Pengaruh Self Control Level Terhadap Obesitas

Pengaruh Self Control Level Terhadap Obesitas


Apa yang membuat kita mengalami hal - hal yang tidak kita inginkan (dalam hal ini saya berbicara konteks sebagian besar hal yang tidak kita inginkan) adalah akibat dari level Self Control kita yang kurang baik.


Contoh paling umum yang bisa kita lihat disekitar kita adalah obesitas, kita tau persis bahwa tidak ada orang yang menginginkan dirinya mengalami obesitas, setuju yah. Secara umum pasti orang tidak menginginkan adanya penumpukan lemak yang berlebih pada badannya, pasti menginginkan bentuk badan ideal, dan sehat. 

Berikutnya adalah kesehatan, semua orang pasti tidak ingin memiliki kesehatan yang bermasalah, semua pasti menginginkan badan yang sehat setiap hari.


Namun ketika kita berbicara tentang fakta, apalagi di daerah perkotaan, ambil saja contoh Jakarta, jika kita disuruh untuk mencari orang yang kelebihan lemak di tubuh (obesitas) pasti mudah untuk menemukannya. Artinya ternyata walau banyak orang menginginkan badan yang berbentuk ideal, tetapi kenapa tetap saja masih ada orang yang badannya tidak ideal atau obesitas ?


Padahal tadi kita bicara di atas sebelumnya bahwa semua orang pasti menginginkan badan ideal dan bagus, ternyata ada juga orang yang memiliki badan tidak ideal (obesitas). Kalau misalkan saja orang ini kita tanya, misal mereka kita interview satu per satu saya sangat yakin bahwa jawaban dari mereka adalah bahwa mereka tidak menginginkan badan seperti itu, mereka ingin langsing dan sehat.


Disini kita melihat dengan jelas bahwa ternyata ada hal lain yang mempengaruhi orang - orang ini, ada hal lain yang membuat mereka seperti ini, ada faktor lain yang menjadikan mereka bisa Obesitas, menurut saya adalah Self Control Capability Level. 


Tingkat kemampuan untuk mengendalikan diri, bicara obesitas, penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh Self Control kita terhadap setiap makanan dan minuman yang kita lahap setiap hari. Orang dengan self kontrol yang baik terhadap makanan, akan mampu mengendalikan dirinya untuk tidak makan dan minum berlebih, self kontrol yang baik ini akan selaras dengan keinginan untuk memiliki badan yang ideal.


Hal - hal yang tidak kita inginkan seringkali terjadi bukan karena faktor dari eksternal atau faktor dari luar, semua faktor itu tidak akan mampu mempengaruhi kita tanpa kita ijinkan, ijin itu adalah self control yang baik. Tingkat pengendalian diri yang baik menjadi penentu bagi kita untuk bisa menghindari hal - hal yang tidak kita inginkan apapun itu, sama hal nya seperti Obesitas.

Salam Kopi Sore !