Menulis juga butuh jam terbang dan pengalaman

Menulis merupakan suatu cara yang dilakukan untuk mengalihmediakan sesuatu menjadi ke dalam bentuk tulisan yang dapat dibaca, dimengerti, dilihat, dan dirasakan oleh siapapun penulisnya.

Menulis merupakan hal yang penting di berbagai industri, di dunia pendidikan, dunia perkantoran/profesional maupun dunia hiburan, ada banyak kebutuhan disana, industri tersebut membutuhkan orang - orang yang bisa menulis dengan baik.

Bagaimana cara memulai menulis? 

Kalau anda masih pemula dalam menulis, jangan takut dan jangan panik. Semua pemula memang ya begitu, pengennya langsung bisa mengeluarkan tulisan - tulisan hebat, tulisan - tulisan yang spektakuler.

Tapi ternyata cara kerjanya bukan begitu teman - teman, menulis itu butuh waktu, butuh jam terbang, butuh pengalaman, dan juga butuh variasi tulisan yang banyak. Ibarat pelari marathon, tidak ada pelari marathon yang muncul langsung sebagai pelari hebat yang mampu berlaku puluhan kilometer tanpa adanya jam terbang lari yang banyak.

Menulis lah satu kalimat terlebih dahulu, gak perlu langsung menulis banyak - banyak, cukup satu kalimat habis itu selesai, lakukan secara rutin setiap hari. Dengan sedikit - demi sedikit lama - lama pasti akan menjadi bukit.

Mengapa kita menulis teman - teman?

Ada banyak jawaban atas pertanyaan ini, namun yang perlu kita perhatikan dengan seksama adalah menulis lah dengan Why yang jelas, jangan menulis karen ikut - ikutan, tapi menulis lah dengan pertanyaan Why dan jawaban yang jelas.

Mengapa kita menulis ? jawabannya adalah karena kita suka, dan karena kita ingin menuangkan ide - ide atau imaginasi kita ke dalam wadah yang disebut dengan tulisan. Sebaiknya jawaban ini lah yang harus menjadi dasar kita menulis.

Kapan saya harus menulis

Menulis dapat kita lakukan setiap hari, dalam setiap waktu - waktu yang bisa kita atur. Kalau teman - teman ingin menulis dengan baik, sebaiknya alokasikan waktu tertentu untuk menulis. Dan lakukan bloking atas waktu tersebut. Fokuskan diri dan pikiran anda untuk menulis di waktu yang sudah teman - teman tetapkan, hiraukan gangguan yang sifatnya tidak urgent. Dan mulailah menulis, tuliskan saja apa yang ingin anda tulis, lakukan dengan cara nge flow atau mengalir.

Sekian dulu tulisan kali ini ya teman - teman, semoga bermanfaat, terima kasih.

Biografi Mania. Kumpulan Biografi Tokoh Inspiratif. Lengkap dan Gratis. Biografi orang-orang besar atau tokoh-tokoh dunia yang menginspirasi.