Inbox Email kalian pasti berantakan !

Saya menggunakan Gmail sebagai email utama dalam keseharian saya, ada banyak sekali email yang masuk, dari facebook notifications, dari bukalapak (hasil jual/beli), dari kantor, dari orang lain, ada juga email spam, email promo, dan sebagainya.

Kalian pun pasti seperti itu kan....

Email yang ada di inbox entah dari mana aja, dan semua nya numpuk di inbox. Ada yang belum kebaca (Unread) ada yang sudah dibuka dan harus balas tp masih pending, ada yang sudah jadi artefak atau fosil karena sudah saking lamanya gak di buka dan masih Unread.

Kondisi seperti ini harus diubah, kesan berantakan pada inbox kita akan memberikan gangguan tersendiri, dulu hal ini saya alami, inbox saya dari sekian banyak email, semuanya terisi dengan berbagai email numpuk terus tiap hari, dan akhirnya....

Saya memutuskan....

Untuk melakukan bersih2 email...masukin tong sampah (trash) semua email masuk yang gak kepake, yang belum di balas, saya balas satu2, dan langsung saya Archive (Arsip).....

Ternyata.....eh ternyata...

Efek yang gw alami dari kondisi ini sangat positif, rasanya inbox yang bersih dan kosong memberikan kesan damai, tenang dan puas.

Dan tentu sekali gw sangat merekomendasikan ini kepada kalian gaes....untuk segera membersihkan inobox email.

Ini hal sederhana yang gw lakuin untuk mengelola inbox email :

1. Jangan cek email anda setelah bangun pagi 
Usahakan untuk melakukan cek email berkala, jangan lakukan di waktu pagi. Lakukan lah setelah anda menyelesaikan 2 atau 3 jenis "to do list" utama anda. Karena sekali kita cek email di awal hari, kemungkinan untuk mengalami distraction akan sangat besar. Lebih baik dicek setelah aktifitas utama anda selesaikan. Saya biasanya cek email di siang hari, jam mau istrahat kerja. Kalian bagaimana? sesuaikan lah dengan aktifitas utamamu.

2. Ketika cek email langsung buat keputusan atas setiap email yang masuk
Dibutuhkan keberanian untuk segera membuang email dari inbox. Kalau :
- email spam atau junk : langsung buang ke trash
- email informasi dan itu sgt relevan menurut anda, segera tandai untuk dibaca nanti (flag) dan kemudian langsun Arsipkan.
- email yang butuh respon satu atau dua menit : langsung balas dan segera kosongkan dari inbox.
- email yang butuh follow up dan makan waktu : tandai pada reminder dan masukkan ke dalam "to do list" anda sebagai daftar baru, untuk nanti diselesaikan, buat jatuh tempo nya.

3. Saya hanya punya satu folder : Arsip
Semua email tak taro di folder arsip...hal ini memudahkan saya melakukan pengaturan. Kalau ingin buka email laam, tinggal search di Gmail, fitur ini sangat membantu sekali.

Inbox Email kalian masih berantakan : Segera lakukan pembersihan inbox, cek email secara berkala, lakukan action segera atas setiap email yang masuk atau tandai untuk dikerjakan nanti (masukkan ke dalam to do list) dan segera arsipkan.

Biografi Mania. Kumpulan Biografi Tokoh Inspiratif. Lengkap dan Gratis. Biografi orang-orang besar atau tokoh-tokoh dunia yang menginspirasi.