Do less | The Power Of Habit

Diberdayakan oleh Blogger.

Pilih untuk "Single Task" dan lakukan secara konsisten

Banyak hal yang ingin kita kerjakan dan ingin kita capai dalam satu kurun waktu tertentu, tapi perlu diingat hanya satu hal yang bisa kita selesaikan sendiri dalam satu waktu tersebut. Lain hal kalau anda punya anak buah dan punya tim tentu banyak pekerjaan yang bisa rampung dalam waktu yang bersamaan.

Kali ini saya tidak akan membahas tentang bagaimana bekerja dengan tim atau dengan anak buah, saya hanya mau berfokus ke satu hal yaitu cara kita bekerja atau cara kita menyelesaikan "To Do List" (TDL) kita dengan efisien.

Sebelumnya ada tiga poin penting yang perlu kita ketahui mengenai daftar tersebut, yaitu :

  1. Daftar ini merupakan daftar yang kita susun berdasarkan prioritas, yang disusun berdasarkan tingkat urgensi dari masing - masing list.
  2. Daftar tersebut harus berisi tentang hal yang paling penting "Most Importan Thing" (MIT), tiap list memiliki pengaruh paling besar dalam hidup anda.
  3. Daftar ini juga harus berisi tentang sesuatu yang ingin kita raih dalam jangka waktu yang panjang, bukan short term, tapi long term goal.
Ketiga poin tersebut di atas wajib menjadi dasar dalam pembuatan TDL anda, jika belum, segera lakukan perubahan, pilih kembali TDL anda yang sesuai dengan goal mu.

Saya anggap kalian sudah memiliki TDL sendiri dan sudah dengan konsisten menuliskan nya setiap hari di dalam agenda anda, dan daftar itu tentu lebih dari satu, mugkin ada 5 (lima) atau lebih, dan itu tidak masalah sejauh anda sanggup menyelesaikannya.

Nah, daftar tersebut hanyalah sekedar daftar kosong, kalau tidak dikerjakan maka gak ada gunanya dan hanya membuang - buang waktu saja. 

Tapi menuliskan daftar sebenarnya sudah 20% pekerjaan sudah selesai, tinggal menyelesaikan 80 % nya yang perlu anda lakukan supaya pekerjaan tersebut rampung dan selesai. 

Tapi kalau mau dikerjakan mau pilih yang mana dulu yah? Yang no 1 penting, no 2 penting juga, no 3 sama, nomor 4 sama juga, nomor 5 ya lumayan penting sih.

Jadi yang mana duluan dong? mencoba mengerjakan nya secara paralel, mengerjakan no 1 dan no 4 sekaligus. Berusaha fokus ke no 1, tapi tidak bisa karena teralihkan dengan hal lain di no 4, demikian kejadian ini terus berulang - ulang sampai Asian Games selesai, alias hasilnya pun gak maksimal, bahkan dua - duanya tidak menghasilkan apapun. 


Apa penyebab kejadian ini gaes? Ada yang tau kah, sebenarnya kalian pasti tau, tapi mungkin tidak menyadarinya. 

Jawabannya adalah tidak Fokus, padahal kalian sudah berusaha mengerjakan, energi dan waktu sudah habis, tapi tetap aja gak ada hasil! Trus gimana dong, apa yang harus dilakukan? Solusinya apa? Cara ampuh mengatasi ini apa dong ? 

Hanya satu solusi paling ampuh untuk menyelesaikan masalah ini yaitu stop multitasking, berhenti lah untuk mengerjakan banyak hal secara bersamaan.

Oke mungkin sudah kebiasaan atau anda sudah terbiasa multitasking, tapi saya percaya output yang anda hasilkan tidak akan sehebat jika anda single task. 

Dengan single task, artinya anda fokus kepada satu hal, perhatian serta tenaga yang dimiliki fokus tertuju ke satu task itu saja, dan hasilnya pun akan sangat menggembirakan gaes, percayalah.

Trus bagaimana dengan daftar lain, tenang, kalian masih bisa menyelesaikannya dengan sisa waktu yang ada, dan selalu ingat, selesaikan lah satu per satu, hasilnya akan lebih maksimal, dan waktunya pun akan lebih cepat. 

Dengan cara ini, kualitas anda akan meningkat,produktifitas pun mengikuti. Terhindar dari stress berkepanjangan karena kerjaan sudah beres. 

So, never do multitasking for better output. Just do single task with consitency.

Terima kasih, kalian luarbiasa.