Do less | The Power Of Habit

Diberdayakan oleh Blogger.

Sedikit Demi Sedikit Lama Lama Menjadi Bukit

Kata sedikit biasanya digunakan untuk menjelaskan jumlah sesuatu dalam porsi yang kecil. Sedikit perhatian berarti porsi perhatian nya kecil, sedikit kontribusi berarti porsi kontribusi nya kecil, sedikit pencapaian berarti porsi pencapaian nya juga kecil, semua kalimat tersebut adalah contoh padanan kata sedikit.

Sedikit Pencapaian mengambarkan nilai dari sebuah pencapaian yang jumlah porsinya kecil jika dibandingkan dengan porsi total pencapaian yang banyak yang bisa dicapai.

Menurut pemahaman saya, sedikit itu selalu berpadanan dengan banyak, kalau bekerja sedikit maka akan banyak hasil yang tidak berhasil, kalau bekerja banyak maka hanya sedikit hasil yang tidak berhasil.

Sesuatu yang sedikit akan sangat berdampak besar ketika zat sedikit tersebut bereaksi dengan sebuah zat lain yang saya sebut kebiasaan, hasil reaksinya adalah semakin anda membiasakan sesuatu tersebut sedikit demi sedikit maka hasilnya pun akan semakin banyak sampai membukit dalam jangka waktu tertentu.

Membangun kebiasaan lebih baik dan lebih efisien jika anda lakukan dengan cara sedikit demi sedikit, kenapa? karena anda tidak akan merasakan lelah sedikit pun tapi tetap bisa mencapai sukses.

Misalnya jika anda ingin menjadi pelari marathon, dan ingin menjuarai sebuah event marathon, maka yang perlu anda lakukan adalah dengan memulai membiasakan diri berlari sedikit demi sedikit.

Kalau anda tidak pernah lari sama sekali, maka untuk menjadi pelari marathon tentu akan menjadi sulit untuk dicapai, tetapi kalau anda sudah biasa lari maka untuk menjadi pelari marathon kemungkinan besar akan mudah dicapai.

Jadi yang membedakan pelari marathon dengan anda yang bukan pelari adalah kebiasaan lari, anda tidak biasa lari, sementara dia biasa lari.

Jika anda lari 2 KM dengan konsisten setiap hari maka anda sudah mencapai jarak 60 KM dalam waktu satu bulan, dan kalau disetahunkan anda sudah mencapai jarak 720 KM, bayangkan betapa jauhnya jarak yang sudah anda tempuh dalam waktu satu tahun, hanya dengan cukup berlari 2 KM sehari, bagaimana kalau kebiasaan itu berlanjut sampai 10 tahun? Amazing bro !

Berlari hanya 2 KM sehari tentu ini merupakan jarak tempuh yang sedikit, mungkin anda hanya butuh 15 menit untuk menyelesaikan 2 KM tersebut, sungguh sedikit waktu dan tenaga yang anda habiskan bukan? Apakah anda merasakan lelah yang berarti, saya jamin tidak, lelah anda tak seberapa berat, tetapi anda sudah dijalur dengan arah yang sedang menuju suatu titik yang sangat jauh berbeda dari titik anda saat memulainya, hanya saja anda tidak begitu merasakannya karena waktu dan tenaga yang anda habiskan hanya sedikit setiap hari. Tetapi dalam kurun waktu setahun atau dua tahun anda sudah jauh berbeda dibandingkan saat anda baru pertama kali memulainya.

Sekarang jika anda ingin mencapai suatu titik yang mungkin saja anda bisa menyebut titik tersebut sebagai sebuah titik pencapaian kesuksesan atau apapun itu, maka mulailah dari sedikit demi sedikit, hingga anda tidak sadar sudah mencapainya tanpa harus merasakan lelah dan letih sama sekali.

Bangun lah kebiasaan itu dalam hidup anda, hingga kebiasaan itu menjadi hal yang tidak dapat anda lepaskan dari dalam diri anda untuk mencapai sukses versi mu sendiri.

Pencapaian anda yang sedikit hari ini patut anda syukuri, karena jika dilakukan setiap hari maka dampak yang akan anda rasakan sangat luarbiasa amazing kalo kata orang bule.

Dengan kata lain pepatah kuno yang mengatakan sedikit demi sedikit lama - lama menjadi bukit adalah pepatah yang memang benar berdampak bagi kita yang menerapkannya, pepatah ini tidak perlu direvisi (karena hingga saat ini masih relevan).

Semoga artikel ini bermanfaat ya teman - teman, salam sukses untuk kita semua.