3 Strategi belajar yang dipake orang bego agar cepat jadi orang jenius

Dulu sewaktu duduk di bangku SD, seingat saya dulu saya itu sering diomelin guru karena katanya saya susah menangkap isi mata pelajaran yang diajarkan. Setiap kali guru mengajarkan pelajaran di depan kelas, saya tidak begitu suka memperhatikan pelajaran yang diajarkannya, yang ada saya malah mengganggu teman sebelah, ngajak ngobrol, lebih banyak mainnya daripada mendengar guru (belajar) di depan kelas.

Saya hanya berpikiran kalau ujian nanti saya hanya perlu menghafal supaya bisa lulus gak perlu belajar serius di kelas, alhasil dengan gaya belajar seperti ini catatan rekor saya pun gak pernah bisa  mendapatkan nilai bagus, apalagi memahami dengan benar pelajaran yang diajarkan guru, ah sudah lah parah pokoknya, skor yang saya capai hanya cukup lulus doang.

Gaya belajar yang hampir dimiliki oleh semua siswa di sekolah, mulai dari SD, SMP dan SMA, gaya belajarnya sama yaitu menghapal isi buku tanpa harus memahaminya, karena dipercaya teknik ini merupakan teknik paling jitu di jamannya (sekitar tahun 1998 ke tahun 2000an).

Sekarang saya mencoba memahami fenomena ini, dulu secara tidak sadar kita diajarkan untuk berusaha mencari nilai yang baik dengan cara menghapalkan semua pelajaran - pelajaran yang ada. Bukan dengan memahami dengan baik dan benar pelajaran yang diajarkan (mungkin karna gaya mengajar gurunya juga gak begitu menarik kali ya). Tapi apapun itu memang dulu dipercaya dengan menghapal kita bisa mengerjakan soal - soal ujian. Dan ritual ini pun berlangsung dari generasi ke generasi, semua siswa jadi raja dan ratu hafal.

Semingu sebelum ujian biasanya sudah menghafal, memang sih kadang teknik ini berhasil untuk mendapatkan nilai bagus apabila persiapan ujiannya jauh - jauh hari, tetapi disisi lain yang sering terjadi adalah setelah ujian pikiran kita secara otomatis (tidak sadar) langsung menghapus semua memori hafalan tersebut, hingga habis tak bersisa, dan akhirnya tak satupun dari kita yang paham betul dengan pelajaran yang ada, hasilnya nihil, sehingga kita pun gak pernah jadi orang yang benar - benar pintar dan benar - benar mengerti pelajaran di kelas. jadi sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana caranya supaya menjadi orang pintar ?

3 Strategi belajar yang dipake orang bego agar cepat jadi orang jenius

Berikut ini adalah tips dari saya, untuk teman - teman yang ingin menjadi pintar dan paham dalam setiap proses pembelajaran yang sedang kalian jalani :

  1. Selalu mulai dari kata "Mengapa ?" : Mulailah dengan konsep Why atau mengapa, misalnya mengapa mobil bisa bergerak, maka akan muncul jawaban karena mobil memiliki mesin penggerak, mengapa mesin penggerak bisa menggerakkan mobil ? karena mobil memiliki sumber tenaga dari piston, mengapa piston bisa memberikan tenaga ? oh karena ada pembakaran, mengapa pembakaran menghasilkan tenaga, oh karena dimampatkan di ruang bertekanan tinggi. Lanjutkan terus, mengapa, mengapa dan mengapa, hingga anda benar - benar menguasai jawaban dari mengapa mobil bisa berjalan. 
  2. Ketika kamu mempelajari sesuatu, pelajari lah hingga kamu dapat menjelaskannya kepada anak - anak : Belajar untuk menjelaskan, setelah anda pelajari, setelah anda pahami cobalah untuk mulai menjelaskan, cobalah untuk mulai menjabarkan dengan bahasa yang sederhana, seperti menjelaskan kepada anak - anak. Tentu jika anda mampu menjelaskan dengan bahasa sederhana, berarti anda sudah paham dan sudah mengerti betul apa yang anda pelajari. Supaya bisa menjadi lebih ahli akan hal yang sudah anda pelajari, maka mulai lah mengajarkannya kepada orang lain, semakin anda bisa mengajar maka anda akan menjadi semakin ahli.
  3. Daripada menghafalnya, lebih baik cari penjelasan yang membuatnya semakin jelas : Jika terdapat hal yang tidak anda mengerti mengenai sesuatu yang sedang anda pelajari, lebih baik cari terus WHY nya, cari penjelasan yang lebih detail dan lebih mudah dimengerti, hingga anda benar - benar paham WHYnya, ingat yah jangan dihafal. Dengan memaknai nya secara dalam, akan membuat anda paham benar dengan apa yang sedang anda kerjakan, dan tentu itu butuh waktu, tetapi setelah anda memahami, yang anda pahami tersebut akan terekam dengan baik dalam jangka waktu yang lama, sehingga membuat anda pun benar - benar menjadi jenius atau ahli di bidang yang sedang anda pelajari.
Ke tiga cara di atas merupakan cara yang ampuh, cara jitu, untuk menjadi orang pintar yang bisa memahami sesuatu dan terekam dalam kurun waktu yang lama, menempel kuat di pikiran kita menjadi pengetahuan yang tak bisa lekang oleh waktu. 

Semoga tips ini bermanfaat ya teman - teman, kalau ada komentar monggo follow ig saya di @ranap_sianturi, terima kasih.

Biografi Mania. Kumpulan Biografi Tokoh Inspiratif. Lengkap dan Gratis. Biografi orang-orang besar atau tokoh-tokoh dunia yang menginspirasi.