Mengubah Kebiasaan Sepele : Cuci Tangan Sebelum Makan

Menciptakan kebiasaan baru memang tidak mudah, karena kita harus merubah sesuatu yang sudah biasa kita lakukan dalam jangka waktu yang lama menjadi sebuah aktifitas baru dalam keseharian kita, tentu ini bukan hal yang mudah (kalau merubah aktifitas baru di dalam sebuah program komputer hal ini mungkin mudah yah, walaupun mungkin akan banyak parameter lain yang juga harus di ubah).

Contoh aktifitas yang sudah menjadi kebiasaan kita : Tidak mencuci tangan sebelum makan.

Apakah anda adalah seorang yang kalau mau makan cuci tangan dulu, atau anda adalah tipikal yang melihat makanan tanpa pikir panjang langsung ngembat makanan, kalau saya tipikal nomor dua.

Kebiasaan ini menurut saya kurang bagus, dan perlu diperbaiki. Memang kelihatannya sepele tetapi dampaknya bisa sangat besar terutama bagi kesehatan kita. Bayangkan benda yang kita pegang sehari- hari banyak yang sudah kotor contohnya : keyboard komputer kerja di kantor, dompet, ikat pinggang, tas, handphone, yang semuanya kita pake dalam keseharian.


Berapa banyak kuman atau bakteri yang masuk ke tubuh kita melalui tangan, belum lagi bakteri atau kuman yang ada di dalam makanan, berarti berlipat2 dong kuman yang masuk. Efek yang biasa kita alami pada umumnya langsung terasa di perut, perut langsung mules dan bisa2 sampai terkena diare.


Pola kebiasaan seperti ini bisa berdampak besar, misal saja kita hendak mengikuti tes kerja, dan pada hari H, perut kita mules sehingga harus bolak balik ke toilet, dan akhirnya tes kerja yang kita ikutin pun tidak berhasil karena selama ujian tidak bisa konsentrasi. Padahal perusahaan ini adalah perusahaan yang sangat kita idam2 kan, dan akhirnya harapan pun sirna karena kesempatan kedua belum tentu ada. Hal ini terjadi hanya karena kebiasaan sepele yang tidak kita perbaiki.

Silahkan anda perhatikan lagi, kebiasaan2 sepele anda sehari-hari, dan coba lakukan perubahan, pilih satu kebiasaan dan lakukan perubahan selama 30 hari hingga perubahan tersebut menjadi sebuah kebiasaan baru. Contoh kebiasaan sepele lain yang perlu kita ubah adalah menghapus tumpukan inbox email yang berantakan.

Biografi Mania. Kumpulan Biografi Tokoh Inspiratif. Lengkap dan Gratis. Biografi orang-orang besar atau tokoh-tokoh dunia yang menginspirasi.