Keagungan seseorang bukan dari kebringasan nya tapi lebih kepada buah pemikirannya

Menjaga kemuliaan berpikir dari seorang pemikir tentu bukan hal mudah ya. Bayangkan anda harus mempertahan kan ritme berpikir anda di dalam satu frekuensi yang sama sepanjang waktu.

Mempertahankan ritme berpikir atau tempo berpikir sama hal nya dengan menjadi diri anda sendiri dalam frekuensi yang konstan dan tidak berubah - ubah.

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari seseorang ketika kita berinteraksi dengan orang tersebut dikala dia lagi dalam kondisi santai, lagi stress, lagi happy atau lagi gak mood.

Ada satu benang merah yang bisa kita ambil yaitu frekuensi berpikirnya, apakah orang tersebut konsisten dengan ucapan nya.

Kondisi perasaan yang seperti apakah membuat dia merubah frekuensi pemikiran dan konsistensi hasil pemikirannya.

Photo by Artur Kraft on Unsplash
Untuk masyarakat awam atau rakyat biasa perubahan konsistensi berpikir seiring dengan kondisi perasaan nya menurut saya adalah hal yang dapat dimaklumi, karena rintangan kondisi ekonomi yang terlalu berat untuk dihadapi.

Tetapi kalau kondisi seperti ini terjadi pada para pemimpin bangsa, guru besar, pengusahawan, pemuka agama, pejabat serta pemangku jabatan pimpinan saya kira hal tersebut tidak lumrah. Tidak ada tantangan ekonomi dan kebutuhan pribadi disana, semua sumber daya ada dibawah titah nya.

Efek nya akan sangat berbeda, tentu jika dikaji dari sisi negatif nya hal tersebut akan sangat membahayakan, dan saya menyebutnya kebringasan.

Pemimpin (bidang apapun) yang memiliki sifat atau behaviour seperti ini patut dipertanyakan dan patut dikaji ulang kepemimpinan dan kebijakannya.

Dimana letak keagungan buah pemikiran kalau semua keputusan dan tindakan nyata hasil dari pemikiran nya tergantung kondisi perasaan atau hati nya.

Keagungan seorang pemimpin terletak pada buah pemikiran nya yang konsisten dan berada di frekuensi yang sama untuk tetap mendukung keadilan dan kebikan tetap berdiri teguh tanpa terpengaruh kondisi perasaan nya yang naik/turun.

I write about productivity, habits, decision making, programming, writing and personal finance. What It Takes To Be Free.


EmoticonEmoticon