Do less | The Power Of Habit

Diberdayakan oleh Blogger.

Cara bersikap baik dengan rekan kerja di kantor

Siapa yang bersemangat ke kantor karena rekan kerja yang asik dann menyenangkan? Rasanya ke kantor itu seperti mau jalan2 bareng teman2, isisnya kerja dan tertawa.

Kalau kita mengalami hal seperti ini berarti lingkungan kerja kita bagus, cocok untuk karakter kita, dan rekan kerja mendukung.

Berbeda dengan rekan kerja yang kurang asik, isinya gosip mulu, gosip in si A lah, gosipin si B lah, gosipin si Bos lah, dan sebagainya. Memang menggosipin itu rasanya kyk kita yang paling benar, ibarat kata kita doang yang merasa benar dan orang yang kita gosipin itu kelakuannya salah semua (ya mungkin karna kita ngomongin dia di belakang ya, jd kita berani beranggapan paling benar).

Apa rasanya ke kantor dengan lingkungan gosip "everywhere" tiada hari tanpa gosip, yang ada energi kita terkuras lebih banyak utk hal2 negatif seperti gosip, bukan utk hal2 yang sifatnya produktif seperti kerjaan.

Saya tadinya suka ngomogin orang di belakang, menggosip karena kelakuannya yang menurut gw gak menyenangkan gw, atau merugikan gw, sehingga sering kali saya berusaha menjelek2 kan org tersebut kepada orang lain.

Dan saya menyadari hal ini bukan lah hal yang baik, karena efek yang saya rasakan adalah saya semakin membenci orangnya, padahal mkn tdnya cuma masalah sepele hanya masalah kerjaan yang kadang memang bikin hati jengkel, tapi sebenarnya kalau diatasi dengan hati dingin gak perlu ada konflik.

Akibat dari sikap seperti ini saya sering sekali ngalamin pusing kepala, asam lambung naik, maag kambuh, ditambah kerja pun gak semangat, apalagi kalau lihat orang nya kynya langsung pengen mengeluarkan amarah.

Perilaku seperti ini sangat buruk, tidak baik untuk kesehatan dan tidak baik utk kinerja. Saya memutuskan utk berhenti membenci orang tersebut, dan memulai bekerja secara profesional, berhenti ngomongin orang nya di belakang alias gosip.

Karena apapun ceritanya itu tidak bagus.

Jadi bagaimana menyikapi rekan kerja yang kurang asik :

1. Bekerjalah profesional
2. Bersikap lah baik
3. Jangan berprasangkan negatif, sebaiknya jangan dulu berpikiran negatif, usahakan utk tetap positif, karena kalau kita berpikiran positif, tindakan kita pun akan mengikuti pikiran itu, perilaku kita pun jadinya positif.
4. Jangan ngomongin dibelakang (gosip), kalau orang lain sudah mulai ngomongin orang tersebut, sebaiknya tinggalkan percakapan itu, gak usah ikut2an, stop gosip.
5. Fokuslah pada pekerjaan anda, jangan melakukan manuver2 yang gak jelas untuk menjatuhkan rekan mu, tapi berilah dukungan buat dia walaupun mkn dia tidak secara langsung merasakan, dukunglah dengan cara2 profesional.

Tips ini saya berikan sesuai dengan pengalaman saya sendiri selama bekerja di kantor, pengalaman kita pasti berbeda2, tapi solusinya pasti sama.

Oke, semoga tulisan ini berguna buat kalian, seperti biasa terima kasih sudah mampir ke blog ini,

Kalian luar biasa...(K huruf besar)