Kelola energi anda, bukan waktu anda

Pada umumnya sebuah perusahaan misalnya jasa konsultan, sangat membutuhkan time management yang tersusun dengan baik, sebagai acuan perusahaan untuk dapat meningkatkan kinerja perusahaan demi tercapainya target perusahaan selesai tepat waktu.

Memang sih time management sangat identik sekali dengan pelaksanaan proyek, itu adalah metode pengelolaan waktu dengan cara mengalokasikan sejumlah waktu tertentu dari kurun waktu yang ada untuk menyelesaikan tiap daftar pekerjaan dari sebuah proyek, dengan target dapat selesai hingga batas waktu yang disepakati (time line).

Bukan hanya perusahaan, disadari atau tidak kita sebagai individu juga memiliki time management sendiri. Mengatur jadwal harian, jadwal berangkat ke kantor, jadwal makan siang, jadwal meeting, dan jadwal harian lainnya.

Banyak orang menyusun jadwal harian pada buku catatan nya, berisikan berbagai aktifitas harian yang akan dikerjakan mulai dari bangun pagi hingga larut, semuanya tercatat disana, catatan ini menjadi semacam pengingat atau semacam acuan untuk orang tersebut agar bisa berdisiplin diri sehingga tidak ada daftar pekerjaan yang terlewatkan.

Teknik ini sudah umum sebenarnya, dan banyak orang tidak dapat menemukan kekurangan dari teknik manajemen waktu dalam buku catatan to do list ini. Bahkan saya sendiri melakukan ini dan tidak menyadari ternyata masih ada hal yang perlu di fine tuning terkait teknik populer ini.

Sebelum saya menunjukkan solusi untuk mengatasi ini, saya mau coba menjabarkan sedikit tentang apa kekurangan dari teknik ini.

Saya tanya dulu sekarang, pernahkah anda merasakan letih, capek, feel exhausting, tidak bersemangat, dan tidak punya energi sisa untuk melanjutkan pekerjaan yang sudah direncanakan sebelum nya? Pernahkah anda merasakan ah sudah lah, gak ada gunanya, capek gue? Padahal rencana yang anda buat rasanya sudah matang sekali, time management nya rapih, tetapi sekarang tiba - tiba gak bersemangat lagi, kenapa?

Atau malah sebaliknya banyak daftar yang anda selesaikan hari ini, banyak aktifitas yang sudah anda lakukan, kerjaan pun banyak yang selesai, tapi anda tidak merasakan letih yang berarti, malah energi anda seolah bertambah banyak, dan siap untuk lanjut ke list berikutnya, hanya butuh istirahat yang cukup sudah siap lanjut lagi.

Jadi sebenarnya masalah nya dimana sh?

Jika anda hanya fokus pada pengelolaan waktu saja, maka suatu saat anda akan tiba di titik jenuh, letih atau capek yang mengindikasikan anda sedang kehabisan energi, seperti di atas.

Ketika kehabisan energi, maka akan berdampak pada rusaknya pengelolaan waktu yang sudah anda rencanakan sebelumnya, akan ada jadwal yang tidak terpenuhi dan berujung pada rencana menjadi berantakan gak karuan.

Badan dan pikiran yang sudah capek, gak mungkin lagi bisa bekerja maksimal memenuhi tiap time line yang ada, butuh penyegaran, dan butuh relaksasi untuk bisa bangkit lagi.


Perasaan capek, letih, lesu dan habisnya energi ini dikarenakan tidak adanya energi yang kembali masuk menggantikan yang sudah dihabiskan.

Hal ini terjadi ketika time management anda dominan diisi dengan aktifitas yang gak begitu penting, aktifitas yang kelihatan nya penting padahal tidak sama sekali, maka energi anda hanya terbuang sia - sia, tidak mendorong munculnya energi baru masuk ke dalam diri anda.

Ada momen dimana ketika anda merasakan capek, tapi capek anda hilang begitu saja, dan anda merasakan adanya energi baru masuk ke dalam diri anda. Inilah momen dimana anda merasakan pekerjaan yang anda sudah lakukan tidak sia-sia, karena energi yang anda digunakan untuk hal penting (tidak dilihat dari besar kecilnya hal tersebut), hal yang sangat anda inginkan, dambakan dan impikan, bermanfaat bagi keluarga, bermanfaat bagi banyak orang, bermanfaat bagi organisasi, dan berdampak bagi jiwa anda, nah disanalah letak kunci utamanya.

Kunci utama agar anda tidak merasakan kehilangan energi secara sia-sia, yaitu mengisi waktu untuk melakukan hal-hal palig penting.

Pilihlah pekerjaan yang gak penting dan segera hapus semuanya itu dari daftar anda, fokuskan energi anda untuk hal penting saja, di luar itu katakan "no", karena anda harus hemat energi untuk melakukan hal penting lainnya lagi.

Dibutuhkan kemampuan untuk memilah mana pekerjaan yang gak penting dan mana yang paling penting, tentu saja harus dilatih setiap waktu.

Fokuslah pada pekerjaan yang penting saja, karena jatah rentang waktu yang anda miliki yang siapapun miliki terbatas, so don't waste your energy for something not important. Oke baiklah, sekarang anda sudah tau persis apa yang harus anda lakukan kan dan segeralah mempraktikannya. Itulah time management yang sesungguhnya yaitu dengan mengelola energi yang ada dengan mengambil keputusan untuk hanya berfokus pada pekerjaan yang paling penting saja.

Oke semoga penjelasan di atas bermanfaat, terima kasih.

Biografi Mania. Kumpulan Biografi Tokoh Inspiratif. Lengkap dan Gratis. Biografi orang-orang besar atau tokoh-tokoh dunia yang menginspirasi.

This Is The Newest Post