Tips mengurangi stress akibat menumpuknya kerjaan di kantor

Mengurangi jumlah pekerjaan bukan lah hal mudah, kita ini pada umumnya secara gak sadar suka mengumpulkan pekerjaan yang justru bukan pekerjaan kita sendiri.

Seringkali kita malah fokus memperhatikan pekerjaan orang lain dibanding pekerjaan kita sendiri. Sibuk ngomongin orang with angry and jealous, and we are not proud if they are succed in their field, and sometimes we want them failed in their life, this is wrong guys! Dont do it.

Ada banyak ruang kosong yang kita isi dengan hal-hal yang gak penting, hal-hal di luar pekerjaan utama kita, yang sebenarnya kalau difokuskan pada pekerhaan utama bisa memberikan dampak besar bagi kita.

Photo by Annie Spratt on Unsplash
Kita tidak mampu memilah pekerjaan mana yang paling penting dan mana yang tidak, sehingga ruang kosong itu menjadi gak kelihatan karena kita tidak bisa berkata tidak atau tidak bisa menolak, yang ada malah menambah pekerjaan gak penting mengisi ruang kosong tadi.
Di saat kita memilih pekerjaan paling penting dan memahami dengan betul pekerjaan apa yang harus dikerjakan di kantor maka disaat itu sebenarnya kita sudah sampai di titik bebas dari tekanan pekerjaan kantor.

Berikut ini adalah cara dan tips mengurangi beban mental akibat tekanan pekerjaan di kantor :

1. Fully Understand, memahami dengan betul pekerjaan yang sedang anda kerjakan merupakan hal wajib. Banyak orang yang tidak paham benar dengan pekerjaan yang sedang dia kerjakan di kantor atau perusahaan tempat kerjanya, mereka sering sekali bekerja berdasarkan "apa katanya", bukan berdasarkan pedoman pekerjaan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Sehingga kinerjanya sering kurang baik dan tidak memenuhi standar yang ditetapkan oleh perusahaan, yang akhirnya menambah "tekanan" akibat kinerja kurang baik.

2. Reduce, kinerja yang baik di kantor tidak semata - mata dilihat dari jumlah banyaknya pekerjaan yang anda bisa selesaikan atau kerjakan. Apa guna nya anda mengerjakan pekerjaan begitu banyak, namun tidak ada efek "perlu" kepada perusahaan. Anda terlihat seolah super sibuk, tetapi sebenarnya tidak menghasilkan apapun kepada perusahaan. Kini saatnya anda mengurangi pekerjaan - pekerjaan yang gak penting buat perusahaan.

3. Eliminate, eliminasi berarti melakukan pemotongan proses yang tidak perlu, mengiliminasi proses yang gak ada manfaatnya. Eliminate akan memberikan efek efisiensi yang bagus, semakin banyak hal yang gak perlu yang anda eliminasi, maka akan semakin efektif lah penggunaan waktu anda dan akan semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan tepat waktu bahkan lebih cepat, dan tentunya berpengaruh pada tekanan yang anda rasakan secara perlahan semakin kecil.

4. Improve, sisihkan lah sebagian waktu anda untuk melakukan improvement, melakukan pengembangan terhadap cara kerja dan proses kerja dari pekerjaan anda saat ini. Improvement berarti adanya proses peningkatan kualitas dari proses dan cara kerja anda selama ini.

5. Collaborate, Upayakan lah untuk berkolaborasi dengan teman kerja anda sebisa mungkin. Kolaborasi adalah hal yang perlu sekali anda lakukan, kolaborasi akan membuat anda semakin dikenal dan semakin berpengaruh. Disamping pekerjaan anda yang semakin kaya akan kualitas, karir anda pun akan meningkat lebih cepat, dan pastinya akan meningkatkan pendapatan sehingga harapannya dapat mengurangi stress akibat pekerjaan.

6. Proactive, capek dan males sering sekali menjadi alasan utama bagi kita para pekerja kantoran untuk tidak proaktif. Padahal proaktif merupakan ruang kesempatan bagi kita untuk memperkenalkan siapa diri kita (kemampuan dan kualitas yang kita miliki) kepada orang lain, selain itu proaktif juga merupakan salah satu teknik bagi kita untuk membagi beban pekerjaan (secara langsung dan tanpa sadar) kepada orang lain.

7. Inovation, menemukan sesuatu yang baru merupakan bentuk inovasi yang sesungguhnya. Usahakan lah untuk berkreasi, menciptakan sesuatu yang baru, menciptakan konsep baru, model baru, dari pekerjaan yang anda kerjakan saat ini. Inovasi hanya dapat anda capai jika anda konsisten melakukan perbaikan demi perbaikan.

8. Monitoring, semua teknik di atas rawat lah dengan baik, lakukan monitoring atau pemantauan terhadap kinerja anda, kinerja yang baik diukur dari adanya angka growth atau pertumbuhan yang anda hasilkan baik kepada diri sendiri maupun perusahaan. Lakukan lah monitoring kinerja anda secara berkala, sehingga anda tau apa yang harus anda lakukan.

Semua tips di atas tidak mutlak mampu menyelesaikan beban pekerjaan anda di kantor, tetapi saya percaya ketika anda melakukan nya dan menjadikan nya sebuah gaya hidup maka anda pasti bisa melangkah jauh mendekat menuju kebebasan dan kesuksesan.

I write about productivity, habits, decision making, programming, writing and personal finance. What It Takes To Be Free.