Do less | The Power Of Habit

Diberdayakan oleh Blogger.

Menulis lah sebanyak - banyaknya

Banyak orang merasakan sulit untuk menulis, dan saya sendiri pun pernah merasakannya. Tapi setelah melewati beberapa kesulitan ternyata cara untuk bisa menulis adalah dengan menulis terus menerus seumur hidup.

Menulis apapun itu, novel, buku atau literasi, semuanya butuh pengalaman dari latihan menulis sebanyak - banyaknya.

Semakin banyak kita berlatih maka semakin banyak pula pengalaman yang kita dapatkan, yang membuat kita makin terbentuk, semakin menyerupai penulis impian kita.

Banyak penulis pemula yang berorientasi kepada hasil, mereka berusaha membuat tulisan yang sedemikian rupa supaya tulisan tersebut laku di jual atau banyak penggemarnya. Tapi ternyata kalau kita terlalu fokus kesini maka kualitas tulisan kita semakin tidak baik, malah kalau dibaca terkesan seperti dimake over gak original.

Saran saya bagi para penulis pemula, perbanyaklah menulis, perbanyak jam terbang anda. Gunakan semua sumber yang anda miliki untuk mengulas banyak hal, seperti menulis tentang makanan, liburan, pendidikan, musik, cerita fiksi, cerita fakta, politik atau apapun itu. Semua jenis tulisan tersebut akan mengasah kemampuanmu, dan kamu pun akan menemukan genre yang sesuai dengan minat menulismu.

Oke itu saja tulisan saya hari ini, semoga bermanfaat yah guys, terima kasih.