Cara Merenovasi Ulang Diri Dengan Tanpa Kesukaran (Habit Investments)

Cara Merenovasi Ulang Diri Dengan Tanpa Kesukaran (Habit Investments)

Salah satu hal yang saya pelajari akhir-akhir ini menciptakan kebiasaan baru merupakan hal yang sangat penting. Ketika kita melakukan sesuatu yang kecil berulang kali, manfaatnya akan bertambah seiring dengan waktu, hal ini pasti namun tidak semua orang mempraktikannya.

Mari kita ambil contoh, jika anda meluangkan waktu beberapa menit sehari untuk melakukan push up (bahkan jika anda tidak dapat melakukannya pada awalnya), lakukan dengan konsisten maka pada akhir tahun anda pasti akan kuat.

Saya sudah mempraktikannya, di awal - awal memang saya tidak dapat melakukan nya dengan baik, namun seiring dengan waktu, saya bisa melakukan beberapa repetisi sekaligus dan jauh berbeda dibandingkan pertama kali melakukannya.

Cara membangun kebiasaan

Jika anda mengulangi sesuatu secara teratur, cukup lakukan sedikit saja, itu akan bertambah besar seiring dengan waktu. Berikut ini adalah beberapa contoh untuk membangun sebuah kebuiasaan. 

1). Tabungan : Jika saat ini anda masih belum memiliki tabungan sama sekali, maka berarti anda harus melakukan perbaikan keuangan untuk mengatasinya. Cobalah untuk memulai melihat kebiasaan belanja anda, apakah dari daftar belanja sehari-hari itu ada pos yang bisa dihapus dan dialihkan menjadi tabungan. Hal yang paling mudah misalnya dengan menghentikan satu atau dua pengeluaran harian anda (minuman softdrinks, kopi starbucks adalah contoh yang baik).

2). Makanan Sehat : Makan makanan sehat adalah kebutuhan jasmani kita yang harus kita penuhi setiap hari. Mulailah dengan mencoba menambahkan satu jenis makanan sehat di dalam setiap menu makan anda, misal nya buah dan sayur. Mungkin di awal anda merasa tidak cocok dengan makanan tersebut tetapi dengan mencoba memakan nya sedikit demi sedikit setiap hari, lama - lama anda akan menikmatinya, hingga menjadi sebuah kebiasaan makan makanan sehat yang melekat di dalam diri anda, dan tentu hal ini akan berdampak positif kepada kesehatan anda. 

3). Bangun Lebih Awal : Bangun pagi sering kali mejadi momok bagi kita karena kenyamanan tidur dikasur atau mungkin karena kita sering tidur larut. Cobalah untuk memperbaiki kebiasaan tidur anda mulai dari jam tidur supaya anda bisa bangun lebih awal. Jika anda tidur jam 12 malam maka kalau bagun jam 5 pagi akan sangat berat untuk dilakukan. Namun ketika anda sudah tidur pukul 10.30 malam, maka bangun pagi akan lebih mudah, cobalah mengurangi jam begadang anda 30 menit di awal, dalam 6 bulan ketika anda melakukannya maka anda sudah bisa bangun lebih awal tanpa anda sadari. 

4). Menulis : Menulis merupakan kebiasaan yang baik untuk dilakukan, karena menulis akan membantu anda untuk mengelola pola dan cara berfikir. Mulailah menulis satu atau dua kalimat setiap hari. Jangan berhenti tetap menulis, lakukan setiap hari.  Jika hari ini anda baru bisa menulis satu kalimat sehari, maka tahun depan anda sudah bisa menuliskan sebuah buku.

5). Belajar Musik : Membiasakan diri bermain musik juga bagus, jika anda mau bermain gitar, dan ingin menjadi ahli gitar misalnya maka tentu satu hal penting yang harus anda lakukan adalah membangun kebiasaan untuk bermain gitar. Mulailah dengan belajar dan berlatih satu atau dua akor setiap hari, dan melanjutkan akor lain ketika anda sudah percaya diri, tahun depan saya yakin anda sudah bisa mengiring sebuah lagu dengan gitar anda.

6). Peregangan dan/atau Yoga : Saya ingin sekali melakukan ini, saya yakin kalau saya melakukan peregangan setiap hari dengan satu atau dua pose yoga setiap hari, maka saya akan percaya diri untuk menjadi pria dengan kemampuan fleksibilitas yang baik. 

7). Meditasi : Melakukan meditas sangat baik untuk membantu anda menghilangkan toxic yang ada di dalam pikiran, hati dan jiwa. Membiasakan diri untuk bermeditasi 5 menit setiap hari akan membantu anda mendapatkan kembali diri anda, karena meditasi adalah ruang bebas penghakiman, yang membantu anda untu busa lebih tenang dan lebih fokus.
  
8). Belajar Bahasa : Ini merupakan satu hal penting yang bisa kita lakukan, belajar bahasa merupakan hal seru dan menyenangkan ketika kita melakukannya dengan benar. Maka dari itu belajar bahasa dapat anda lakukan dengan berlatih mengucapkan satu atau dua kalimat setiap hari. Jika anda melakukan ini dalam waktu dua tahun saya yakin anda pasti bisa berkomunikasi dengan mereka yang natif.

Hal yang perlu diperhatikan : 

1). Jangan kuatir, jika anda berlatih membangun sebuah kebiasaan baru, maka jangan kuatir akan pertumbuhan atau hasil yang bisa anda capai. Lakukan saja satu demi satu setiap hari. Banyak orang gagal karena mereka berusaha melakukan banyak hal setiap hari.

2). Jangan kuatir kalau anda kehilangan satu atau dua hari, mungkin karena anda sedang memiliki prioritas lain atau mungkin anda lupa, jangan kuatir itu tidak masalah. Kembali saja melakukannya dan jangan terburu - buru dengan hasil.

3). Jangan melakukan banyak hal sekaligus, anda tidak perlu melakukan banyak hal, satu hal dengan hasil yang lebih baik akan jauh lebih berarti.

Membangun kebiasaan sama hal nya dengan berinvestasi, tinggal anda pilih mau berinvestasi di hal yang membuat hidup anda lebih bahagia, hidup sehat dengan makna atau kehidupan yang penuh gangguan dan kesehatan yang buruk.