Cara Membangun Percaya Diri dan Menjalani Karir Apapun Dengan Bangga

Rasa bangga merupakan salah satu hal penting dalam hidup kita ini. Rasa bangga lah yang akan membawa kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Kita menjadi pengusaha, menjadi karyawan, menjadi suami, menjadi istri dan ibu rumah tagga atau profesi apapun itu, apabila didukung rasa bangga maka kita akan menjadi pribadi yang sukses dalam menjalani profesi tersebut (sukses tidak semata-mata hanya memiliki banyak uang yah guys..).

1. Bangga Menjadi Diri Sendiri 
Internal Validation : Hal pertama adalah bangga menjadi diri sendiri, terhadap kemampuan diri anda sendiri, terhadap identitas diri anda. Kesuksesan maupun kegagalan ditentukan dan dimulai dari diri anda sendiri, semua berawal dari sikap kita. Kalau demikian berarti anda sudah yakin dengan diri anda sendiri yakin untuk menjadi pribadi yang anda inginkan saat ini dan masa depan.

Jika anda sendiri saja sudah tidak bangga dengan apa yang anda miliki saat ini, bagaimana mungkin anda bisa menyelesaikan pekerjaan atau membuat sebuah karya hebat yang membanggakan.

Mengapa percaya diri sangat penting, karena kita setiap waktu akan selalu dipertemukan dengan pribadi - pribadi yang hebat di luar sana. Pribadi dengan segudang prestasi, atau mereka dari lahir sudah menjadi "darah biru" kalau kata orang jaman sekarang.

Photo by Alev Takil on Unsplash
Photo by Alev Takil on Unsplash
Hal - hal seperti ini akan membuat kita sering merasa rendah diri, merasa kalah karena kita tidak memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan mereka yang dari lahir saja sudah hebat dan kaya.

Disini saya ingin tekankan bahwa sikap seperti itu harus segera anda hapus dari pikiran dan dari hati anda sesegera mungkin.
" No one can make you feel inferior without your consent. "
— Eleanor Roosevelt
#External Validation : Sekarang waktunya untuk anda tampil menjadi pribadi yang berbeda, pribadi yang bangga dengan semua keberadaan anda saat ini, dengan segala kelebihan dan kekurangan anda. Jangan pernah takut dan jangan pernah merasa bahwa anda tidak bisa mencapai kesuksesan, tentu sekali anda sangat - sangat bisa. Jadi, bangga lah dengan diri anda sendiri, mulai dari sekarang.

Orang di luar sana mungkin saja banyak yang memberikan kritikan kepada anda, kritikan - kritikan yang mematikan semangat dan bahkan sering sekali membuat anda menjadi putus asa dan lemah.

Jangan pernah percaya dengan opini orang lain tentang anda, semua kunci kepercayaan diri ada di dalam diri anda sendiri, tidak perlu opini orang lain untuk menjadikan anda sukses.

Hal ini terjadi karena anda terlalu mengharapkan pengakuan dari orang lain, pengakuan yang sebenarnya tidak perlu anda harapkan supaya anda bisa tetap maju dengan diri anda sendiri. Memang akan sangat berarti sekali jika sekitar kita mendukung dan memberikan pengakuan bahwa apa yang sedang kita kerjakan merupakan hal yang bagus dan hebat.


2. Bangga Dengan Profesi
Miliki kebanggaan atas profesi yang anda sedang geluti saat ini, kenapa anda perlu berbangga hari dengan apa yang sedang anda kerjakan ? Karena kalau bukan anda siapa lagi yang akan menghargai dan menjaga profesi tersebut menjadi profesi yang akan dihargai oleh orang lain.

Anda seorang guru TK misalnya, hargailah profesi anda, bangga lah terhadap profesi itu, hargai dan manfaatkan dengan baik setiap aktifitas terkait, dan rasakan kelebihan dan kekuatan dari profesi tersebut.

Tidak semua orang bisa mengerjakan profesi yang anda miliki saat ini, apalagi kalau anda benar - benar kompeten (berkemampuan lebih) di dalam nya.

Salah satu kunci agar kebanggan terhadap profesi muncul dalam pribadi kita adalah menjadi orang terbaik di dalam profesi tersebut. Ketika sedikit orang yang bisa menggapai titik yang sudah anda gapai saat ini dan anda berdiri disana sebagai satu-satunya pribadi yang bisa menggapainya, hebat bukan? tentu saja rasa bangga itu akan mengalir di dalam dirimu.

Untuk mencapai titik puncak profesi itu, kebanggaan harus anda mulai dari titik start sehingga anda mampu dan kuat menghadapi dan melewati setiap tantangan dari profesi itu.

Bagaimana mungkin seseorang berhasil menyelesaikan sebuah maha karya kalau dia tidak memiliki kebanggaan, rasa memiliki yang kuat terhadap profesinya, itu adalah hal yang mustahil.

Tetapi orang yang berhasil menyelesaikan maha karya nya sendiri, adalah orang - orang yang mencintai profesi nya, merawat kebanggaanya, mengembangkan kemampuan nya disana, dan selalu bangga dengan profesi itu, tanpa peduli dengan profesi orang lain yang mungkin saja lebih baik.

Perhatikan dan Kenali Tubuh Anda
Apakah profesi yang anda geluti saat ini memberikan efek positif bagi tubuh anda, kalau memang iya berarti anda patut membanggakan profesi tersebut. Karena profesi ini memberikan kebugaran dan kesehatan tersendiri bagi diri anda sendiri.

Kenali Pencapaian Anda
Pencapaian yang anda sudah raih di dalam profesi saat ini seberapa besar sih ? Ukuran yang digunakan untuk mengukur kualitas pencapaian anda adalah ukuran yang ada di dalam profesi itu sendiri.

Jangan gunakan ukuran profesi yang dimiliki oleh orang lain, tentu hal tersebut berbeda. Untuk mengukur kinerja seorang Guru tentu tidak sama dengan mengukur kinerja seorang arsitek ataupun musisi.

Pencapaian dalam profesi tersebut berbeda - beda, sekarang yang perlu anda pahami adalah bagaimana cara mengukur profesi anda saat ini, dan mulailah bekerja dengan keras untuk mencapai hasil sesuai dengan acuan yang ada dalam profesi tersebut.

Upayakan lah untuk selalu memberikan lebih daripada ukuran maksimal yang diharapkan oleh profesi itu kepada diri anda sendiri. Buat lah ukuran pencapaian diri anda minimal sebesar maksimal ukuran dari profesi yang anda miliki saat ini.

Kenali Emosi Anda
Emosi menjadi sangat penting dalam setiap profesi, apakah profesi anda saat ini menjadikan diri anda menjadi pribadi yang baik, ramah dan mudah menolong orang lain, atau sebaliknya menjadi pribadi yang tidak ramah, pemarah, emosional dan mudah tersinggung.
Notice Your Achievments, Notice Your Emotions.

3. Bangga Menuju Profesi Impian Anda

Tetapi tetap berdiri teguh dan kokoh di profesi yang dia miliki, hingga berhasil mencapai puncak dengan bangga melewati orang -orang yang hanya sekedar terjun di profesi tersebut. Hal tersebut menjadi upaya pertama anda untuk bisa mencapai karir atau profesi impian anda di masa yang akan datang.

Mugkin saja anda belum merasakan kebanggaan "tersendiri" di dalam profesi yang saat ini sedang anda tekuni, tetapi ada profesi lain yang anda ingin capai suatu saat nanti, dan dengan bangga anda berusaha dan berjuang keras untuk mencapai titik tersebut.

Ada mimpi yang anda banggakan, bukan cuma realita saat ini tetapi mimpi di masa yang akan datang mimpi yang ingin anda capai.

I write about productivity, habits, decision making, programming, writing and personal finance. What It Takes To Be Free.


EmoticonEmoticon