Do less | The Power Of Habit

Diberdayakan oleh Blogger.

Begini cara efektif menghindari kebiasaan menunda

Seseorang yang sedang bekerja dan melakukan penundaan atas pekerjaan tersebut biasanya awalnya dikarenakan adanya distraksi yang mengalihkan fokusnya.

Kebiasaan kehilangan fokus dan akhirnya akan menunda, akan menciptakan banyak sekali pekerjaan/aktifitas/kegiatan yang tidak selesai, sehingga pekerjaan semakin menumpuk dan semakin banyak.

Kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan kecil sekalipun menjadi sulit bagi kita, hal ini akan berujung kepada stress atau frustasi yang akut, sehingga produktifitas pun akan berkurang dan akan banyak pekerjaan yang tidak selesai.

Jadi apa yang harus anda lakukan supaya tidak menunda :

1. Daftar Pekerjaan : Catat lah semua pekerjaan dan aktifitas yang belum anda kerjakan, sebaiknya catat semuanya tanpa terkecuali. Untuk mempermudah saya biasanya mencatatnya di ms.excel karena fitur pengaturan data di ms.excel cukup mumpuni.

2. Satu dan Fokus : Dari sekian banyak daftar yang sudah anda catat tadi, sekarang ambil lah satu diantaranya yang bisa segera dikerjakan sekarang, dan segera mulai mengerjakannya, mulai aja dulu, pikiran anda jangan dulu memikirkan hal - hal yang belum terjadi, biasanya gitu udah kuatir duluan padahal belum dikerjakan.

3. Mulai 10 Menit : Buatlah tanda pengingat waktu di sekitar anda, bisa menggunakan jam tangan, kalau saya sendiri menggunakan widget clock yang ada di desktop ketika saya menulis. Widget clock itu menjadi acuan saya untuk mengerjakan pekerjaan yang sudah saya pilih selama 10 menit. Cukup 10 menit saja, itu artinya anda sudah bisa meraih sukses kecil yaitu bisa memulai dan mengerjakan pekerjaan anda dari sekian banyak daftar yang ada selama 10 menit, dan itu patut dirayakan.

4. Istirahat : Setelah anda menghabiskan waktu 10 menit, ambilah waktu sejenak untuk istirahat dan manfaatkan waktu itu sebaik mungkin.

5. Lanjut 10 Menit : Setelah rehat sejenak, sekarang adalah waktunya untuk segera memulai lagi memilih daftar pekerjaan yang sudah anda tuliskan tadi, dan segera mengerjakannya hingga 10 menit ke depan.

Lakukan ke lima hal di atas agar kebiasaan menunda anda hilang dengan sendirinya. Lakukan terus menerus, latih setiap hari, saya bisa melewati nya dengan baik, saya percaya kalian juga pasti bisa.

Semoga tips ini bermanfaat, terima kasih.