Do less | The Power Of Habit

Diberdayakan oleh Blogger.

5 Cara sederhana membangun aktifitas baru menjadi sebuah kebiasaan

Setiap hari terdapat puluhan bahkan mungkin ratusan rangkaian kegiatan yang kita lakukan setiap hari, mulai dari pagi bangun tidur hingga lanjut malam tidur lagi. Aktifitas tersebut antara lain seperti bangun pagi, olahraga, membaca, sarapan, mandi, menyetir, mengajar, menulis, ngobrol, tidur dan lain sebagainya.

Adapun daftar aktifitas tersebut sebagian besar kita lakukan berdasarkan kebiasaan kita sehari - hari, dan sisanya kita lakukan karena andanya faktor dari sebuah tujuan atau gol yang kita tetapkan. Apabila kita sudah terbiasa bangun pukul 05.00 maka setap hari kita akan bangun di jam yang sama, namun apabila kita menetapkan sebuah tujuan, misalnya besok pagi saya harus menghadiri meeting penting, jadi saya harus bangun pukul 04.00, maka besok pagipun saya bangun pukul 4 pagi bukan pukul 5 lagi.

Satu aktifitas terjadi karena kebiasaan, sementara satu lagi dikarenakan adanya tujuan atau sasaran. Dan apabila tujuan tersebut dihilangkan maka aktifitas yang muncul adalah kembali kepada aktifitas semula karena kebiasaan.

Aktifias manakah yang paling bagus untuk meningkatkan produktifitas? sebenarnya yang paling bagus adalah aktifitas yang didasari oleh sebuah tujuan, karena dengan tujuan yang jelas aktifitas untuk mencapai tujuan tersebut pun menjadi pasti, sehingga kita bisa lebih produktif. Namun kelemahan dari teknik ini adalah, apabila tujuan tersebut sudah tercapai maka kemungkinan besar kita akan kembali kepada kebiasaan - kebiasaan lama yang membuat kita kembali tidak produktif.

Aktifitas yang paling saya sarankan adalah aktifitas yang dibangun hingga menjadi sebuah kebiasaan, bangun lah sebuat habit (kebiasaan), sebuah aktifitas rutin yang sifatnya seperti sebuah bola yang diikatkan di sebuah tali ayunan, dan kalau bola tersebut digoyang, maka bola tersebut perlahan akan kembali ke titik nol atau tidik stabilnya. Artinya apabila di dalam diri kita sudah terbentuk sebuah kebiasaan maka ada atau tidak nya sebuah tujuan, kita akan tetap melakukan aktifitas biasa tadi.

Nah bagaimana caranya membangun sebuah kebiasaan ? berikut ini adalah cara saya membangun sebuah kebiasaan


  1. Fokus : Merupakan hal yang sangat penting dalam beraktifitas, bentuklah kebiasaan fokus, bekerjalah dengan full heart 100 %, menulis lah dengan sepenuh hati, belajarlah dengan sepenuh hati, pikiran jangan kemana - mana. Fokus lah pada pekerjaan anda, biasakan untuk mematikan notifikasi handphone, agar tidak mengganggu, gunakan hanya notif telp masuk saja, selebihnya dimatikan, sehingga anda bisa bekerja dengan fokus. Lakukan terus menerus hingga kebiasaan fokus menjadi habit anda.
  2. Mulai : Kebiasaan kita pada umumnya adalah menunda (karena paling gampang), dan hal yang paling sulit dilakukan adalah memulai, banyak sekali alasan untuk tidak memulai, nantilah, besoklah, ntar lah, kata - kata ini sering kita ucapkan sehinga pekerjaan kita banyak yang terbengkalai dan semakin banyak menumpuk hingga akhirnya asam lambung pun naik.  Mulailah hingga hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan baru di dalam diri anda. Ingat, kebiasaan yang harus anda bentuk adalah kebiasaan untuk segera memulai.
  3. Singkirkan : Membiasakan diri untuk membuang hal - hal yang tidak penting, ingat apabila anda memiliki terlalu banyak hal penting dalam hidup ini, maka semakin hari anda akan semakin pusing dan semakin stress. Biasakan diri anda untuk menyingkirkan atau mengurangi hal - hal yang tidak perlu. Pilihlah hal - hal yang penting saja, selebihkan singkirkan.
  4. Perlahan : Merubah sebuah aktiftas baru menjadi kebiasan yang baru bukan lah hal mudah, namanya kebiasaan ya harus biasa dilakukan, setiap hari setiap waktu. Anda tentu tidak perlu terburu - buru untuk langsung berubah menjadi seseorang yang hebat dan ahli di suatu bidang, lakukan saja perubahan dan perbaikan secara perlahan dan biasakan melakukannya setiap hari, hingga nantinya anda akan tiba di titik hal tersebut sudah menjadi kebiasaan baru anda dan andapun akan menjadi ahlinya.
  5. Perbaki : Ingat untuk tetap melakukan review, lakukan review atas setiap aktifitas yang telah anda kerjakan, review aktifitas harian anda, jangan takut gagal, kalau gagal perbaiki lagi, gagal lagi perbaiki lagi, hingga memperbaiki hal yang gagal pun menjadi kebiasaan baru anda, dan itu sangat bagus dalam jangka panjang.

Ke lima tips di atas merupakan tips wajib yang harus anda miliki di saat anda ingin membangun sebuah aktifitas baru menjadi kebiasan baru.

Saya sendiri mencoba menerapkan ini dalam membangun kebiasaan menulis untuk mencapai tujuan saya menjadi seorang penulis berkualitas, walaupun terkadang saya masih sering gagal melakukan aktifitas menulis. Masih banyak bolong - bolong nya, tetapi perbaikan senantiasa saya lakukan hingga menulis menjadi kebiasaan saya.

Selamat membangun kebiasaan baru teman - teman, semoga artikel ini bermanfaat.