Ingin Gaji Gede, Gaya Kerja-mu Gimana Dulu?

Artikel ini buat yang masih kerja di kantoran, atau buat mereka yang masih bekerja untuk orang lain. Sama seperti saya sendiri saya pun masih karyawan dan saya tidak malu mengakui nya karena memang sampai saat ini saya belum berhasil menciptakan bisnis untuk diri sendiri (nanti kita bahas dalam topik yang berbeda ya).

Kerja dan di bayar begitulah kura - kura eh salah begitulah kira - kira kehidupan kita para karyawan ini, dan sungguh sangat memprihatinkan bagi sebagian orang yang dibayar kecil dan cukup bagi mereka yang dibayar lumayan tinggi.

Kerja dari pagi hingga sore atau kerja sesuai shift setiap hari, dan digaji sekali sebulan. Apakah ini sebanding dengan kinerja anda sebulan ? Jawabannya hanya anda yang bisa menjawab.


Kura - kura eh salah lagi kan, maksud saya kira - kira berapa gaji yang pantas anda dapatkan di tempat anda bekerja ? Apakah sesuai dengan gaji yang sekarang sudah anda dapat atau masih kurang ?

Kalau masih kurang, berapa kira - kira nominal yang anda inginkan ? dan layak kah anda mengajukan nominal sebesar itu kepada perusahaan ?

Apa yang harus kita lakukan sebelum menjawab pertanyaan - pertanyaan di atas, berikut ini adalah tips dari saya untuk membantu anda menjawab pertanyaan tersebut, tip ini saya susun sesuai dengan pengalaman kerja saya selama 7 tahun di perusahaan :

  1. Know What To Do : Tidak banyak orang yang tau apa yang harus dikerjakan di tempat kerjanya, kebanyakan orang mengerjakan pekerjaan yang sudah biasa dikerjakan dan kadang banyak orang bekerja hanya sebatas kerja, tetapi tidak tau persis sebenarnya sedang mengerjakan apa.
  2. Can Make Priorities : Apakah anda tau apa yang menjadi prioritas anda di tempat kerja sekarang ? Sudah kah memahami betul hal penting apa yang harus dikerjakan di kantor/tempat kerja anda saat ini ? Kalau belum, berarti mulai sekarang sudah harus mengerti hal mana yang menjadi prioritas utama dan hal mana yang tidak masuk prioritas. Semakin anda mengerti prioritas apa yang harus dilakukan, maka semakin efektif dan efisien jugalah proses kerja anda, dan output yang anda hasilkan akan terlihat lebih nyata.
  3. Tau Range Gaji : Ketika anda bekerja pada sebuah perusahaan, menduduki suatu posisi tertentu maka anda wajib harus tau persis berapa range gaji atau total bayaran yang dialokasikan perusahaan pada jenjang jabatan tersebut. Ketika anda tau maka anda pun bisa memperbaiki diri untuk bisa mencapai titik tersebut.
  4. Range Gaji Di Industri : Berapa range gaji atau bayaran karyawan yang setara dengan posisi anda saat ini di industri yang sama, informasi ini memang sulit dicari, tapi sebenarnya anda bisa melakukan pencarian sendiri.
  5. Gaya Kerja : Bekerja di kantor atau perusahaan tidak semata - mata hanya bekerja biasa saja dan menyelesaikan pekerjaan, akan tetapi anda harus memiliki ciri khas sendiri, ciri khas yang disukai oleh atasan dan orang lain di kantor. Gaya kerja adalah fashion anda, gaya kerja adalah template unik yang menggambarkan kecerdasan, leadership, pola pikir, jiwa dan kepribadian anda.
  6. Kontribusi : Bekerja giat dan semangat tidak cukup untuk kenaikan gaji dan jabatan anda. Kontribusi adalah faktor yang paling berperan terkait hal itu. Bekerja dengan gaya kerja sendiri tanpa memberikan kontribusi apapun jelas tidak adanya nilai plus. Bayangkan anda seorang bos dalam sebuah perusahaan, anda mengawasi semua kinerja perusahaan, mengawasi semua hasil kerja an bawahan anda. Dan tiba saatnya anda harus memberikan penilaian dan kenaikan gaji bagi karyawan anda. Maka karyawan mana kah yang akan anda pilih ? Apakah semua karyawan ? Oke bisa jadi semuanya tapi apa iya anda akan menambah fix cost yang sangat besar, iya kalau perusahaan anda memang untung besar, dan apa iya anda mau juga memberikan kenaikan gaji bagi karyawan yang tidak berkontribusi. Saya menjamin hanya karyawan - karyawan yang terpilih dan terbaiklah yang akan layak menerima kenaikan gaji dan jabatan, karyawan yang terpilih sebagai karyawan dengan kontribusi terbesar bagi perusahaan. 
  7. Perusahaan/Tempat Lain : Ketika kontribusi dan kinerja yang anda berikan kepada perusahaan sudah maksimal, dan banyak hal yang anda sudah berikan kepada perusahaan tetapi anda merasa tidak dihargai dan tidak diberikan apresiasi sesuai dengan ekspektasi anda, maka jangan berkecil hati. Tetaplah bekerja dengan kualitas yang sama, tetap tunjukkan kontribusi demi kontribusi, dan sembari anda mencari tempat lain yang lebih baik, karena anda layak mendapatkannya. Anda layak ditempatkan pada perusahaan yang menghargai kinerja anda. Jangan biarkan perlakuan perusahaan mengkerdilkan kemampuan anda.
  8. Be The Best : Kemampuan untuk menjadi orang yang terbaik di bidang yang sedang anda geluti memang tidak mudah. Tuntutan untuk menjadi yang terbaik akan selalu ada di dalam diri mereka yang berjuang. Untuk meningkatkan daya jual anda maka anda pun harus menjadi yang terbaik di bidang pekerjaan anda saat ini.
  9. Total Cost & Benefit : Ketika anda memutuskan untuk berpindah ke perusahaan lain maka sebelum memutuskan pindah, hitung terlebih dahulu total cost yang akan anda keluarkan dan total benefit yang bisa anda dapatkan.
  10. Uang Bukan Segalanya :  Ketika anda tau persis bagaimana mencapai tujuan hidup anda maka anda akan tau menyeimbangkan kebutuhan akan uang dengan sisi kehidupan anda lainnya. Sehingga memilih pekerjaan yang tepat tidak semata - mata karena pekerjaan tersebut menghasilkan uang.
Jadi, sekarang anda sudah bisa menjawab pertanyaan di atas, Apakah gaji yang anda dapatkan sudah sebanding dengan hasil pekerjaan yang sudah anda hasilkan.

Dan kalau jawabannya sudah, berarti sekarang anda hanya perlu meningkatkan kinerja dan menjaga kualitas kerja supaya bisa promosi. Kalau jawabannya belum, berarti sekarang anda harus menggali lagi potensi dan meningkatkan strength anda, sehingga daya jual anda meningkat dari sekarang.

I write about productivity, habits, decision making, programming, writing and personal finance. What It Takes To Be Free.


EmoticonEmoticon