menikmat...

Jangan Pernah Berpikiran Kalau Untuk Memulai Olahraga Itu Ribet, Inilah Alasannya

Jangan Pernah Berpikiran Kalau Untuk Memulai Olahraga Itu Ribet, Inilah Alasannya

Bangun pagi sebaiknya dimulai dengan ucapan syukur kepada Sang Pencipta (walau sering lupa) karena masih diberikan kesempatan untuk menikmati kehidupan dengan nafas kehidupan yang selalu baru setiap hari nya. 


Sebuah kesempatan baru untuk memulai hari dengan penuh senyum dan energi baru, rasanya patut dirayakan dengan hal positif dan bermanfaat, nah saya, biasanya kalau lg gak banyak kendala, ceremonial paling "easy to do" di pagi hari adalah joging dulu kira - kira 30 menitan lah, memang kadang gak tiap hari sih, kalau lagi rajin aja bisa tiap hari, tp pada umumnya 3 - 4 kali lah seminggu. Kalau bisa tiap hari dalam seminggu itu memang rasanya lebih nikmat sih.


Biacara ttg joging di pagi hari sebenarnya gampang sekali dan tidak perlu banyak persiapan yang ribet, joging adalah olahraga yang paling mudah untuk kita lakukan, tidak perlu harus pake alat olah raga, bisa dibilang cukup dengan niat yang kuat, kita sudah bisa memulai olahraga ini.


Pic : Alat olahraga saya, sendal

Gak perlu ribet, nah ini alasan kenapa untuk olahraga / joging di pagi hari itu mudah sekali dan gak ribet sebenarnya : 


- Cukup pakai sendal : Untuk lari pagi atau joging rasanya tidak perlu harus pake sepatu lari apalagi sepatu lari atlit yang mahal - mahal itu, cukup pake sendal pun bisa loh, saya lebih banyak joging pake sendal rasanya sih gak ada masalah, bahkan sebenarnya bare foot (kaki ayam) pun bisa, cuma kondisi jalanan memang bikin kaki kita gak nyaman untuk joging tanpa alas kaki. Tapi percaya lah pake sendal saja sudah cukup kok untuk bisa joging pagi. Artinya ketika kalian bangun dari tempat tidur, udah langsung aja pake sendal cus cari keringat, mudah sekali bukan? gak ribet dah pokoknya.


- Trek olahraga gak perlu panjang - panjang : Joging tidak perlu harus di trek lari khusus yang bagus, aku yakin di sekitar komplek rumah kita, atau di sekitar rumah kita sendiri pasti ada jalur - jalur jalan yang bisa kita manfaatkan untuk joging.


Pic : Trek Joging


Pic : Trek joging pagi fav saya, panjang sekitar 200 meter, posisi dekat rumah


- Gak perlu jauh - jauh : Dekat dengan rumah saya ada jalan kosong, orang dan kendaraan sedikit yang lalu lalang, kira - kira panjang lintasan sekitar 200 - 300 meter (seperti gambar di atas) sudah cukup bagi saya untuk dijadikan lintasan joging, gak perlu jauh - jauh, gampang kan gak perlu ribet.


- Gak perlu lama - lama biar gak bosan : Joging dengan durasi yang lama memang akan sangat membosankan, apalagi sendirian dan rutenya cuma 200 - 300 meter bolak - balik kayak setrikaan. Tapi untuk bisa ttp berolahraga setiap hari rasanya tidak pelu lama - lama jogingnya, dengan waktu 20 - 30 menit per hari dalam seminggu anda bisa dapat sekitar 3 - 4 jam durasi olahraga, ya ini sudah sangat lumayan membantu kesegaran tubuh anda dibandingkan tidak olahraga sama sekali.


- Banyak manfaat : Joging memiliki manfaat yang sangat banyak, kalian pun tau sendiri manfaat olahraga itu seperti apa, kalau bagi saya sendiri salah satu manfaat paling penting dari joging adalah badan jadi tidak malas. Menjaga konsitensi untuk berolahraga 30 menit sehari, badan ini rasanya memiliki kecenderungan untuk tidak malas, manfaat lain anda bisa temukan sendiri di internet yah, banyak manfaat positif.


- Bukan untuk jadi seorang atlit : Yang pasti olah raga bukan lah hanya menu sajian buat para atlit saja, kita yang kerja di kantoran, yang berbisnis, yang sedang studi atau apapun profesinya, kudu atau wajib untuk olah raga, kenapa ? alasannya supaya tetap bisa sehat dan bugar. 


Kalau untuk joging pagi - pagi aja susah maka sebaiknya saya sarankan berhenti bermimpi untuk bisa menjadi seorang atlit :), tapi kalau anda rajin latihan (lari/joging) setiap pagi dan suatu saat anda bisa jadi atlit lari ya itu berarti anda hebat, dan itu adalah bonus atau buah dari latihan itu. 


Tapi kalau saya sih sederhana aja, dengan joging rutin tiap pagi, bagi saya ini adalah nikmat yang patut kita syukuri, tidak semua orang bisa melakukan itu, jadi hal kecil ini saja sudah bernilai lebih dari menjadi seorang atlit.


So, kawan - kawan untuk olah raga rasanya tidak perlu ribet ya, niat saja sudah cukup, ambil sendal dan langsung larikan, 30 menit kemudian sudah keringatan dan badan terasa lebih segar.


Nah tapi memang hasil dari aktifitas olah raga rutin ini hanya bisa kita dapat dengan maksimal kalau 2 faktor lain ini bisa juga kita kendalikan yaitu faktor istirahat dan faktor asupan makanan. Manfaat dari olah raga teratur tiap hari akan sangat minim jikalau kita tidak bisa mengendalikan dua faktor ini.


Istirahat yang cukup, pikiran akan rileks dan badan pun bisa lebih rileks atau tidak stress akan membantu anda untuk mendapatkan manfaat dari joging rutin itu. Nah demikian juga dengan makanan, makanan adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kebugaran dan kesehatan, semakin bagus dan sehat makanan yang kita makan, maka manfaat dari joging akan semakin terasa maksimal.


Tapi jangan pula anda sudah rutin joging/olah raga tiap hari tapi masih belum bisa mengendalikan makanan dan minuman yang kalian konsumsi, seperti saya kadang masih lebih banyak bolong - bolong nya soal makanan dan minuman contoh nya minuman ini : 


Pic : minuman enak :)


Aku sendiri masih sering gagal melakukan ini, terkadang belum bisa mengendalikan hasrat untuk tidak minum minuman enak (social food) ini. Udahlah kalau lg ngumpul sama keluarga atau kawan - kawan, sering kali masih belum sadar ketika dipertemukan dengan minuman berkalori tinggi seperti gambar di atas itu. 


Oh ya satu lagi, olahraga dengan bantuan teknologi menurutku sangat membantu, kalau kalian ada budget untuk memiliki sportwatch akan sangat cocok untuk menjadi alat kalian memonitor kondisi fisik kalian saat joging, alat monitoring ini akan memberikan kalian warning agar tidak melewati batas - batas normal dalam berolahraga.


Oke demikian dulu ulasan singkat dari saya, dan di penghujung artikel ini saya mau bilang bahwa : Olah raga memang tidak menjamin anda sehat, tapi bisa ber olah raga itu adalah hal yang sangat nikmat dan menyenangkan... so enjoy it :)


Okay, tku sudah mampir, jangan lupa follow2 akun sosmed gw yah, gbu.

Rekomendasi Warung Kopi Yang Nyaman dan Enak di Sekitar BSD (Icon)

Rekomendasi Warung Kopi Yang Nyaman dan Enak di Sekitar BSD (Icon)

Di hari libur dan weekend sudah jadi suatu pola yang umum bagi masyarakat yg tinggal di Kota, banyak orang yang menyempatkan diri untuk berolahraga seperti lari/jogging, sepedahan dan jenis olahraga lain sebagainya. 


Kalian warga tangerang selatan atau warga jakarta yang lagi olahraga di sekitaran BSD khususnya di sekitaran daerah Icon, AEON, Thebreeze BSD, cocok nih ada tempat ngopi buat nongkrong yang enak dan nyaman di sekitaran BSD, ada warung kopi yang bisa kalian jadikan tempat mampir beristirahat sejenak.


Tempatnya nyaman dan menunya enak, menu nya jg gak terlalu mahal masih nyaman di kantong, isi menu nya variasi (kopi2 an) dan minuman dingin, ada juga cemilan dan makanan beratnya, tapi lebih dominan di minuman (kopi dan teh).


Warung Kopi Rekomendasi Pertama (I) adalah warung kopi Oemah_Padi : 


Warung Kopi ini terletak strategis di sekitaran komplek perumahan Icon BSD, kalian bisa mampir disini, tempatnya bersih dan nyaman untuk bersantai. Ada fasilitas berupa meja dan kursi yang menurutku cukup nyaman untuk duduk santai sambil ngobrol2. 


Selain itu tersedia juga fasilitas wifi gratis dan ada wastafel tersedia di luar jadi kita tetap bisa menjalankan prokes disini.


Kalau mau mampir ke sini, ikutin aja google maps sesuai lokasi yang bisa langsung kalian cek pada peta google di bawah ini :


 
ini aku tambahkan juga menu favorit ku kalau mampir disini, Coffe Caramel Latte dingin, harganya 20rb an, dan cocok dikombinasikan dengan kukis kecil mini.



Warung Kopi Rekomendasi Kedua (II) adalah warung kopi Kopi Rakyat : 

Warung kopi ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan konsep yang ditawarkan oleh Oemah Padi, kalau di Oemah Padi anda harus bayar dulu baru dapat minuman atau bites yang anda pesan, disini kalian bisa pesan dulu makanan dan minuman nya kemudian nanti anda bisa bayar setelah makan. 

Menu yang ditawarkan disini cukup beragam ada minuman kopi (dingin dan panas) dan ada juga minuman teh. Tempat nya nyaman, jarak antar meja dengan meja lain juga tidak dempet - dempet an sehingga kalian bisa menikmat makanan dan miuman kalian dengan tenang. 

Selain menu yang enak dan tempat yang nyaman, disini juga tersedia fasilitass wifi gratis dan toilet yang bersih, jadi anda bisa berlama - lama disini, misalnya lagi wfh atau lagi meeting online, anda bisa mampir disini dan menikmati suasana yang ditawarkan sambil anda juga bisa nyaman bekerja secara online.

Kalau mau mampir kesini, ikutin aja google maps sesuai lokasi yang bisa langsung kalian cek peta di bawah ini :

 

Ini menu favorit saya kalo mampir disini ada Es Leci Tea dan IndoMie rebus (ayam bawang) pake telor rasanya mak...nyus, kalau mau cemilan ada juga kentang goreng dan pisang goreng srikaya yang cukup renyah untuk dinikmati. 


Gambar di atas adalah indomie rebus, es leci tea dan gula cair, sama kopi susu panas (kopi aceh) 


Gambar di atas ini adalah foto saat saya dan keluarga nongkrong santai menikmati hidangan cafe Kopi Rakyat di BSD, suasana ditemani hujan deras, rasanya top markotop. 

Jadi buat kalian yang lagi sepedaan di sekitar BSD icon dan aeon, dan ingin mampir istirahat sejenak boleh lah mampir di tempat ini. tku
Pengaruh Self Control Level Terhadap Obesitas

Pengaruh Self Control Level Terhadap Obesitas


Apa yang membuat kita mengalami hal - hal yang tidak kita inginkan (dalam hal ini saya berbicara konteks sebagian besar hal yang tidak kita inginkan) adalah akibat dari level Self Control kita yang kurang baik.


Contoh paling umum yang bisa kita lihat disekitar kita adalah obesitas, kita tau persis bahwa tidak ada orang yang menginginkan dirinya mengalami obesitas, setuju yah. Secara umum pasti orang tidak menginginkan adanya penumpukan lemak yang berlebih pada badannya, pasti menginginkan bentuk badan ideal, dan sehat. 

Berikutnya adalah kesehatan, semua orang pasti tidak ingin memiliki kesehatan yang bermasalah, semua pasti menginginkan badan yang sehat setiap hari.


Namun ketika kita berbicara tentang fakta, apalagi di daerah perkotaan, ambil saja contoh Jakarta, jika kita disuruh untuk mencari orang yang kelebihan lemak di tubuh (obesitas) pasti mudah untuk menemukannya. Artinya ternyata walau banyak orang menginginkan badan yang berbentuk ideal, tetapi kenapa tetap saja masih ada orang yang badannya tidak ideal atau obesitas ?


Padahal tadi kita bicara di atas sebelumnya bahwa semua orang pasti menginginkan badan ideal dan bagus, ternyata ada juga orang yang memiliki badan tidak ideal (obesitas). Kalau misalkan saja orang ini kita tanya, misal mereka kita interview satu per satu saya sangat yakin bahwa jawaban dari mereka adalah bahwa mereka tidak menginginkan badan seperti itu, mereka ingin langsing dan sehat.


Disini kita melihat dengan jelas bahwa ternyata ada hal lain yang mempengaruhi orang - orang ini, ada hal lain yang membuat mereka seperti ini, ada faktor lain yang menjadikan mereka bisa Obesitas, menurut saya adalah Self Control Capability Level. 


Tingkat kemampuan untuk mengendalikan diri, bicara obesitas, penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh Self Control kita terhadap setiap makanan dan minuman yang kita lahap setiap hari. Orang dengan self kontrol yang baik terhadap makanan, akan mampu mengendalikan dirinya untuk tidak makan dan minum berlebih, self kontrol yang baik ini akan selaras dengan keinginan untuk memiliki badan yang ideal.


Hal - hal yang tidak kita inginkan seringkali terjadi bukan karena faktor dari eksternal atau faktor dari luar, semua faktor itu tidak akan mampu mempengaruhi kita tanpa kita ijinkan, ijin itu adalah self control yang baik. Tingkat pengendalian diri yang baik menjadi penentu bagi kita untuk bisa menghindari hal - hal yang tidak kita inginkan apapun itu, sama hal nya seperti Obesitas.

Salam Kopi Sore !


Kerja Keras Tapi Kok Bisa Tetap Sibuk Mengeluh

Kerja Keras Tapi Kok Bisa Tetap Sibuk Mengeluh


Pekerjaan apapun yang anda miliki saat ini adalah pekerjaan penting tidak ada perkerjaan yang tidak penting ketika anda bekerja dengan sepenuh hati. Ketika kamu mulai memahami betul konsep ini maka jumlah keluhanmu di dalam hidup akan berkurang setiap hari hingga kamu tidak lagi akan mengeluh dengan apa yang kamu kerjakan.


Komplain atau mengeluh merupakan penyakit yang sering kali tidak kita sadari menjadi penyakit paling berbahaya di dalam diri kita, selain membuat kita menjadi stress, kita pun menjadi pribadi yang tidak bisa all out sehingga pekerjaan ataupun bisnis kita menjadi tidak berjalan mulus.


Kalau kita bertanya, pekerjaan apa sih yang penting? dan pekerjaan apa yang tidak penting menurut kita? ketika kita berusaha menjabarkan semua jenis pekerjaan ke dalam kategori mana yang penting dan mana yang tidak penting, maka akan tiba di suatu titik kesimpulan dimana bahwa semua pekerjaan yang kita lakukan itu adalah penting, semuanya perlu, sekecil apapun itu, namun sering kali kita baru akan menyadari nya di akhir, yakni disaat ketika kita benar - benar mencoba memahami apa yang kita kerjakan.


Pada umumnya, seringkali kita membandingkan apa yang kita kerjakan dengan apa yang dikerjakan oleh orang lain, dan lebih lagi yang kita bandingkan adalah hasil dari apa yang kita kerjakan. Ketika hasil dari yang kita kerjakan tidak sebesar dari apa yang dikerjakan oleh orang lain, rasanya kok kerjaan kita tidak terlalu signifikan maka kita pun akan mulai mengeluh dan komplain dengan apa yang sedang kita kerjakan, disinilah titik awal ita mulai tidak menghargai apa yang kita kerjakan.


Membandingkan satu pekerjaan dengan pekerjaan lain memang tidak salah, namun ketika kita menjadi tidak bersyukur atas pekerjaan kita saat ini, dan kita tidak menyadari begitu pentingnya pekerjaan kita itu (apapun bentuknya) maka hal itulah yang menjadi penyebab munculnya keluhan atau komplain, melihat pekerjaan orang lain jauh lebih baik dan lebih unggul dibandingkan dengan apa yang kita miliki.


Saatnya kita melihat segala sesuatu dengan sudut pandang yang berbeda, melihat semua hal adalah hal penting walau memang mengubah mindset tidak gampang, mengubah sudut pandang kita terhadap suatu hal (dhi. contohnya pekerjaan) tidaklah mudah. Tapi dengan mencoba kita pasti bisa, saatnya sekarang kita berhenti mengeluh, berhenti komplain, dan mulai merubah sudut pandak bahwa apa yang kita kerjakan merupaan hal penting (sekecil apapun itu di mata orang lain), hal ini akan merubah cara kita dalam bekerja dan memperlakukan pekerjaan kita itu sendiri, percayalah ini sangat penting.


If you thing you are doing is very important you will work with whatever you have, But you have not realized the significance of what you are doing, now you are busy complaining.

Nanjak Bersama Jejaring

Nanjak Bersama Jejaring

Kita adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, tanpa peran atau pun dukungan dari orang lain. Kita tidak akan bisa survive hanya dengan mengandalkan kemampuan diri sendiri, setiap hari setiap waktu pastilah membutuhkan orang lain, dan apapun itu peranan mereka sangat kita butuhkan.


Namun seringkali kemampuan kita untuk bersosialisasi kurang maksimal, bukan karena kita tidak mampu, namun barangkali karena keengganan kita untuk tidak ingin menyatukan diri dengan dunia sosial, atau kita muak untuk menjadi bagian dari dunia sosial yang "baik". 






Ketika kita bersentuhan dengan dunia sosial, seringkali berhadapan dengan hal - hal yang tidak sesuai dengan kemauan dan kehendak sendiri, ide atau usul pribadi sendiri tidak selalu dapat berjalan mulus di mata orang - orang di lingkungan sosial ketika kita menyampaikan ide tersebut, pasti ada saja yang tidak setuju dengan ide atau usul yang kita miliki.


Namun inilah seni di dunia sosial, pergaulan sosial menuntut kita untuk bisa menerima pendapat orang lain, atau menolak pendapat orang lain, disini diperlukan belajar dan pengalaman yang banyak sehingga bisa berinteraksi dengan mereka yang menolak ide dan pendapat kita dalam bentuk penyampaian yang bermartabat dan bersahabat.


Perlu disadari bahwa untuk meningkatkan kemampuan dalam berorganisasi, menjalin relasi dan membentuk jejaring yang baik, diperlukan hal - hal seperti berikut ini :


1. Komunikasi : Membangun relasi dan jejaring tentu membutuhkan komunikasi yang baik, komunikasi dua arah sangat dibutuhkan dalam berinteraksi dengan dunia sosial. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang melibatkan dua pihak. Tentu cara berkomunikasi ada banyak sekali, menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi.


2. Inisiasi (Ide atau usul sendiri) : Sosial atau organisasi membutuhkan keterlibatan anggota nya untuk bisa mendorong organisasi bisa berjalan, anggota yang terlibat memberikan diri dan berkontribusi melalui keterlibatannya dalam menjalankan organisasi akan meningkatkan kemampuan dan kecerdasan nya berorganisasi dan bersosial.


3. Pro aktif : Kita wajib proaktif, proaktif berarti kita terlibat sepenuh hati masuk ke dalam tanpa ragu - ragu dan mencoba menyelami 


4. Merawat Kepedulian (Maintenance) : Dalam bahasa teknik ini disebut sebagai perawatan, tapi dalam bahasa sosial ini disebut sebagai keramahan merawat hubungan yang sudah pernah terjalin, hubungan sosial yang sudah pernah ada perlu dijaga demi mewujudkan hubungan yang solid dan saling berdampak.


Karir dan bisnis kita akan sangat ditentukan oleh jejaring yang kita bangun, semakin baik jejaring maka semakin kuat dan kokoh lah kita untuk menanjak. Jejaring adalah bentuk dari dunia sosial yang kita miliki, jejaring yang kuat merupakan nilai plus bagi kita, merupakan alat untuk maju di dunia sosial yang penuh dengan segala macam trik ini.


Jejaring adalah tangga anda untuk naik dan pijakan anda untuk bertahan ke atas, tanpa jaringan yang tersisa adalah anda akan berjuang sendiri, menggapai tujuan sendirian dan itu pasti akan sangat sulit.

Bukan Goal Tapi Tingkat Kesadaran (Consciousness Level)

Bukan Goal Tapi Tingkat Kesadaran (Consciousness Level)

Apa sih yang membedakan kita dengan mahluk lain yang ada di dunia ini ? Apa perbedaan kita dengan Gajah, Ikan, Sapi, dan mahluk ciptaan lainnya, kita semua merupakan sesama mahluk hidup di dunia ini, tapi beda nya apa ya?


Kita sama - sama makan dan minum, memiliki fungsi biologis yang sama, mulai dari lahir hingga tutup usia, secara biologis kita tidak ada perbedaan dengan mahluk - mahluk lain yang ada di dunia ini, apalagi khususnya binatang seperti golongan mamalia, secara garis besar kita memiliki siklus biologis yang nyaris sama.

Kalau kita perhatikan dengan seksama, menurut saya hal prinsip atau hal dasar yang membedakan kita dengan mahluk itu semua adalah bahwa kita manusia memiliki kesadaran (consciousness) ini lah yang membuat perbedaan.

Kesadaran adalah suatu kondisi dimana kita secara sadar betul dan memahami apa yang terjadi di dalam maupun di luar diri (tubuh jasmani) kita ini, dan sementara mahluk lain tidak lah demikian.

Contohnya saja aktifitas biologis seperti makan, sebagaimana mahluk lain juga makan tetapi kalau manusia dia sadar akan apa yang dimakan nya dan apa manfaat dari makanan itu, kita juga sadar betul bagaimana melakukan aktifitas itu sesuai dengan keinginan dan kemauan kita sendiri. 

Sementara coba mahluk lain, ikan paus di lautan kalau dia sadar maka dia tidak akan menelan sampah plastik, namun paus tidak sadar sehingga seperti kita lihat di berita ada banyak sekali paus yang menelan sampah plastik yang membuat mereka sakit.

Kesadaran adalah karunia yang Tuhan berikan kepada manusia, kesadaran harusnya kita pahami sebagai sebuah pemberian yang sungguh hebat.

Kita dapat melakukan banyak hal karena kesadarannya itu, memahami dan manganalisa semua hal yang bisa dilakukan karena kita sadar, bukan karena kita memiliki fungsi biologis namun karena kita sadarlah makanya kita bisa merekayasa fungsi biologis itu dengan baik.

Nah poin penting disini yang mau saya sampaikan adalah seberapa tinggi level kesadaran itu, apakah kita memiliki level kesadaran yang tinggi, atau malah sebaliknya kita malah tidak memiliki kesadaran sama sekali, sehingga hidup ini kita jalani mengalir dan mengikuti arus tanpa sadar arus membawa kemana.

Aku pikir kesadaran lah yang penting bukan goal atau tujuan, bukan Goal yang harus kita tetapkan, level kesadaran kita lah yang harus kita tingkatkan setiap harinya.

Memang goal bisa dapat menjadi pemicu atau triger agar kita bisa sadar dalam mengerjakan sesuatu hal, tapi perlu kita ketahui bahwa ketika kita tidak bisa mencapai goal itu, maka kita akan depresi dan frustasi, tapi ketika kita sadar terhadap hidup yang kita jalani, maka apapun hasil yang kita capai di masa mendatang tidak akan merubah level kesadaran kita, malah justru level kesadaran kita akan semakin tinggi, dan itu akan membuat kita jauh lebih baik dalam menjalani hidup.

Untuk meningkatkan level kesadaran, maka kita harus lebih banyak mendengarkan diri kita, mengamati sebaik - baiknya fenomena - fenomena yang ada dan menjaga diri kita agar kita tetap terkoneksi dengan diri kita sendiri, tidak terkecoh dengan apa yang terjadi di luar kita (external circumstances), begin from inside not outside.

Tku.
Bekerja Sepenuh Hati (Full Heart)

Bekerja Sepenuh Hati (Full Heart)

Jenis pekerjaan sering kali menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang khususnya mereka yang masih karyawan atau mereka yang masih bergantung (berkarir) di sebuah perusahaan. 


Membandingkan karir atau pekerjaan sendiri dengan orang lain adalah penyebab momok ini, mengapa? Karena pemikiran tentang pekerjaan orang lain selalu terlihat lebih menyenangkan dan lebih asik dibandingkan pekerjaan yang dimiliki saat ini, tapi percayalah siapapun dia dan dimanapun dia bekerja pasti akan ada pekerjaan lain yang lebih baik dari pekerjaannya saat ini, dan perasaan atau persepsi ini bisa akan terus menerus berlanjut berulang sebelum benar - benar disadari.


Mengapa seseorang merasa bosan dan tidak suka dengan jenis pekerjaan atau profesi nya saat ini, mengapa dia melihat pekerjaan lain lebih menarik? sehingga ingin pindah karir atau ingin memiliki pekerjaan seperti punya orang lain itu yang kelihatannya lebih baik. Jawaban apa penyebab dari persepsi atau kondisi ini adalah karena dia tidak membiarkan dirinya bekerja full heart (sepenuh hati) di dalam profesi yang dia miliki.


Bekerja Full Heart sangat penting, memberikan perhatian penuh terhadap pekerjaan yang anda kerjakan apapun jenis pekerjaanya adalah kunci utama keberhasilan dalam berkarir atau bekerja dimanapun.


Apabila tidak bekerja sepenuh hati, apapun jenis pekerjaannya tidak akan pernah menjadikan seseorang jadi orang yang maksimal disana dan berhasil disana. Seseorang yang tidak bisa benar - benar menyelami, menikmati dan menguasai profesi atau pekerjaan itu akan selalu merasakan kesusahan untuk berkarir atau untuk naik ke puncak kesuksesan di bidang nya saat ini. 


Hal - hal seperti ketika karir tidak naik - naik, gaji juga gak naik akan membuat seseorang semakin membenci pekerjaannya, dan akan merasa pekerjaannya tidak cocok dengan pribadi atau jiwanya, sehingga akhirnya mulai menyalahkan jenis pekerjaan itu dan akan berdampak turunnya prestasi atau kinerja akan semakin memburuk, tapi akan beda ceritanya jika dia bisa benar - benar hanyut di dalamnya dan bekerja sepenuh hati, semuanya akan lebih mudah, anda akan hanya berkompetisi dengan disi anda sendiri, bukan dengan orang lain, akan sedikit kompetisi disana.



Perbaiki cara anda bekerja, bekerjalah sepenuh hati (Full Heart) apapun jenis pekerjaannya, pastikan anda hanyut 100 % (seratus persen) di dalam, lihatlah anda akan kagum dengan hasil nya nanti.

Resolusi Gambar PNG JPEG Tetap Tinggi Walau Hanya Pakai Powerpoint

Resolusi Gambar PNG JPEG Tetap Tinggi Walau Hanya Pakai Powerpoint

Kalau kamu kerja di kantoran dengan laptop dan komputer, sudah pasti sering ketemu aplikasi besutan mikrosoft ini, ya benar MS Office, aplikasi ini sudah jadi aplikasi wajib di setiap perkantoran, Word, Excel, dan Powerpoint adalah aplikasi paling banyak kita gunakan di kantor. 


Karena aplikasi ini memberikan kemudahan bagi kita untuk menyelesaikan banyak pekerjaan kantor.


Saya sendiri lebih sering menggunakan Ms. Powerpoint dan Ms. Word, kebetulan untuk kebutuhan mengolah data gak terlalu banyak. Ms. Word biasanya saya gunakan untuk keperluan pengetikan memo, surat - menyurat, dan dokumen - dokumen lain, sedangkan si Powerpoint lebih banyak saya gunakan untuk keperluan penyusunan bahan persentasi, bahan meeting, pembuatan flyer, dan nge desain banner untuk diunggah di sosial media seperti twitter dan instagram.


Kali ini kita akan membahas seputar bagaimana cara naikin resolusi gambar ketika di export dari Powerpoint. Pertanyaan nya adalah emang bisa export file di power point jadi gambar, mungkin saja banyak yang belum tau, jawabannya bisa sekali.


Tapi yang jadi persoalan adalah kalau kita pakai settingan default dari Powerpoint untuk meng-export gambar, resolusinya masih rendah sehingga kualitas gambarnya tergolong rendah. Tapi, jangan kuatir, kendala ini masih bisa kita akali dengan cara merubah setting-an di komputer anda, cara nya gimana gampang kok, tinggal ikutin langkah-langkah ini aja :

 

1. Masuk ke aplikasi Registry Editor


Sebelumnya tutup dulu semua aplikasi yang berbasis Microsoft, kalau bisa semua aplikasi di desktop di close dulu, kemudian masuk buka aplikasi Registry Editor.


Caranya : di menu Search kiri bawah desktop ketik Regedit, kemudian klik aplikasi Registry Editor, aplikasi ini adalah tempat kita untuk mengubah resolusi gambar yang akan kita eksport dari Powerpoint nanti.



 

2. Masuk Ke Folder Registry Powerpoint


Setelah masuk ke Registry Editor, sekarang ubah parameter registry khusus Powerpoint dengan melakukan perubahan pada folder Powerpoint seperti gambar di bawah ini, atau ketik saja alamat folder berikut  : 


Computer\HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Office\16.0\PowerPoint\Options\ 



Sebagai catatan : Alamat Registry Powerpoint ini akan berbeda-beda sesuai dengan versi (tahun rilis) dari Powerpoint yang anda gunakan, untuk tutorial kali ini saya menggunakan Powerpoint versi tahun 2016, silahkan kalian menyesuaikan versi Powerpoint yang kalian punya ya.


3. Ubah Registry Powerpoint


Masuk ke menu Edit kemudian pilih New pilih DWORD Value, kemudian ketik ExportBitmapResolution, dan klik OK.


Kemudian klik kanan ExportBitmapResolution, lalu pilih Modify


kemudian pilih Base Decimal, lalu ubah Value data menjadi 300.


kemudian pilih File lalu Exit dari Redistry Editor.


Sampai disini anda sudah menyelesaikan semua proses untuk naikin resolusi gambar di powerpoint.

4. Tutup Dulu Semua Aplikasi Ms. Office 

Sebelum melakukan ekspor slide dari Powerpoint menjadi sebuah gambar, terlebih dahulu anda tutup semua aplikasi yang berkaitan dengan MS. Office, seperti Word, Outlook, Excel, dan Powerpoint, pokoknya semualah yah.

5. Saatnya Ekspor Slide di Powerpoint menjadi Gambar

Setelah semua proses anda sudah pastikan dijalankan dengan benar, maka sekarang anda buka kembali powerpoint dan file yang ingin anda naikin resolusinya saat diekpor menjadi gambar dari powerpoint.

Gampang kan, semoga artikel ini bermanfaat yah, jangan lupa kasi masukan kalau dirasa ada hal yang perlu diperbaiki di konten ini, semoga bermanfaat yah.