Resolusi Gambar PNG JPEG Tetap Tinggi Walau Hanya Pakai Powerpoint

Resolusi Gambar PNG JPEG Tetap Tinggi Walau Hanya Pakai Powerpoint

Kalau kamu kerja di kantoran dengan laptop dan komputer, sudah pasti sering ketemu aplikasi besutan mikrosoft ini, ya benar MS Office, aplikasi ini sudah jadi aplikasi wajib di setiap perkantoran, Word, Excel, dan Powerpoint adalah aplikasi paling banyak kita gunakan di kantor. 


Karena aplikasi ini memberikan kemudahan bagi kita untuk menyelesaikan banyak pekerjaan kantor.


Saya sendiri lebih sering menggunakan Ms. Powerpoint dan Ms. Word, kebetulan untuk kebutuhan mengolah data gak terlalu banyak. Ms. Word biasanya saya gunakan untuk keperluan pengetikan memo, surat - menyurat, dan dokumen - dokumen lain, sedangkan si Powerpoint lebih banyak saya gunakan untuk keperluan penyusunan bahan persentasi, bahan meeting, pembuatan flyer, dan nge desain banner untuk diunggah di sosial media seperti twitter dan instagram.


Kali ini kita akan membahas seputar bagaimana cara naikin resolusi gambar ketika di export dari Powerpoint. Pertanyaan nya adalah emang bisa export file di power point jadi gambar, mungkin saja banyak yang belum tau, jawabannya bisa sekali.


Tapi yang jadi persoalan adalah kalau kita pakai settingan default dari Powerpoint untuk meng-export gambar, resolusinya masih rendah sehingga kualitas gambarnya tergolong rendah. Tapi, jangan kuatir, kendala ini masih bisa kita akali dengan cara merubah setting-an di komputer anda, cara nya gimana gampang kok, tinggal ikutin langkah-langkah ini aja :

 

1. Masuk ke aplikasi Registry Editor


Sebelumnya tutup dulu semua aplikasi yang berbasis Microsoft, kalau bisa semua aplikasi di desktop di close dulu, kemudian masuk buka aplikasi Registry Editor.


Caranya : di menu Search kiri bawah desktop ketik Regedit, kemudian klik aplikasi Registry Editor, aplikasi ini adalah tempat kita untuk mengubah resolusi gambar yang akan kita eksport dari Powerpoint nanti.



 

2. Masuk Ke Folder Registry Powerpoint


Setelah masuk ke Registry Editor, sekarang ubah parameter registry khusus Powerpoint dengan melakukan perubahan pada folder Powerpoint seperti gambar di bawah ini, atau ketik saja alamat folder berikut  : 


Computer\HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Office\16.0\PowerPoint\Options\ 



Sebagai catatan : Alamat Registry Powerpoint ini akan berbeda-beda sesuai dengan versi (tahun rilis) dari Powerpoint yang anda gunakan, untuk tutorial kali ini saya menggunakan Powerpoint versi tahun 2016, silahkan kalian menyesuaikan versi Powerpoint yang kalian punya ya.


3. Ubah Registry Powerpoint


Masuk ke menu Edit kemudian pilih New pilih DWORD Value, kemudian ketik ExportBitmapResolution, dan klik OK.


Kemudian klik kanan ExportBitmapResolution, lalu pilih Modify


kemudian pilih Base Decimal, lalu ubah Value data menjadi 300.


kemudian pilih File lalu Exit dari Redistry Editor.


Sampai disini anda sudah menyelesaikan semua proses untuk naikin resolusi gambar di powerpoint.

4. Tutup Dulu Semua Aplikasi Ms. Office 

Sebelum melakukan ekspor slide dari Powerpoint menjadi sebuah gambar, terlebih dahulu anda tutup semua aplikasi yang berkaitan dengan MS. Office, seperti Word, Outlook, Excel, dan Powerpoint, pokoknya semualah yah.

5. Saatnya Ekspor Slide di Powerpoint menjadi Gambar

Setelah semua proses anda sudah pastikan dijalankan dengan benar, maka sekarang anda buka kembali powerpoint dan file yang ingin anda naikin resolusinya saat diekpor menjadi gambar dari powerpoint.

Gampang kan, semoga artikel ini bermanfaat yah, jangan lupa kasi masukan kalau dirasa ada hal yang perlu diperbaiki di konten ini, semoga bermanfaat yah.