Tetap produktif walau di saat liburan

Di waktu liburan kita pasti banyak jeda waktu yang sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk bisa tetap produktif. Suasana liburan tetap asik, tidak terganggu, keluarga yang ikut liburan pun tidak merasa risi dengan kegiatan yang kita lakukan.

Menulis misalnya sebenarnya dapat anda lakukan disaat liburan, menulis dengan beberapa kalimat saja bisa dilakukan saat jeda-jeda waktu berlibur. Misalnya di restoran makan, anda dapat menulis satu dua kalimat sembari menunggu pesanan anda datang. Untuk menulis satu dua kalimat tersebut anda mungkin cuma butuh waktu lima menit selesai.

Photo by Cosmic Timetraveler on Unsplash
Ada banyak momen santai yang bisa anda gunakan untuk melanjutkan tulisan anda. Artikel ini saya buat ketika lagi nunggu adek ipar saya beli sesuatu ke Indomaret, di mobil sembari menunggu saya menyempatkan untuk menulis artikel ini, dan saya bisa menyelesaikan nya dalam waktu singkat.

Berikut ini adalah daftar contoh aktifitas produktif di waktu liburan :

1. Belajar bahasa asing : (contohnya saja belajar bahasa Inggris) juga dapat anda gunakan di sela - sela liburan, ketika bersantai sejenak daripada anda buka smartphone untuk memantau (kepo) status orang  lain, lebih baik sekarang anda manfaatkan waktu 10 menit anda untuk membaca artikel atau pelajaran tentang bahasa asing yang anda ingin pelajari.

2. Menyelesaikan proyek pribadi : Anda juga bisa sambil mengerjakan proyek pribadi anda di sela - sela liburan, menyempatkan diri 5 menit sd 10 menit waktu jeda liburan anda. Jika anda melakukan ini sehari 10 kali maka tanpa disadari 50 menit sudah dihabiskan untuk menyelesaikan proyek dan angka ini sangat signifikan.

3. Membaca buku : Waktu liburan merupakan waktu yang sangat baik dimanfaatkan untuk membaca buku, membaca memberikan pengetahuan baru, memberikan wawasan dan pemikiran baru yang berdampak kepada kemajuan pemikiran pembacanya. Buku merupakan jendela dunia, jendela kita untuk melihat sisi lain di dunia ini.

Kini membaca "buku" tidak lagi harus membawa buku kertas yang tebal di saat liburan, cukup dengan menyalakan smartphone dan buka aplikasi penyedia buku, langsung bisa membaca dimana pun kita berada saat liburan.

Contoh di atas merupakan contoh aktifitas yang bisa anda jadikan sebagai rujukan untuk mengisi waktu kosong liburan anda. Manfaatkan waktu liburan anda untuk berlibur dan tetap bisa produktif.

I write about productivity, habits, decision making, programming, writing and personal finance. What It Takes To Be Free.