Kemana Tujuan Anda Berlayar : Tetapkan Arahnya

Kalau saya ingin berangkat dari Medan ke Jakarta, berarti saya harus mencari moda transportasi yang arah dan tujuannya ke Jakarta. Berapa lama sampai di Jakarta itu tergantung moda transportasi yang saya gunakan.

Kalau mau cepat ya naik pesawat, dua jam sudah sampai di Jakarta. Naik bus juga bisa sampai di Jakarta tapi memakan waktu sampai 3 hari 3 malam. Naik Kapal juga demikian, tidak jauh berbeda dengan Bus, butuh waktu berhari - hari untuk sampai di Jakarta.

Dan yang jelas ke tiga moda transportasi itu memiliki tujuan yang sama, namu dengan kemampuan yang berbeda2, masing2 punya kelebihan dan kekurangan.

Sama hal nya dengan kita, apakah kita setiap hari beraktifitas dengan tujuan yang jelas. Apakah kita tau arah yang akan kita tuju di tiap bidang kehidupan kita.

Misal nya di dunia kerja, kira2 tujuan kita bekerja apa sih? apakah ada tujuan yang lebih besar dibalik pekerjaan yang kita kerjakan, atau malah sebaliknya, kita merasa sudah tiba di tujuan yang ingin kita raih.

Berikut ini adalah contoh peta arah yang ingin saya tuju :

1. Berat badan ideal dan kondisi badan tetap fit dan sehat (saat ini tulisan ini ditulis saya masih overweight, target saya tahun ini bisa turun 10 Kg, Current Weight 85 Kg)

2. Bisa terbebas dari segala bentuk hutang financial dan secara financial berkecukupan (target saya 5 tahun sudah bisa debt free).

3. Quit my current job, and become full time writer. Melakukan pekerjaan yang saya suka, berhenti menjadi karyawan, beralih menjadi pebisnis (terutama menulis). Saya ingin menghabiskan waktu lebih banyak untuk keluarga dan untuk hal-hal yang saya suka, sekarang waktu masih habis terpakai dengan bekerja di kantor dari pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore dari senin sampai dengan jumat.

Ke tiga hal di atas belum menjadi realita dalam hidup saya, semuanya masih dalam bentuk tujuan. Namun arah itu saya tetapkan dari sekarang sehingga tahu apa yang harus dilakukan di setiap aktifitas yang sedang saya kerjakan.

Dengan menetapkan arah yang ingin kita tuju, berarti kita menjadi tau seperti apa medan yang akan kita lewati atau kita hadapi di depan. Kita tahu apakah kita bisa melewatinya atau tidak dengan kapasitas (pengetahuan, skill atau keahlian, koneksi, cara bekerja dll) yang kita miliki saat ini.

Dengan demikian kita tau kapasitas mana yang harus diupgrade atau dikembangkan dan yang mana yang tidak perlu (ini yang paling penting).

Seringkali kita melakukan upgrading atau pembaharuan kemampuan diri, dengan mengikuti berbagai pelatihan, training, pendidikan di perguruan tinggi dan lain sebagainya.

Tapi pernah gak kita bertanya apakah kemampuan yang sedang kita upgrade ini selaras dengan visi kita, atau malah sebenarnya berbeda dengan visi.

Ilustrasi :
Misalnya pak Joko adalah seorang petani kopi, yang aktifitas utamanya adalah bertani kopi seperti menanam tanaman kopi, memupuk, merawat tanaman kopi hingga bisa dipetik dan dijemur untuk dijual ke pasar, dan mendapatkan uang hasil penjualan kopi. Begitulah kira2 aktifitas rutin pak Joko setiap hari. Pak Joko pun bermimpi bagaimana usaha kopinya ini bisa bertumbuh terus dan semakin besar.

Karena dengan kopi yang banyak dan berkualitas, berarti pak Joko bisa menghasilkan uang yang banyak untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya.

Di sisi lain Pak Joko memiliki lingkungan dengan komunitas profesi yang variatif, beliau akrab dengan masyarakat di lingkungannya yang berprofesi seperti pedagang kayu, pedagang jagung, petani kayu, petani padi, tukang, pegawai negeri sipil dan lain sebagainya.

Kadang kala disaat ngobrol-ngobrol dengan mereka, Pak Joko ditawarin bisnis yang lebih menggiurkan dan lebih menjanjikan dibandingkan bisnis Kopi. Namun pilihan yang sudah ditetapkan pak Joko untuk menjadi seorang petani Kopi yang sukses, akan dengan yakin menolak ajakan tersebut.

Dengan demikian Pak Joko tidak terombang - ambing dengan berbagai penawaran menarik di dunia luar, dia hanya fokus dengan mimpinya, dan fokus untuk mengembangkan diri hingga mimpi itu menjadi kenyataan.

Apakah kita seperti pak Joko?

Biografi Mania. Kumpulan Biografi Tokoh Inspiratif. Lengkap dan Gratis. Biografi orang-orang besar atau tokoh-tokoh dunia yang menginspirasi.