Bukan Goal Tapi Tingkat Kesadaran (Consciousness Level)

Bukan Goal Tapi Tingkat Kesadaran (Consciousness Level)

Apa sih yang membedakan kita dengan mahluk lain yang ada di dunia ini ? Apa perbedaan kita dengan Gajah, Ikan, Sapi, dan mahluk ciptaan lainnya, kita semua merupakan sesama mahluk hidup di dunia ini, tapi beda nya apa ya?


Kita sama - sama makan dan minum, memiliki fungsi biologis yang sama, mulai dari lahir hingga tutup usia, secara biologis kita tidak ada perbedaan dengan mahluk - mahluk lain yang ada di dunia ini, apalagi khususnya binatang seperti golongan mamalia, secara garis besar kita memiliki siklus biologis yang nyaris sama.

Kalau kita perhatikan dengan seksama, menurut saya hal prinsip atau hal dasar yang membedakan kita dengan mahluk itu semua adalah bahwa kita manusia memiliki kesadaran (consciousness) ini lah yang membuat perbedaan.

Kesadaran adalah suatu kondisi dimana kita secara sadar betul dan memahami apa yang terjadi di dalam maupun di luar diri (tubuh jasmani) kita ini, dan sementara mahluk lain tidak lah demikian.

Contohnya saja aktifitas biologis seperti makan, sebagaimana mahluk lain juga makan tetapi kalau manusia dia sadar akan apa yang dimakan nya dan apa manfaat dari makanan itu, kita juga sadar betul bagaimana melakukan aktifitas itu sesuai dengan keinginan dan kemauan kita sendiri. 

Sementara coba mahluk lain, ikan paus di lautan kalau dia sadar maka dia tidak akan menelan sampah plastik, namun paus tidak sadar sehingga seperti kita lihat di berita ada banyak sekali paus yang menelan sampah plastik yang membuat mereka sakit.

Kesadaran adalah karunia yang Tuhan berikan kepada manusia, kesadaran harusnya kita pahami sebagai sebuah pemberian yang sungguh hebat.

Kita dapat melakukan banyak hal karena kesadarannya itu, memahami dan manganalisa semua hal yang bisa dilakukan karena kita sadar, bukan karena kita memiliki fungsi biologis namun karena kita sadarlah makanya kita bisa merekayasa fungsi biologis itu dengan baik.

Nah poin penting disini yang mau saya sampaikan adalah seberapa tinggi level kesadaran itu, apakah kita memiliki level kesadaran yang tinggi, atau malah sebaliknya kita malah tidak memiliki kesadaran sama sekali, sehingga hidup ini kita jalani mengalir dan mengikuti arus tanpa sadar arus membawa kemana.

Aku pikir kesadaran lah yang penting bukan goal atau tujuan, bukan Goal yang harus kita tetapkan, level kesadaran kita lah yang harus kita tingkatkan setiap harinya.

Memang goal bisa dapat menjadi pemicu atau triger agar kita bisa sadar dalam mengerjakan sesuatu hal, tapi perlu kita ketahui bahwa ketika kita tidak bisa mencapai goal itu, maka kita akan depresi dan frustasi, tapi ketika kita sadar terhadap hidup yang kita jalani, maka apapun hasil yang kita capai di masa mendatang tidak akan merubah level kesadaran kita, malah justru level kesadaran kita akan semakin tinggi, dan itu akan membuat kita jauh lebih baik dalam menjalani hidup.

Untuk meningkatkan level kesadaran, maka kita harus lebih banyak mendengarkan diri kita, mengamati sebaik - baiknya fenomena - fenomena yang ada dan menjaga diri kita agar kita tetap terkoneksi dengan diri kita sendiri, tidak terkecoh dengan apa yang terjadi di luar kita (external circumstances), begin from inside not outside.

Tku.