Jangan Pernah Berpikiran Kalau Untuk Memulai Olahraga Itu Ribet, Inilah Alasannya

Jangan Pernah Berpikiran Kalau Untuk Memulai Olahraga Itu Ribet, Inilah Alasannya

Bangun pagi sebaiknya dimulai dengan ucapan syukur kepada Sang Pencipta (walau sering lupa) karena masih diberikan kesempatan untuk menikmati kehidupan dengan nafas kehidupan yang selalu baru setiap hari nya. 


Sebuah kesempatan baru untuk memulai hari dengan penuh senyum dan energi baru, rasanya patut dirayakan dengan hal positif dan bermanfaat, nah saya, biasanya kalau lg gak banyak kendala, ceremonial paling "easy to do" di pagi hari adalah joging dulu kira - kira 30 menitan lah, memang kadang gak tiap hari sih, kalau lagi rajin aja bisa tiap hari, tp pada umumnya 3 - 4 kali lah seminggu. Kalau bisa tiap hari dalam seminggu itu memang rasanya lebih nikmat sih.


Biacara ttg joging di pagi hari sebenarnya gampang sekali dan tidak perlu banyak persiapan yang ribet, joging adalah olahraga yang paling mudah untuk kita lakukan, tidak perlu harus pake alat olah raga, bisa dibilang cukup dengan niat yang kuat, kita sudah bisa memulai olahraga ini.


Pic : Alat olahraga saya, sendal

Gak perlu ribet, nah ini alasan kenapa untuk olahraga / joging di pagi hari itu mudah sekali dan gak ribet sebenarnya : 


- Cukup pakai sendal : Untuk lari pagi atau joging rasanya tidak perlu harus pake sepatu lari apalagi sepatu lari atlit yang mahal - mahal itu, cukup pake sendal pun bisa loh, saya lebih banyak joging pake sendal rasanya sih gak ada masalah, bahkan sebenarnya bare foot (kaki ayam) pun bisa, cuma kondisi jalanan memang bikin kaki kita gak nyaman untuk joging tanpa alas kaki. Tapi percaya lah pake sendal saja sudah cukup kok untuk bisa joging pagi. Artinya ketika kalian bangun dari tempat tidur, udah langsung aja pake sendal cus cari keringat, mudah sekali bukan? gak ribet dah pokoknya.


- Trek olahraga gak perlu panjang - panjang : Joging tidak perlu harus di trek lari khusus yang bagus, aku yakin di sekitar komplek rumah kita, atau di sekitar rumah kita sendiri pasti ada jalur - jalur jalan yang bisa kita manfaatkan untuk joging.


Pic : Trek Joging


Pic : Trek joging pagi fav saya, panjang sekitar 200 meter, posisi dekat rumah


- Gak perlu jauh - jauh : Dekat dengan rumah saya ada jalan kosong, orang dan kendaraan sedikit yang lalu lalang, kira - kira panjang lintasan sekitar 200 - 300 meter (seperti gambar di atas) sudah cukup bagi saya untuk dijadikan lintasan joging, gak perlu jauh - jauh, gampang kan gak perlu ribet.


- Gak perlu lama - lama biar gak bosan : Joging dengan durasi yang lama memang akan sangat membosankan, apalagi sendirian dan rutenya cuma 200 - 300 meter bolak - balik kayak setrikaan. Tapi untuk bisa ttp berolahraga setiap hari rasanya tidak pelu lama - lama jogingnya, dengan waktu 20 - 30 menit per hari dalam seminggu anda bisa dapat sekitar 3 - 4 jam durasi olahraga, ya ini sudah sangat lumayan membantu kesegaran tubuh anda dibandingkan tidak olahraga sama sekali.


- Banyak manfaat : Joging memiliki manfaat yang sangat banyak, kalian pun tau sendiri manfaat olahraga itu seperti apa, kalau bagi saya sendiri salah satu manfaat paling penting dari joging adalah badan jadi tidak malas. Menjaga konsitensi untuk berolahraga 30 menit sehari, badan ini rasanya memiliki kecenderungan untuk tidak malas, manfaat lain anda bisa temukan sendiri di internet yah, banyak manfaat positif.


- Bukan untuk jadi seorang atlit : Yang pasti olah raga bukan lah hanya menu sajian buat para atlit saja, kita yang kerja di kantoran, yang berbisnis, yang sedang studi atau apapun profesinya, kudu atau wajib untuk olah raga, kenapa ? alasannya supaya tetap bisa sehat dan bugar. 


Kalau untuk joging pagi - pagi aja susah maka sebaiknya saya sarankan berhenti bermimpi untuk bisa menjadi seorang atlit :), tapi kalau anda rajin latihan (lari/joging) setiap pagi dan suatu saat anda bisa jadi atlit lari ya itu berarti anda hebat, dan itu adalah bonus atau buah dari latihan itu. 


Tapi kalau saya sih sederhana aja, dengan joging rutin tiap pagi, bagi saya ini adalah nikmat yang patut kita syukuri, tidak semua orang bisa melakukan itu, jadi hal kecil ini saja sudah bernilai lebih dari menjadi seorang atlit.


So, kawan - kawan untuk olah raga rasanya tidak perlu ribet ya, niat saja sudah cukup, ambil sendal dan langsung larikan, 30 menit kemudian sudah keringatan dan badan terasa lebih segar.


Nah tapi memang hasil dari aktifitas olah raga rutin ini hanya bisa kita dapat dengan maksimal kalau 2 faktor lain ini bisa juga kita kendalikan yaitu faktor istirahat dan faktor asupan makanan. Manfaat dari olah raga teratur tiap hari akan sangat minim jikalau kita tidak bisa mengendalikan dua faktor ini.


Istirahat yang cukup, pikiran akan rileks dan badan pun bisa lebih rileks atau tidak stress akan membantu anda untuk mendapatkan manfaat dari joging rutin itu. Nah demikian juga dengan makanan, makanan adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kebugaran dan kesehatan, semakin bagus dan sehat makanan yang kita makan, maka manfaat dari joging akan semakin terasa maksimal.


Tapi jangan pula anda sudah rutin joging/olah raga tiap hari tapi masih belum bisa mengendalikan makanan dan minuman yang kalian konsumsi, seperti saya kadang masih lebih banyak bolong - bolong nya soal makanan dan minuman contoh nya minuman ini : 


Pic : minuman enak :)


Aku sendiri masih sering gagal melakukan ini, terkadang belum bisa mengendalikan hasrat untuk tidak minum minuman enak (social food) ini. Udahlah kalau lg ngumpul sama keluarga atau kawan - kawan, sering kali masih belum sadar ketika dipertemukan dengan minuman berkalori tinggi seperti gambar di atas itu. 


Oh ya satu lagi, olahraga dengan bantuan teknologi menurutku sangat membantu, kalau kalian ada budget untuk memiliki sportwatch akan sangat cocok untuk menjadi alat kalian memonitor kondisi fisik kalian saat joging, alat monitoring ini akan memberikan kalian warning agar tidak melewati batas - batas normal dalam berolahraga.


Oke demikian dulu ulasan singkat dari saya, dan di penghujung artikel ini saya mau bilang bahwa : Olah raga memang tidak menjamin anda sehat, tapi bisa ber olah raga itu adalah hal yang sangat nikmat dan menyenangkan... so enjoy it :)


Okay, tku sudah mampir, jangan lupa follow2 akun sosmed gw yah, gbu.