Do less | The Power Of Habit

Diberdayakan oleh Blogger.

6 Tips cara kerja di kantor biar gak lembur yang gak pernah kita sadari

Masuk kantor dan bekerja dengan baik sudah menjadi kewajiban kita sebagai karyawan, bekerja dari pagi hingga sore. Bekerja dengan baik artinya adalah kita dapat mengerjakan berbagai jenis pekerjaan di divisi atau unit kita masing - masing dengan prosedur yang ada dan menghasilkan result yang berkualitas,

1. On time : Masuk kantor on time dapat menjaga mood positif anda saat kerja dan anda pun punya waktu yang lebih banyak untuk bekerja, namun jika anda telat masuk kantor, maka itu akan merusak mood anda, sehingga untuk memulai pekerjaan pun seolah badan dan pikiran sudah lelah.

2. Proaktif : Salah satu dari 7 Kebiasaan yang jadi catatan Steven Covey dalam bukunya 7 Habits Highly Motivated Peolpe adalah proaktif. Proaktif merupakan kebiasaan no 1 yang wajib kita lakukan dan kita kuasai jika ingin produktif, semakin anda proaktif maka pekerjaan andapun akan cepat selesai.

2. Rencana : Susunlah rencana kerja mu, jangan biarkan cara kerja serabutan menjadi gaya kerja anda. Bekerja na dengan rencana artinya anda punya strategi untuk menyelesaikan pekerjaan, untuk menyusun rencana yang baik mulailah ajukan pertanyaan ini : kapan mulai dikerjakan, dengan siapa dikerjakan, cara mengerjakan, kapan harus selesai, saya bisa apa aja untuk mengerjakannya, saya punya sisa waktu berapa lama untuk menyelesaikannya, dan hasil seperti apa minimal yang harus saya capai agar pekerjaan ini disebut selesai, apa aja risiko pekerjaan ini, bagaimana memitigasi nya, dan lin sebagainya. Teknik bertanya ini akan membuat rencana kerja anda semakin baik dan mudah untuk diselesaikan.

3. Daftar To Do List : Dari sekian banyak daftar kerjaan yang harus anda selesaikan, cobalah untuk membuat daftar To Do List dan menyusun nya berdasarkan urutan prioritas. Mulailah mengerjakan nya dari daftar prioritasyang paling tinggi, prioritas utama adalah hal pertama yang harus segera anda selesaikan, yang lain biarkan menunggu antrian.

4. Perfeksionis: Kesempurnaan bukan lah milik kita, itu hanya milik yang Tuhan. Kerja memang perlu sempurna, tapi untuk segera menyelesaikan pekerjaan gak perlu harus sempurna dulu. Buat lah versi2 dari pekerjaan anda, versi 1.0 adalah versi yang harus segera anda selesaikan dan segera sampaikan kepada atasan anda untuk dapat segera direview, apabila ada masukan dari atasan maka langlah selanjutnya adalah membuat versi 1.1, dan seterusnya hingga anda merilis versi final. Telnik ini mengajarkan kita untuk segera menyelesaikan pekerjaan tanpa harus menunggu pekerjaan itu selesai dengan sempurna.

5. Fokus : Ketika anda bekerja fokuslah pada kerjaan anda, jauhkan hal2 yang menggangu fokus. Sebisa mungkin gunakan lah smartphone anda untuk bertelepon dan berWA an secukupnya selama jam kerja, diluar itu monggo ditunda dulu, nyinyir di sosmed, browsing, main game ditahan dulu ya.

6. Batasi waktu ngobrol : ngobrol dengan rekan kerja adalah hal yang wajib bagi anda sebagai mahluk sosial, tapi jangan kelamaan ngobrol mulu, kerjaan kapan kelarnya. Batasilah waktu ngobrol anda, jangan sampai anda dicap tukang ngobrol, dan kerjaan pun gak ada yang selesai.

Ke enam tips di atas sering tidak kita sadari sehingga kita berada di posisi kurang waktu untuk menyelesaikan pekerjaan kita padahal sebenarnya lebih dari cukup.

Kondisi ini sering memaksa kita untuk terus lembur agar kerjaan selesai, padahal tadinya kita sudah bisa pulang tepat waktu untuk bertemu dengan keluarga atau untuk mengerjakan pekerjaan lainnya.

Semoga tips di atas bermanfaat, salam sukses buat kita semua.