Do less | The Power Of Habit

Diberdayakan oleh Blogger.

9 tips harian cara asik menabung uang

Punya penghasilan banyak tetapi tidak pernah bisa menabung, apakah penghasilannya yang kurang gede atau pengeluarannya yang gede.

Kalau anda sudah bisa menghasilkan uang, maka satu hal yang perlu anda kuasai adalah bagaimana caranya menabung uang dengan konsisten. Menabung uang itu gampang - gampang susah, susah kalau kita menuruti keinginan, gampang kalau kita tidak mengikuti keinginan sendiri.

Kali ini saya akan memberikan tips mengenai cara mudah untuk menabung uang secara konsisten, yuk simak di bawah ini :

1. Your Money Rule : Bikinlah aturan keuangan anda sendiri, aturan yang anda bikin sendiri, metode ini bisa anda buat dengan metode yang anda sukai. Contoh : Kamis Kempes yaitu aturan keuangan dimana setiap hari kamis isi dompet harus dikempesin (dikosongkan) maksudnya jangan ada isi dompet (bukan dihabisin ya), kemudian hari kamis tersebut wajib menabung misalnya 50 ribu setor ke rekening tabungan terpisah, aturan ini anda lakukan dan lanjutkan secara konsisten, kalau gini menabung jadi asik dan gampang. Carilah aturan keuangan anda sendiri.

2. Lempar Dadu : trik ini bisa anda gunakan dikala anda pusing mikirin cara menyimpan uang, ambil dadu dan lempar dadunya di atas meja, nilai dadu yang muncul adalah nilai uang yang harus segera anda tabung, lakukan ini setiap minggu, percayalah tabungan anda akan nambah, dadu ku tabungan ku :).

3. Aturan 30 hari : Jangan sampai anda melewati bulan (30 hari) tanpa menyisihkan tabungan sepeserpun, dari penghasilan yang anda peroleh segera sisihkan uang anda dan tabungkan berapapun yang anda bisa, ketika sudah ditabung, maka jangan diutak-atik lagi rekening tabungannya, cukupkan lah diri mu dengan budget(anggaran) yang sudah anda rencanakan selama sebelumnya, gak boleh over budget harus ditahan gaes.

4. Daftar Belanja : tips ini sebenarnya sangat mudah namun kadang kita sering tergoda dengan barang-barang yang ada di supermarket. Kalau anda mau belanja bulanan misalnya, buatlah terlebih dahulu daftar belanja, kemudian ketika belanja, belilah barang sesuai daftar tersebut, jangan sampai anda membelanjakan barang lain di luar list sehingga pengeluaran jadinya yang bertambah, karena dengan demikian anda sudah over budget, dan akan mempengaruhi jumlah saving yang bisa anda sisihkan, lagi - lagi stick to the budget bro sis.

5. Berhenti Merokok dan Ngemil : Kalau anda perokok, berhentilah segera, merokok tidak baik untuk kesehatan, dan tidak baik juga untuk  keuangan, demikian halnya ngemil, sebisa mungkin dikurangi karena tidak baik juga untuk kedua2 nya. Uang untuk beli rokok dan cemilan dapat anda sisihkan dan segera suruh masuk ke rekening tabungan, asik kan (teori mah gampang, apalagi praktek).

6. Jual Barang Yang Tidak Kepake : berikutnya adalah berhentilah menyimpan barang - barang yang susah tidak anda pakai selama 1 tahun, jual dan hasil penjualan nya dapat anda tabung. Barang itu bisa anda jual di OLX, jual murah pasti cepat laku, daripada disimpan dan ditumpuk di rumah, yang ada jadi rongsokan dan gak kepake.

7. Bawalah Makan Siang Dari Rumah : buat kalian yang kerja nya di luar rumah, sebisa mungkin usahakan untuk membawa makan siang dari rumah, hal ini lumayan menghemat loh, biaya makan siang anda bisa ditabung dan bisa diinvestasikan nantinya.

8. Gambar Goal : ambil lah sebuah gambar yang mencerminkan impian anda, mencerminkan goal yang ingin dicapai ketika hasil tabungan dan hasil investasi berhasil anda selesaikan dengan baik. Misal nya gambar rumah impian, mobil impian, bisnis impian, target jumlah tabungan, target jumlah penghasilan per hari atau perbula atau apapun lah yang bisa memotivasimu setiap hari.

9. No Credit Card : kalau anda belum bisa menabung, paling tidak anda harus berhenti menggunakan kartu kredit untuk hal - hal uang tidak perlu. Tahan keinginan anda, utamakan kebutuhan pokok anda, selebihnya sebaiknya ditabung dan diinvestasikan.

Coba anda terapkan ke sembilan cara di atas agar keuangan anda semakin membaik.

Menabung adalah salah satu cara untuk mencapai kebebasan finansial di masa depan.
Kalau tabungan sudah miliaran, anda bisa bebas secara finansial, tinggal berinvestasi dimana - mana, dan menikmati hasilnya. Selamat menabung teman - teman.

Singa gak perlu makan rumput untuk bisa menjadi raja hutan

Anda tidak perlu terburu-buru untuk berubah hari ini, ambil waktumu untuk merenungkan kembali apa yang kau kerjakan setiap hari. Mengerjakan banyak hal kadang menjadi momok bagi kita, setiap hari kita melakukan banyak hal yang tidak kita sadari bahwa hal tersebut menghabiskan banyak energi dan waktu.

Bagaimana kita menggunakan waktu untuk mengerjakan hal yang benar - benar kita sukai, memilah dengan baik dari berbagai hal yang tidak kita sukai. Bagaimana kita bisa melakukan hal yang sedikit dan memiliki sedikit tapi mampu menghasilkan sesuatu yang hebat.

Di pekerjaan anda apakah semua pekerjaan di kantor harus diselesaikan sendiri atau anda hanya perlu memilah pekerjaan mana saja yang harus dikerjakan dan mana yang gak perlu dikerjakan.

Saya sering mengalami terlalu banyak kerjaan yang harus saya lakukan di kantor, karena terlalu banyak pekerjaan yang sifatnya dadakan atau random work, sehingga pekerjaan yang utama tidak dapat terselesaikan dengan baik.

Owning less is great, wanting less is even better. Memiliki sedikit adalah hebat, tetapi menginginkan sedikit jauh lebih baik. Terlalu banyak keinginan membuat kita menjadi orang yang konsumtif, ingin membelanjakan semua benda, ingin memiliki semua barang - barang mewah, atau bahkan lebih parah lagi ingin menguasai dunia.

Hal inilah yang harus kita renungkan perlu gak sih kita menginginkan semua itu, perlukah kita melakukan hal - hal yang sebenarnya tidak penting.

Seekor singa tidak perlu makan rumput untuk menjadi singa dan menjadi raja hutan. Singa juga tidak perlu makan daging tikus, daging ayam, daging kelinci, daging marmut, tetapi singa hanya perlu menunggu dengan tepat untuk mendapatkan seekor rusa untuk menjadi hidangan utama nya.

Sama seperti singa tersebut, waktu yang digunakan oleh singa benar - benar efektif dan efisien. Singa tidak menghabiskan waktu untuk mencari kelinci - kelinci, tikus, marmut atau daging - daging lainnya yang tidak perlu bagi dia.

Waktu yang digunakan singa benar - benar efisien, singa lebih banyak duduk santai bermain bersama anak - anak dan keluarga nya. Singa juga tidak perlu makan rumput untuk menjadi kenyang, dia hanya perlu memakan makanan yang benar - benar sesuai dengan kebutuhannya.

So, be the Lion King !

Emang cuma kerbau yang bisa makan rumput

Siapa bilang kamu tidak bisa sukses, emang cuma mereka bisa sukses?

hanya saja kau tidak punya tekad yang kuat, kau hanya menjalani hari mu dan menunggu senja mu datang, dan terus berulang setiap hari

dengan menjalani hari seperti ini apakah kamu bisa mencapai masa depan yang lebih baik, hingga bisa berbagi dan membantu mereka orang - orang yang membutuhkan, semua tergantung pada diri mu sendiri

kerbau adalah binatang mamalia pemamah biak, makanan utamanya adalah rumput. Dulu sewaktu saya di kampung, saya sering sekali melihat kerbau lagi asik makan rumput di hamparan padang rumput yang luas.

mereka menikmati hari - harinya dengan mengumpulkan sebanyak mungkin rumput hijau dengan gigi - gigi nya yang bekerja seperti pemotong rumput.

di sore hari para kerbau akan pulang dan kembali ke kandang nya masing - masing, kemudiam nanti di malam hari kerbau2 ini akan tidur namun mulutnya sambil mengunyah, kerbau akan menarik lagi rumput dari dalam perutnya naik ke mulut untuk dikunyah dan dilumat sebelum masuk dicerna di dalam usus.

tetapi kambing, kuda, sapi, domba, kelinci, kancil dan binatang2 lain nya banyak juga yang makan rumput.

pola makan kambing dan kerbau tentu berbeda, kambing makan rumput langsung telan dan tidak perlu ngunyah lagi di malam hari seperti kerbau tadi, demikian halnya domba, kelinci dan kancil semuanya berbeda dan unik.

saya akan menyebut cara makan kerbau tadi sebagai sebuah bisnis model atau sebuah pola atau sebuah cara kerja. Bisnis model nya unik dan memberikan hasil yang berbeda dengan cara makan kelinci, berbeda dengan sapi, kuda dan lain sebagainya.

Disini kita melihat perbedaan itu bukan di rumputnya, rumputnya sama aja, jenis rumputnya sama. Tetapi cara mengolahny berbeda sehingga hasilnya pun berbeda.

Demikian juga dengan kita, ada hal penting yang harus kita cermati, yaitu bisnis model, yakni cara kerja yang kita anut, pola hidup yang kita miliki.

Pernah gak merasa, eh dia sama gue sama kerjaannya tapi kenapa dia lebih berhasil daripada saya ya?! renungkan lah kawan

Coba perhatikan bisnis model mu, apakah kau menganut bisnis model pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan, mungkin dia bisnis modelnya pemasukan lebih besar dari pengeluaran, otomatis hasilnya pun akan sangat berbeda.

Emang cuma kerbau yang bisa makan rumput?
Kelinci pun bisa loh, rumputnya sama tapi cara makannya beda.

Kita bisa makan “rumput”, dengan bisnis model atau cara kerja yang kita bangun sendiri, yang kita kembangkan sendiri.

Semoga tulisan ini dapat kalian pahami, terima kasih.

Strong Life Determination

Saya menggambarkannya singkat determinasi adalah kemampuan untuk mengalahkan diri sendiri, tapi saya akan menjabarkan nya begini saja :

KAU, YA KAU YANG TETAP MEMUKAU

yang mampu mengalahkan keraguan yang ada di dalam diri, bertahan dan menyerang hingga batas diri paling atas

tidak terpengaruh suara yang terdengar seolah menguatkan padahal sebenarnya sedang mengingatkan bahwa kau tidak akan pernah bisa melewatinya

kau yang percaya pada akal dan pemikiran mu, kau yang percaya dengan hatimu, kau yang percaya bahwa Tuhan akan menunjukkan jalan bagimu

tidak peduli seberapa banyak tetes keringat yang sudah terurai, tangis yang terpendam, jiwa yang kesepian, tubuh yang letih dan luka

tidak peduli seberapa banyak orang yang ingin menjatuhkan mu,bahkan orang terdekatmu pun sering melakukannya

tidak peduli dunia luar melihat mu dengan mata sinis sepele dan dianggap tidak berdaya, kau terlihat seperti orang kumuh dan berantakan bagi mereka

tidak peduli juga sanjungan yang terdengar seperti sindiran, menguatkan tetapi ternyata melemahkan

tetapi kau berdiri kokoh bagai pohon beringin besar, menancapkan akar dimana - mana, mencari jalan menuju pencapaian demi orang - orang tercintamu

Kau tetap berdiri dikala hujan badai menghampiri, bahkan dikala cuaca cerah pun engkau tidak tergoda untuk memejamkan mata

tetapi engkau berjuang, menghempaskan seluruh tenaga dan pemikiran yang kau punya

sekalipun menurut dunia kau tidak punya ijasah sarjana, tetapi aksi dan cara mu berkarya adalah cara para legenda

Saya melihat semua itu ada di dalam dirimu Ayah. Semoga engkau sehat selalu, menjadi panutan yang memukau bagi semua yang mengenalmu, khususnya kami anak - anakmu.

Strong Life Determination (tekad hidup yang kuat). Special for my daddy, we love you!

ditulis oleh : Ranap Sianturi

Sedikit Demi Sedikit Lama Lama Menjadi Bukit

Kata sedikit biasanya digunakan untuk menjelaskan jumlah sesuatu dalam porsi yang kecil. Sedikit perhatian berarti porsi perhatian nya kecil, sedikit kontribusi berarti porsi kontribusi nya kecil, sedikit pencapaian berarti porsi pencapaian nya juga kecil, semua kalimat tersebut adalah contoh padanan kata sedikit.

Sedikit Pencapaian mengambarkan nilai dari sebuah pencapaian yang jumlah porsinya kecil jika dibandingkan dengan porsi total pencapaian yang banyak yang bisa dicapai.

Menurut pemahaman saya, sedikit itu selalu berpadanan dengan banyak, kalau bekerja sedikit maka akan banyak hasil yang tidak berhasil, kalau bekerja banyak maka hanya sedikit hasil yang tidak berhasil.

Sesuatu yang sedikit akan sangat berdampak besar ketika zat sedikit tersebut bereaksi dengan sebuah zat lain yang saya sebut kebiasaan, hasil reaksinya adalah semakin anda membiasakan sesuatu tersebut sedikit demi sedikit maka hasilnya pun akan semakin banyak sampai membukit dalam jangka waktu tertentu.

Membangun kebiasaan lebih baik dan lebih efisien jika anda lakukan dengan cara sedikit demi sedikit, kenapa? karena anda tidak akan merasakan lelah sedikit pun tapi tetap bisa mencapai sukses.

Misalnya jika anda ingin menjadi pelari marathon, dan ingin menjuarai sebuah event marathon, maka yang perlu anda lakukan adalah dengan memulai membiasakan diri berlari sedikit demi sedikit.

Kalau anda tidak pernah lari sama sekali, maka untuk menjadi pelari marathon tentu akan menjadi sulit untuk dicapai, tetapi kalau anda sudah biasa lari maka untuk menjadi pelari marathon kemungkinan besar akan mudah dicapai.

Jadi yang membedakan pelari marathon dengan anda yang bukan pelari adalah kebiasaan lari, anda tidak biasa lari, sementara dia biasa lari.

Jika anda lari 2 KM dengan konsisten setiap hari maka anda sudah mencapai jarak 60 KM dalam waktu satu bulan, dan kalau disetahunkan anda sudah mencapai jarak 720 KM, bayangkan betapa jauhnya jarak yang sudah anda tempuh dalam waktu satu tahun, hanya dengan cukup berlari 2 KM sehari, bagaimana kalau kebiasaan itu berlanjut sampai 10 tahun? Amazing bro !

Berlari hanya 2 KM sehari tentu ini merupakan jarak tempuh yang sedikit, mungkin anda hanya butuh 15 menit untuk menyelesaikan 2 KM tersebut, sungguh sedikit waktu dan tenaga yang anda habiskan bukan? Apakah anda merasakan lelah yang berarti, saya jamin tidak, lelah anda tak seberapa berat, tetapi anda sudah dijalur dengan arah yang sedang menuju suatu titik yang sangat jauh berbeda dari titik anda saat memulainya, hanya saja anda tidak begitu merasakannya karena waktu dan tenaga yang anda habiskan hanya sedikit setiap hari. Tetapi dalam kurun waktu setahun atau dua tahun anda sudah jauh berbeda dibandingkan saat anda baru pertama kali memulainya.

Sekarang jika anda ingin mencapai suatu titik yang mungkin saja anda bisa menyebut titik tersebut sebagai sebuah titik pencapaian kesuksesan atau apapun itu, maka mulailah dari sedikit demi sedikit, hingga anda tidak sadar sudah mencapainya tanpa harus merasakan lelah dan letih sama sekali.

Bangun lah kebiasaan itu dalam hidup anda, hingga kebiasaan itu menjadi hal yang tidak dapat anda lepaskan dari dalam diri anda untuk mencapai sukses versi mu sendiri.

Pencapaian anda yang sedikit hari ini patut anda syukuri, karena jika dilakukan setiap hari maka dampak yang akan anda rasakan sangat luarbiasa amazing kalo kata orang bule.

Dengan kata lain pepatah kuno yang mengatakan sedikit demi sedikit lama - lama menjadi bukit adalah pepatah yang memang benar berdampak bagi kita yang menerapkannya, pepatah ini tidak perlu direvisi (karena hingga saat ini masih relevan).

Semoga artikel ini bermanfaat ya teman - teman, salam sukses untuk kita semua.

6 Tips cara kerja di kantor biar gak lembur yang gak pernah kita sadari

Masuk kantor dan bekerja dengan baik sudah menjadi kewajiban kita sebagai karyawan, bekerja dari pagi hingga sore. Bekerja dengan baik artinya adalah kita dapat mengerjakan berbagai jenis pekerjaan di divisi atau unit kita masing - masing dengan prosedur yang ada dan menghasilkan result yang berkualitas,

1. On time : Masuk kantor on time dapat menjaga mood positif anda saat kerja dan anda pun punya waktu yang lebih banyak untuk bekerja, namun jika anda telat masuk kantor, maka itu akan merusak mood anda, sehingga untuk memulai pekerjaan pun seolah badan dan pikiran sudah lelah.

2. Proaktif : Salah satu dari 7 Kebiasaan yang jadi catatan Steven Covey dalam bukunya 7 Habits Highly Motivated Peolpe adalah proaktif. Proaktif merupakan kebiasaan no 1 yang wajib kita lakukan dan kita kuasai jika ingin produktif, semakin anda proaktif maka pekerjaan andapun akan cepat selesai.

2. Rencana : Susunlah rencana kerja mu, jangan biarkan cara kerja serabutan menjadi gaya kerja anda. Bekerja na dengan rencana artinya anda punya strategi untuk menyelesaikan pekerjaan, untuk menyusun rencana yang baik mulailah ajukan pertanyaan ini : kapan mulai dikerjakan, dengan siapa dikerjakan, cara mengerjakan, kapan harus selesai, saya bisa apa aja untuk mengerjakannya, saya punya sisa waktu berapa lama untuk menyelesaikannya, dan hasil seperti apa minimal yang harus saya capai agar pekerjaan ini disebut selesai, apa aja risiko pekerjaan ini, bagaimana memitigasi nya, dan lin sebagainya. Teknik bertanya ini akan membuat rencana kerja anda semakin baik dan mudah untuk diselesaikan.

3. Daftar To Do List : Dari sekian banyak daftar kerjaan yang harus anda selesaikan, cobalah untuk membuat daftar To Do List dan menyusun nya berdasarkan urutan prioritas. Mulailah mengerjakan nya dari daftar prioritasyang paling tinggi, prioritas utama adalah hal pertama yang harus segera anda selesaikan, yang lain biarkan menunggu antrian.

4. Perfeksionis: Kesempurnaan bukan lah milik kita, itu hanya milik yang Tuhan. Kerja memang perlu sempurna, tapi untuk segera menyelesaikan pekerjaan gak perlu harus sempurna dulu. Buat lah versi2 dari pekerjaan anda, versi 1.0 adalah versi yang harus segera anda selesaikan dan segera sampaikan kepada atasan anda untuk dapat segera direview, apabila ada masukan dari atasan maka langlah selanjutnya adalah membuat versi 1.1, dan seterusnya hingga anda merilis versi final. Telnik ini mengajarkan kita untuk segera menyelesaikan pekerjaan tanpa harus menunggu pekerjaan itu selesai dengan sempurna.

5. Fokus : Ketika anda bekerja fokuslah pada kerjaan anda, jauhkan hal2 yang menggangu fokus. Sebisa mungkin gunakan lah smartphone anda untuk bertelepon dan berWA an secukupnya selama jam kerja, diluar itu monggo ditunda dulu, nyinyir di sosmed, browsing, main game ditahan dulu ya.

6. Batasi waktu ngobrol : ngobrol dengan rekan kerja adalah hal yang wajib bagi anda sebagai mahluk sosial, tapi jangan kelamaan ngobrol mulu, kerjaan kapan kelarnya. Batasilah waktu ngobrol anda, jangan sampai anda dicap tukang ngobrol, dan kerjaan pun gak ada yang selesai.

Ke enam tips di atas sering tidak kita sadari sehingga kita berada di posisi kurang waktu untuk menyelesaikan pekerjaan kita padahal sebenarnya lebih dari cukup.

Kondisi ini sering memaksa kita untuk terus lembur agar kerjaan selesai, padahal tadinya kita sudah bisa pulang tepat waktu untuk bertemu dengan keluarga atau untuk mengerjakan pekerjaan lainnya.

Semoga tips di atas bermanfaat, salam sukses buat kita semua.

5 Tips Biar Dicap Pemalas Tapi Tetap Bisa Produktif

Saya sedang mencoba memahami dan memaknai kata malas, salah gak sih kalau orang bermalas-malasan atau malah sebaliknya, tapi coba kita lihat arti kata malas di bawah ini (menurut kbbi) :

malas/ma·las/ a 1 tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu: orang yang -- itu lebih senang mengemis daripada bekerja; 2 segan; tidak suka; tidak bernafsu: -- rasanya mengunjungi rapat seperti itu; jangan -- bertanya;

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) malas itu artinya tidak mau mengerjakan sesuatu, segan, tidak suka dan tidak bernafsu. Kalau kita artikan berarti malas ini tentu tidak akan menghasilkan sesuatu, jadi boro - boro bisa produktif, bergerak dikit aja pun susah, yah namanya juga malas.

Oke sekarang kita paham apa definisi malas, tapi mengapa saya mengangkat topik malas ? mengapa topik tentang malas ini menarik untuk di bahas di artikel kali ini. Saya akan coba menjabarkan bagaimana kemalasan ini sebenarnya bisa kita rekayasa untuk meningkatkan produktifitas dan kinerja kita.

Melihat dengan perspektif yang berbeda, kita dapat menggunakan teknik kemalasan untuk meningkatkan produktifitas. Kalau banyak motivator bilang rajin bekerja adalah kunci keberhasilan, kalau sekarang saya akan ajak anda untuk mengubah pola pikir atas kutipan itu menjadi kenapa gak malas aja tapi tetap bisa meraih keberhasilan.

Saya tidak akan menawarkan anda shortcut atau jalan pintas yang dilakukan oleh orang - orang yang ingin cepat menyelesaikan pekerjaan tanpa memperdulikan prosedur atau aturan yang ada atau menghalalkan segala cara.

Namun disini saya akan menjabarkan kepada anda, bagaimana kita bisa menyelesaikan pekerjaan kita dengan baik dan dengan cepat tanpa harus boros-borosan menghabiskan waktu dan energi tapi tetap sesuai dengan aturan yang ada.

Oke, sekarang bagaimana caranya bekerja malas tapi tetap produktif tanpa harus boros menghabiskan banyak waktu dan energi ?, yuk simak 5 (lima) tips di bawah ini :

  1. Pahami pekerjaan anda secara mendalam : Proses ini merupakan proses wajib yang harus dilalui agar bisa bekerja dengan produktif, anda harus benar - benar memahami pekerjaan anda dengan baik, mendalam dan lengkap, kalau tidak berarti cara belajar anda perlu dikembangkan lagi. Untuk menambah referensi anda silahkan baca 3 strategi belajar yang dipake orang bego untuk cepat menjadi jenius.
  2. Buatlah template : Ketika sudah memahami dengan mendalam pekerjaan yang sedang dikerjakan, maka sekarang saatnya anda membuat framework atau template atau kerangka kerja dari pekerjaan tersebut. Template adalah kerangka kerja standar yang anda desain dan susun sendiri untuk mempermudah pekerjaan serupa yang akan ada di hari esok. Jika besok anda mendapt tugas baru yang sama dengan pekerjaan anda hari ini maka yang perlu anda lakukan hanya mengupdate isi dari template tersebut, tanpa harus repot memulai nya dari nol lagi, jadi andapun akan lebih hemat energi dan waktu tentunya.  
  3. Pilih Yang Paling Penting : Tidak semua pekerjan itu harus dikerjakan dalam waktu yang cepat, terkadang kita harus tau menunda pekerjaan mana yang harus ditunda, dan yang mana yang tidak bisa ditunda. Pekerjaan yang paling penting tentu harus segera anda selesaikan dan gunakan template tadi untuk mempermudah anda sendiri (desain sendiri) jika ada order serupa dari atasan anda.
  4. Upgrade Teknik Kerja : Banyak pekerjaan kita yang membutuhkan waktu pengerjaan yang lama karena kita mengunakan teknik - teknik yang salah, sehingga pekerjaan itu pun lama selesainya. Sudah saat nya anda melakukan improvement atau pengembangan, kembangkan teknik atau cara kerja anda, lihat dan pahami apakah ada hal yang bisa dihilangkan atau dihapus. Pekerjaan - pekerjaan rutin yang format nya sudah standar, sudah saatnya anda sederhanakan dengan otomasi menggunakan komputer, hindari proses manual yang memakan waktu dan energi yang banyak.
  5. Simplifkasi : Menghilangkan hal yang tidak penting dengan cara mengupgrade yang penting. Teknik simplifikasi merupakan salah satu teknik yang sangat penting untuk meningkatkan produktifitas, semakin anda bisa menyederhanakan prosedur kerja, template kerja, dan cara kerja maka anda akan semakin produktif (pekerjaan cepat selesai). Mulailah dengan cara memilah hal yang penting dari antara hal yang tidak penting atas setiap pekerjaan anda.

Jika ada sekor nyamuk hinggap di tangan anda, maka anda tidak perlu mengunakan pemukul baseball untuk mengusir nyamuk itu, anda hanya perlu menggunakan telapak tangan saja sudah cukup, demikian halnya dengan bekerja, kalau bisa dikerjakan dengan metode baru yang lebih sederhana, kenapa harus menggunakan metode lama yang butuh energi dan waktu yang banyak.

Dengan konsep yang saya bagikan di atas, harapannya anda bisa bekerja dengan lebih efisien dan produktif tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan energi untuk mengerjakan sesuatu yang tidak begitu penting. Sekarang anda harus malas dengan prosedur, teknik, format, kebiasaan yang sudah lama dan sudah usang, mulailah untuk melakukan improvement.

Kalau teknik lama yang kita gunakan selama ini masih manual, kenapa gak coba menggunakan teknik baru dengan otomasi (lebih hemat waktu dan energi).

Yuk belajar malas untuk lebih produktif. Enjoy the day.

3 Strategi belajar yang dipake orang bego agar cepat jadi orang jenius

Dulu sewaktu duduk di bangku SD, seingat saya dulu saya itu sering diomelin guru karena katanya saya susah menangkap isi mata pelajaran yang diajarkan. Setiap kali guru mengajarkan pelajaran di depan kelas, saya tidak begitu suka memperhatikan pelajaran yang diajarkannya, yang ada saya malah mengganggu teman sebelah, ngajak ngobrol, lebih banyak mainnya daripada mendengar guru (belajar) di depan kelas.

Saya hanya berpikiran kalau ujian nanti saya hanya perlu menghafal supaya bisa lulus gak perlu belajar serius di kelas, alhasil dengan gaya belajar seperti ini catatan rekor saya pun gak pernah bisa  mendapatkan nilai bagus, apalagi memahami dengan benar pelajaran yang diajarkan guru, ah sudah lah parah pokoknya, skor yang saya capai hanya cukup lulus doang.

Gaya belajar yang hampir dimiliki oleh semua siswa di sekolah, mulai dari SD, SMP dan SMA, gaya belajarnya sama yaitu menghapal isi buku tanpa harus memahaminya, karena dipercaya teknik ini merupakan teknik paling jitu di jamannya (sekitar tahun 1998 ke tahun 2000an).

Sekarang saya mencoba memahami fenomena ini, dulu secara tidak sadar kita diajarkan untuk berusaha mencari nilai yang baik dengan cara menghapalkan semua pelajaran - pelajaran yang ada. Bukan dengan memahami dengan baik dan benar pelajaran yang diajarkan (mungkin karna gaya mengajar gurunya juga gak begitu menarik kali ya). Tapi apapun itu memang dulu dipercaya dengan menghapal kita bisa mengerjakan soal - soal ujian. Dan ritual ini pun berlangsung dari generasi ke generasi, semua siswa jadi raja dan ratu hafal.

Semingu sebelum ujian biasanya sudah menghafal, memang sih kadang teknik ini berhasil untuk mendapatkan nilai bagus apabila persiapan ujiannya jauh - jauh hari, tetapi disisi lain yang sering terjadi adalah setelah ujian pikiran kita secara otomatis (tidak sadar) langsung menghapus semua memori hafalan tersebut, hingga habis tak bersisa, dan akhirnya tak satupun dari kita yang paham betul dengan pelajaran yang ada, hasilnya nihil, sehingga kita pun gak pernah jadi orang yang benar - benar pintar dan benar - benar mengerti pelajaran di kelas. jadi sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana caranya supaya menjadi orang pintar ?

3 Strategi belajar yang dipake orang bego agar cepat jadi orang jenius

Berikut ini adalah tips dari saya, untuk teman - teman yang ingin menjadi pintar dan paham dalam setiap proses pembelajaran yang sedang kalian jalani :

  1. Selalu mulai dari kata "Mengapa ?" : Mulailah dengan konsep Why atau mengapa, misalnya mengapa mobil bisa bergerak, maka akan muncul jawaban karena mobil memiliki mesin penggerak, mengapa mesin penggerak bisa menggerakkan mobil ? karena mobil memiliki sumber tenaga dari piston, mengapa piston bisa memberikan tenaga ? oh karena ada pembakaran, mengapa pembakaran menghasilkan tenaga, oh karena dimampatkan di ruang bertekanan tinggi. Lanjutkan terus, mengapa, mengapa dan mengapa, hingga anda benar - benar menguasai jawaban dari mengapa mobil bisa berjalan. 
  2. Ketika kamu mempelajari sesuatu, pelajari lah hingga kamu dapat menjelaskannya kepada anak - anak : Belajar untuk menjelaskan, setelah anda pelajari, setelah anda pahami cobalah untuk mulai menjelaskan, cobalah untuk mulai menjabarkan dengan bahasa yang sederhana, seperti menjelaskan kepada anak - anak. Tentu jika anda mampu menjelaskan dengan bahasa sederhana, berarti anda sudah paham dan sudah mengerti betul apa yang anda pelajari. Supaya bisa menjadi lebih ahli akan hal yang sudah anda pelajari, maka mulai lah mengajarkannya kepada orang lain, semakin anda bisa mengajar maka anda akan menjadi semakin ahli.
  3. Daripada menghafalnya, lebih baik cari penjelasan yang membuatnya semakin jelas : Jika terdapat hal yang tidak anda mengerti mengenai sesuatu yang sedang anda pelajari, lebih baik cari terus WHY nya, cari penjelasan yang lebih detail dan lebih mudah dimengerti, hingga anda benar - benar paham WHYnya, ingat yah jangan dihafal. Dengan memaknai nya secara dalam, akan membuat anda paham benar dengan apa yang sedang anda kerjakan, dan tentu itu butuh waktu, tetapi setelah anda memahami, yang anda pahami tersebut akan terekam dengan baik dalam jangka waktu yang lama, sehingga membuat anda pun benar - benar menjadi jenius atau ahli di bidang yang sedang anda pelajari.
Ke tiga cara di atas merupakan cara yang ampuh, cara jitu, untuk menjadi orang pintar yang bisa memahami sesuatu dan terekam dalam kurun waktu yang lama, menempel kuat di pikiran kita menjadi pengetahuan yang tak bisa lekang oleh waktu. 

Semoga tips ini bermanfaat ya teman - teman, kalau ada komentar monggo follow ig saya di @ranap_sianturi, terima kasih.

5 Cara sederhana membangun aktifitas baru menjadi sebuah kebiasaan

Setiap hari terdapat puluhan bahkan mungkin ratusan rangkaian kegiatan yang kita lakukan setiap hari, mulai dari pagi bangun tidur hingga lanjut malam tidur lagi. Aktifitas tersebut antara lain seperti bangun pagi, olahraga, membaca, sarapan, mandi, menyetir, mengajar, menulis, ngobrol, tidur dan lain sebagainya.

Adapun daftar aktifitas tersebut sebagian besar kita lakukan berdasarkan kebiasaan kita sehari - hari, dan sisanya kita lakukan karena andanya faktor dari sebuah tujuan atau gol yang kita tetapkan. Apabila kita sudah terbiasa bangun pukul 05.00 maka setap hari kita akan bangun di jam yang sama, namun apabila kita menetapkan sebuah tujuan, misalnya besok pagi saya harus menghadiri meeting penting, jadi saya harus bangun pukul 04.00, maka besok pagipun saya bangun pukul 4 pagi bukan pukul 5 lagi.

Satu aktifitas terjadi karena kebiasaan, sementara satu lagi dikarenakan adanya tujuan atau sasaran. Dan apabila tujuan tersebut dihilangkan maka aktifitas yang muncul adalah kembali kepada aktifitas semula karena kebiasaan.

Aktifias manakah yang paling bagus untuk meningkatkan produktifitas? sebenarnya yang paling bagus adalah aktifitas yang didasari oleh sebuah tujuan, karena dengan tujuan yang jelas aktifitas untuk mencapai tujuan tersebut pun menjadi pasti, sehingga kita bisa lebih produktif. Namun kelemahan dari teknik ini adalah, apabila tujuan tersebut sudah tercapai maka kemungkinan besar kita akan kembali kepada kebiasaan - kebiasaan lama yang membuat kita kembali tidak produktif.

Aktifitas yang paling saya sarankan adalah aktifitas yang dibangun hingga menjadi sebuah kebiasaan, bangun lah sebuat habit (kebiasaan), sebuah aktifitas rutin yang sifatnya seperti sebuah bola yang diikatkan di sebuah tali ayunan, dan kalau bola tersebut digoyang, maka bola tersebut perlahan akan kembali ke titik nol atau tidik stabilnya. Artinya apabila di dalam diri kita sudah terbentuk sebuah kebiasaan maka ada atau tidak nya sebuah tujuan, kita akan tetap melakukan aktifitas biasa tadi.

Nah bagaimana caranya membangun sebuah kebiasaan ? berikut ini adalah cara saya membangun sebuah kebiasaan


  1. Fokus : Merupakan hal yang sangat penting dalam beraktifitas, bentuklah kebiasaan fokus, bekerjalah dengan full heart 100 %, menulis lah dengan sepenuh hati, belajarlah dengan sepenuh hati, pikiran jangan kemana - mana. Fokus lah pada pekerjaan anda, biasakan untuk mematikan notifikasi handphone, agar tidak mengganggu, gunakan hanya notif telp masuk saja, selebihnya dimatikan, sehingga anda bisa bekerja dengan fokus. Lakukan terus menerus hingga kebiasaan fokus menjadi habit anda.
  2. Mulai : Kebiasaan kita pada umumnya adalah menunda (karena paling gampang), dan hal yang paling sulit dilakukan adalah memulai, banyak sekali alasan untuk tidak memulai, nantilah, besoklah, ntar lah, kata - kata ini sering kita ucapkan sehinga pekerjaan kita banyak yang terbengkalai dan semakin banyak menumpuk hingga akhirnya asam lambung pun naik.  Mulailah hingga hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan baru di dalam diri anda. Ingat, kebiasaan yang harus anda bentuk adalah kebiasaan untuk segera memulai.
  3. Singkirkan : Membiasakan diri untuk membuang hal - hal yang tidak penting, ingat apabila anda memiliki terlalu banyak hal penting dalam hidup ini, maka semakin hari anda akan semakin pusing dan semakin stress. Biasakan diri anda untuk menyingkirkan atau mengurangi hal - hal yang tidak perlu. Pilihlah hal - hal yang penting saja, selebihkan singkirkan.
  4. Perlahan : Merubah sebuah aktiftas baru menjadi kebiasan yang baru bukan lah hal mudah, namanya kebiasaan ya harus biasa dilakukan, setiap hari setiap waktu. Anda tentu tidak perlu terburu - buru untuk langsung berubah menjadi seseorang yang hebat dan ahli di suatu bidang, lakukan saja perubahan dan perbaikan secara perlahan dan biasakan melakukannya setiap hari, hingga nantinya anda akan tiba di titik hal tersebut sudah menjadi kebiasaan baru anda dan andapun akan menjadi ahlinya.
  5. Perbaki : Ingat untuk tetap melakukan review, lakukan review atas setiap aktifitas yang telah anda kerjakan, review aktifitas harian anda, jangan takut gagal, kalau gagal perbaiki lagi, gagal lagi perbaiki lagi, hingga memperbaiki hal yang gagal pun menjadi kebiasaan baru anda, dan itu sangat bagus dalam jangka panjang.

Ke lima tips di atas merupakan tips wajib yang harus anda miliki di saat anda ingin membangun sebuah aktifitas baru menjadi kebiasan baru.

Saya sendiri mencoba menerapkan ini dalam membangun kebiasaan menulis untuk mencapai tujuan saya menjadi seorang penulis berkualitas, walaupun terkadang saya masih sering gagal melakukan aktifitas menulis. Masih banyak bolong - bolong nya, tetapi perbaikan senantiasa saya lakukan hingga menulis menjadi kebiasaan saya.

Selamat membangun kebiasaan baru teman - teman, semoga artikel ini bermanfaat.

Ganti tahun 2018 menjadi 2019

Selamat menjalani tahun 2019. Tahun ini merupakan tahun baru bagi kita semua, barusaja kita memulai tahun ini di tanggal 1 Januari 2019. Ada banyak sekali doa dan harapan yang disampaikan ketika terjadi pergantian tahun lama ke tahun baru.

Saya sendiri turut merayakan tahun baru 2019, dan di budaya Batak khususnya selalu merayakan pergantian tahun tepat di pukul 12.01, semua orang batak pada umumnya merayakan tahun baru dengan cara berkumpul dan berdoa bersama dan menyampaikan harapan nya masing - masing di tengah keluarga besarnya (note : saya berdarah Batak), kegiatan ini sudah menjadi budaya yang diturunkan terus menerus dari generasi ke generasi.

Ada harapan dan goal yang ingin kita capai di tahun ini, dan semua harapan itu tentu merupakan harapan yang baik dan harapan yang mendatangkan berkat dan berkah bagi kita semua.

Berkaca dari tahun 2018, maka di tahun 2019 ini saya akan mencoba menerapkan aturan baru yang semoga dapat meningkatkan produktifitas, antara lain memperbaiki kebiasaan yang selama ini masih belum maksimal di tahun 2018 :

Improve : Daily Habits


  • Menulis : kuantitas dan kualitas tulisan saya masih banyak yang perlu diperbaiki, tahun ini semoga bisa menulis setiap hari dan bisa mengupdate blog ini secara reguler. Banyak bidang yang ingin saya sentuh dengan tulisan, melalui blog, twitter, instagram dan youtube, mohon dukungannya ya. 
  • Lari : lari menjadi olahraga yang saya sukai di tahun 2018, awalnya karena berat badan sudah over weight, dan mulai sadar hal itu dapat mengganggu kesehatan, sehingga saya harus berolahraga dan saya memilih olahraga lari (mudah, murah, dan bisa dimana saja), semoga tahun ini bisa berlari lebih banyak lagi.  
  • Membaca : belajar merupakan hal yang wajib bagi kita semua, saya menikmati belajar dengan  membaca buku setiap hari, tahun kemaren belum banyak buku yang saya baca, tahun ini semoga bisa membaca lebih banyak lagi. Salah satu bidang yang ingin saya perdalam adalah bidang keuangan, dan disini saya akan menulis hal - hal yang sekiranya bermanfaat tentang keuangan.
  • Fokus : dalam banyak hal kita memang harus memaksakan diri untuk fokus, fokus adalah salah satu cara untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Tahun ini harus belajar lebih banyak agar bisa lebih fokus dalam hal apapun.
  • Minimalis : menjadi simple atau minimalis adalah salah satu target saya di tahun ini. terinspirasi dari buku Steve Jobs karangan Walter Isaacson, buku tersebut menceritakan perjalanan Steve Jobs sejak awal mula mendirikan Apple, nilai yang saya peroleh dari buku tersebut adalah gaya minimalis yang diterapkan oleh Steve Jobs, bagaimana dia berhasil mengembangkan karya - karya hebat yang terlihat dari produk Apple dan Pixar hanya dengan gaya minimalis dan simple yang diterapkannya.

Target di tahun 2019 bisa sehat terus dan bisa bekerja lebih maksimal untuk mencapai cita - cita dan impian yang belum tercapai.

Buat kalian semua mendapatkan apa yang kalian harapkan di tahun ini, kesehatan, keuangan, keluarga, karir dan lainnya bisa dicapai. Semua hambatan dan rintangan pun bisa dilewati dengan ceria ditemani secangkir kopi kapal api.

Selamat menjalanani tahun baru 2019, salam.

Dont Push Harder

Kita semua saat ini berada di antara orang2 yang hampir semuanya memiliki hasrat yang sama hasrat yang ingin memiliki sesuatu dengan cepat

Seorang atlit lari (pemula) yg lsg berkeinginan untuk menjadi seorang pelari hebat dalam waktu singkat. Seorang pebisnis (pemula) yang ingin menjadi miliarder dalam waktu singkat  langsung menjadi jutawan. Dan banyak contoh yang bisa kita lihat dalam hidup kita sehari - hari.

Apakah ini salah?

Menurut saya tidak salah sih sebenarnya, hanya saja jika kamu melakukan tindakan seperti itu maka kamu akan menjadi orang yang gampang lelah dan gampang stress

Karena tidak semua keinginan kita di dunia ini menjadi kenyataan dalam waktu singkat, banyak hal membutuhkan proses sblm menjadi sesuatu yang berubah

Banyak hal yang harus berproses atau bereaksi terlebih dahulu sblm menjadi sesuatu yang berbeda dari kondisi sblmnya.

Untuk menjadi sesuatu yang kita inginkan  apakah kita perlu melakukan nya dengan paksaan, apakah kita harus memaksakan sekarang, atau apakah kita akan buru2 untuk merealisasikan nya, jawaban nya dont push harder ! Keep moving with your own pace, but keep moving

Bergeraklah, bergerak maju, lakukan perbaikan demi perbaikan, secara bertahap, sedikit demi sedikit tanpa adanya pemaksaan atau penekana yang berlebihan, jangan ciptakan crack, tapi lakukan lah perbaikam dengan perlahan - lahan, dan tetapkan tujuan dengan selalu melakukan improvement tanpa dipaksa

Untuk menjadi penulis yang hebat jadilah penulis yang konsisten menulis, tulislah satu paragraf, dua paragraf, tiga paragraf setiap hari, gak perlu langsung menulis satu buku dalam waktu yang singkat...

Lakukan secara konsisten, menulis lah dengan happy dan gembira, bukan dibawah tekanan, tetapi tetap buat perbaikan secara smooth, untuk memastikan bahwa anda sedang bettumbuh.

Ibarat pohon durian yang tumbuh besar dan menghasilkan buah yang banyak, tidak lah tumbuh dalam satu hari atau satu bulan hingga menghasilkan buah

Biji pohon durian butuh waktu untuk menjadi tunas pohon durian, dan proses tersebut berubah dan berangsur setiap hari  hingga tunas durian menjadi pokok durian yang lebah dan berbuah.

Pohon durian yang sudah besar dan berbuah adalah pohon yang sudah melewati masa pertumbuhan dari fase biji hingga fase bibit tanaman...so dont push harder.

Menulis juga butuh jam terbang dan pengalaman

Menulis merupakan suatu cara yang dilakukan untuk mengalihmediakan sesuatu menjadi ke dalam bentuk tulisan yang dapat dibaca, dimengerti, dilihat, dan dirasakan oleh siapapun penulisnya.

Menulis merupakan hal yang penting di berbagai industri, di dunia pendidikan, dunia perkantoran/profesional maupun dunia hiburan, ada banyak kebutuhan disana, industri tersebut membutuhkan orang - orang yang bisa menulis dengan baik.

Bagaimana cara memulai menulis? 

Kalau anda masih pemula dalam menulis, jangan takut dan jangan panik. Semua pemula memang ya begitu, pengennya langsung bisa mengeluarkan tulisan - tulisan hebat, tulisan - tulisan yang spektakuler.

Tapi ternyata cara kerjanya bukan begitu teman - teman, menulis itu butuh waktu, butuh jam terbang, butuh pengalaman, dan juga butuh variasi tulisan yang banyak. Ibarat pelari marathon, tidak ada pelari marathon yang muncul langsung sebagai pelari hebat yang mampu berlaku puluhan kilometer tanpa adanya jam terbang lari yang banyak.

Menulis lah satu kalimat terlebih dahulu, gak perlu langsung menulis banyak - banyak, cukup satu kalimat habis itu selesai, lakukan secara rutin setiap hari. Dengan sedikit - demi sedikit lama - lama pasti akan menjadi bukit.

Mengapa kita menulis teman - teman?

Ada banyak jawaban atas pertanyaan ini, namun yang perlu kita perhatikan dengan seksama adalah menulis lah dengan Why yang jelas, jangan menulis karen ikut - ikutan, tapi menulis lah dengan pertanyaan Why dan jawaban yang jelas.

Mengapa kita menulis ? jawabannya adalah karena kita suka, dan karena kita ingin menuangkan ide - ide atau imaginasi kita ke dalam wadah yang disebut dengan tulisan. Sebaiknya jawaban ini lah yang harus menjadi dasar kita menulis.

Kapan saya harus menulis

Menulis dapat kita lakukan setiap hari, dalam setiap waktu - waktu yang bisa kita atur. Kalau teman - teman ingin menulis dengan baik, sebaiknya alokasikan waktu tertentu untuk menulis. Dan lakukan bloking atas waktu tersebut. Fokuskan diri dan pikiran anda untuk menulis di waktu yang sudah teman - teman tetapkan, hiraukan gangguan yang sifatnya tidak urgent. Dan mulailah menulis, tuliskan saja apa yang ingin anda tulis, lakukan dengan cara nge flow atau mengalir.

Sekian dulu tulisan kali ini ya teman - teman, semoga bermanfaat, terima kasih.