Nanjak Bersama Jejaring

Nanjak Bersama Jejaring

Kita adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, tanpa peran atau pun dukungan dari orang lain. Kita tidak akan bisa survive hanya dengan mengandalkan kemampuan diri sendiri, setiap hari setiap waktu pastilah membutuhkan orang lain, dan apapun itu peranan mereka sangat kita butuhkan.


Namun seringkali kemampuan kita untuk bersosialisasi kurang maksimal, bukan karena kita tidak mampu, namun barangkali karena keengganan kita untuk tidak ingin menyatukan diri dengan dunia sosial, atau kita muak untuk menjadi bagian dari dunia sosial yang "baik". 






Ketika kita bersentuhan dengan dunia sosial, seringkali berhadapan dengan hal - hal yang tidak sesuai dengan kemauan dan kehendak sendiri, ide atau usul pribadi sendiri tidak selalu dapat berjalan mulus di mata orang - orang di lingkungan sosial ketika kita menyampaikan ide tersebut, pasti ada saja yang tidak setuju dengan ide atau usul yang kita miliki.


Namun inilah seni di dunia sosial, pergaulan sosial menuntut kita untuk bisa menerima pendapat orang lain, atau menolak pendapat orang lain, disini diperlukan belajar dan pengalaman yang banyak sehingga bisa berinteraksi dengan mereka yang menolak ide dan pendapat kita dalam bentuk penyampaian yang bermartabat dan bersahabat.


Perlu disadari bahwa untuk meningkatkan kemampuan dalam berorganisasi, menjalin relasi dan membentuk jejaring yang baik, diperlukan hal - hal seperti berikut ini :


1. Komunikasi : Membangun relasi dan jejaring tentu membutuhkan komunikasi yang baik, komunikasi dua arah sangat dibutuhkan dalam berinteraksi dengan dunia sosial. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang melibatkan dua pihak. Tentu cara berkomunikasi ada banyak sekali, menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi.


2. Inisiasi (Ide atau usul sendiri) : Sosial atau organisasi membutuhkan keterlibatan anggota nya untuk bisa mendorong organisasi bisa berjalan, anggota yang terlibat memberikan diri dan berkontribusi melalui keterlibatannya dalam menjalankan organisasi akan meningkatkan kemampuan dan kecerdasan nya berorganisasi dan bersosial.


3. Pro aktif : Kita wajib proaktif, proaktif berarti kita terlibat sepenuh hati masuk ke dalam tanpa ragu - ragu dan mencoba menyelami 


4. Merawat Kepedulian (Maintenance) : Dalam bahasa teknik ini disebut sebagai perawatan, tapi dalam bahasa sosial ini disebut sebagai keramahan merawat hubungan yang sudah pernah terjalin, hubungan sosial yang sudah pernah ada perlu dijaga demi mewujudkan hubungan yang solid dan saling berdampak.


Karir dan bisnis kita akan sangat ditentukan oleh jejaring yang kita bangun, semakin baik jejaring maka semakin kuat dan kokoh lah kita untuk menanjak. Jejaring adalah bentuk dari dunia sosial yang kita miliki, jejaring yang kuat merupakan nilai plus bagi kita, merupakan alat untuk maju di dunia sosial yang penuh dengan segala macam trik ini.


Jejaring adalah tangga anda untuk naik dan pijakan anda untuk bertahan ke atas, tanpa jaringan yang tersisa adalah anda akan berjuang sendiri, menggapai tujuan sendirian dan itu pasti akan sangat sulit.