Do less | The Power Of Habit

Diberdayakan oleh Blogger.

9 tips harian cara asik menabung uang

Punya penghasilan banyak tetapi tidak pernah bisa menabung, apakah penghasilannya yang kurang gede atau pengeluarannya yang gede.

Kalau anda sudah bisa menghasilkan uang, maka satu hal yang perlu anda kuasai adalah bagaimana caranya menabung uang dengan konsisten. Menabung uang itu gampang - gampang susah, susah kalau kita menuruti keinginan, gampang kalau kita tidak mengikuti keinginan sendiri.

Kali ini saya akan memberikan tips mengenai cara mudah untuk menabung uang secara konsisten, yuk simak di bawah ini :

1. Your Money Rule : Bikinlah aturan keuangan anda sendiri, aturan yang anda bikin sendiri, metode ini bisa anda buat dengan metode yang anda sukai. Contoh : Kamis Kempes yaitu aturan keuangan dimana setiap hari kamis isi dompet harus dikempesin (dikosongkan) maksudnya jangan ada isi dompet (bukan dihabisin ya), kemudian hari kamis tersebut wajib menabung misalnya 50 ribu setor ke rekening tabungan terpisah, aturan ini anda lakukan dan lanjutkan secara konsisten, kalau gini menabung jadi asik dan gampang. Carilah aturan keuangan anda sendiri.

2. Lempar Dadu : trik ini bisa anda gunakan dikala anda pusing mikirin cara menyimpan uang, ambil dadu dan lempar dadunya di atas meja, nilai dadu yang muncul adalah nilai uang yang harus segera anda tabung, lakukan ini setiap minggu, percayalah tabungan anda akan nambah, dadu ku tabungan ku :).

3. Aturan 30 hari : Jangan sampai anda melewati bulan (30 hari) tanpa menyisihkan tabungan sepeserpun, dari penghasilan yang anda peroleh segera sisihkan uang anda dan tabungkan berapapun yang anda bisa, ketika sudah ditabung, maka jangan diutak-atik lagi rekening tabungannya, cukupkan lah diri mu dengan budget(anggaran) yang sudah anda rencanakan selama sebelumnya, gak boleh over budget harus ditahan gaes.

4. Daftar Belanja : tips ini sebenarnya sangat mudah namun kadang kita sering tergoda dengan barang-barang yang ada di supermarket. Kalau anda mau belanja bulanan misalnya, buatlah terlebih dahulu daftar belanja, kemudian ketika belanja, belilah barang sesuai daftar tersebut, jangan sampai anda membelanjakan barang lain di luar list sehingga pengeluaran jadinya yang bertambah, karena dengan demikian anda sudah over budget, dan akan mempengaruhi jumlah saving yang bisa anda sisihkan, lagi - lagi stick to the budget bro sis.

5. Berhenti Merokok dan Ngemil : Kalau anda perokok, berhentilah segera, merokok tidak baik untuk kesehatan, dan tidak baik juga untuk  keuangan, demikian halnya ngemil, sebisa mungkin dikurangi karena tidak baik juga untuk kedua2 nya. Uang untuk beli rokok dan cemilan dapat anda sisihkan dan segera suruh masuk ke rekening tabungan, asik kan (teori mah gampang, apalagi praktek).

6. Jual Barang Yang Tidak Kepake : berikutnya adalah berhentilah menyimpan barang - barang yang susah tidak anda pakai selama 1 tahun, jual dan hasil penjualan nya dapat anda tabung. Barang itu bisa anda jual di OLX, jual murah pasti cepat laku, daripada disimpan dan ditumpuk di rumah, yang ada jadi rongsokan dan gak kepake.

7. Bawalah Makan Siang Dari Rumah : buat kalian yang kerja nya di luar rumah, sebisa mungkin usahakan untuk membawa makan siang dari rumah, hal ini lumayan menghemat loh, biaya makan siang anda bisa ditabung dan bisa diinvestasikan nantinya.

8. Gambar Goal : ambil lah sebuah gambar yang mencerminkan impian anda, mencerminkan goal yang ingin dicapai ketika hasil tabungan dan hasil investasi berhasil anda selesaikan dengan baik. Misal nya gambar rumah impian, mobil impian, bisnis impian, target jumlah tabungan, target jumlah penghasilan per hari atau perbula atau apapun lah yang bisa memotivasimu setiap hari.

9. No Credit Card : kalau anda belum bisa menabung, paling tidak anda harus berhenti menggunakan kartu kredit untuk hal - hal uang tidak perlu. Tahan keinginan anda, utamakan kebutuhan pokok anda, selebihnya sebaiknya ditabung dan diinvestasikan.

Coba anda terapkan ke sembilan cara di atas agar keuangan anda semakin membaik.

Menabung adalah salah satu cara untuk mencapai kebebasan finansial di masa depan.
Kalau tabungan sudah miliaran, anda bisa bebas secara finansial, tinggal berinvestasi dimana - mana, dan menikmati hasilnya. Selamat menabung teman - teman.