Mengubah Pola : Semoga Berhasil

Setiap kita pasti punya pola masing2 di setiap aktifitas yang kita kerjakan, pola makan, pola tidur, pola kerja, pola sosialisasi, dan pola pola lainnya.

Pola makan misalnya, aktifitas makan adalah aktifitas yang dimiliki oleh setiap kita, tapi pola nya beda2. Ada orang yang pola makannya teratur, misalnya setiap pagi sarapan, makan siang, tapi gak makan malam. Ada juga yang pola makan nya tidak teratur, selama ada makanan, makan mau kenyang mau lapar makan terus, ini namanya makan blong (rem blog).

Terbentuk dari kebiasaan sehari2, bukan terjadi dalam waktu yang singkat, pola makan adalah hasil dari kebiasaan2 makan sehari2.

Sudah kah kita menyadari dan memahami pola hidup kita, entah itu dlm hal makan, kerja, apapun deh, pernah gak kita bertanya apakah pola hidup gw sudah benar atau masih perlu dilakukan koreksi (peninjauan ulang), atau perlu mengganti pola.

Yang ini wajib ! (pesan sponsor)

Nah, memahami dan menyadari pola hidup perlu kita lakukan. Saat ini saya sedang mengubah pola hidup, saya ambil satu yakni pola olahraga.

Selama ini saya melakukan aktifitas berolahraga dengan pola yang tidak teratur. Berolahraga hanya karena pengen, misalnya pengen main futsal, ya ikut tanding ama kawan2, kalo lagi gak pengen, ya itu mager (malas gerak) dan banyak ngemil (ke indomaret beli es krim, abis itu beli gorengan di depan indomaret).

Ternyata efek dari pola olahraga yang saya alami adalah berat badan naik drastis, badan rasanya membesar seperti Hulk (cuma warna gak berubah jadi ijo), dan semua baju yang ada di lemari rasanya kok mengecil, karna di badan sudah gak sesuai ukuran lagi.

Karena efek inilah saya mencoba memahami faktor kenapa nya, saya bertanya kepada diri saya sendiri, apa yang telah saya lakukan dlm keseharian hingga efek nya menjadi begini? Pertanyaan ini terus terngiang di kepala, hingga akhirnya saya menyadari ternyata pola hidup saya lah yang menjadi penyebab utama nya, bukan indomaret atau penjual gorengan tadi.

Oke, saya harus berubah jeng...jeng....berubah...(gerakin tangan ke atas dan kesamping)...:)

Saya bertekad untuk merubah kebiasaan itu, saya mencoba mengubah pola olahraga dan pola makan, sebenarnya itu cuma satu pola, karena olahraga dan makan sangat berkaitan, efek satu sama lain sama, hanya itu.

Sampai dengan tulisan ini saya biat, saya sudah hampir seminggu melakukan perubahan, tiap pagi saya bangun pkl 4 subuh, dan pakai sepatu untuk lari pagi di keliling komplek (awalnya cuma 5 putaran), sekarang saya sudah bisa 15 putaran setiap pagi.

Kemudian pola makan, selama ini saya makan gak teratur, makan tanpa mikir, ada makanam embat (kunyah sampe habis), kebiasaan ini pun berujung saya sakit maag, yg menurut saya ini adalah penyebab utama maag.

Belum lagi jenis makanan yang saya makan, semua jenis makanan masuk, apalagi nasi, kalo kata orang indonesia, makan tanpa nasi itu rasanya kayak belum makan, begitu jg dgn saya, kalo makan nasi gak nambah rasanya kayak belum makan juga.

Saya akhirnya memutuskan utk mengubah pola makan, dengan bantuan istri yang baik hati, saya minta setiap pagi dimasakin sayur yang banyak, lauk secukup nya dan nasi sedikit.

Ke kantor pun sama, biasanya saya makan siang di warung2 dekat kantor, sekarang saya ganti, setiap pagi saya bawa bekal makan ke kantor yang isinya nasi (dua sendok makan), sayur (banyak), dan lauk (secukupnya).

Kedua pola itu sekarang saya ubah secara perlahan, baru seminggu sih, tapi efek nya sudah terasa, badan rasanya lebih fit dan lebih ringan.

Apakah kalian sudah memahami pola hidup kalian sehari-hari, kalau belum pahamilah dan coba cek adakah yang perlu diperbaiki. Kalau sudah, lakukan perbaikan dan pengembangan, hingga menjadi kebiasaan yang baik.

Memperbaiki pola hidup dapat anda terapkan di setiap sisi kehidupan anda, saran saya, perbaiki dulu satu jenis pola hidup anda hingga berhasil, setelah itu lakukan perbaikan pada pola yang lain...

Oke, seperti biasa terima kasih telah berkunjung ke situs ini dan membaca postingan ini sampai selesai...semoga bermanfaat yh

Kalian luarbiasa....(K huruf besar).

I write about productivity, habits, decision making, programming, writing and personal finance. What It Takes To Be Free.