Control and Collaboration

Saya sedang membangun sebuah proyek tentang sebuah artikel yang saya ingin artikel tersebut menjadi artikel yang bermanfaat bagi saya, bermanfaat bagi banyak orang dan berlaku sepanjang masa.

Saat ini konten tersebut masih saya kerjakan dan masih terus saya kembangkan hingga jadi konten yang benar - benar bermanfaat dan siap untuk di launching. Saya tidak mengejar kesempurnaan, saya yakin sebagus apapun konten yang akan saya hasilkan ini tetap pasti memiliki nilai kurang.

Namun terkadang saya merasa letih sendiri karena saya kadang kehilangan ide dan kehilangan konsep saat mengembangkan tulisan itu. Sehingga banyak waktu yang rasanya tidak maksimal karena kebanyakan mikir namun tidak menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk konten tersebut.

Saya memang punya kontrol 100 % atas konten yang saya bangun, tetapi karena saya sendirian maka kontrol 100% tersebut seolah tidak ada gunanya, karena kecepatan saya menuliskan konten menjadi sangat lambat. Disinilah letak kekurangan yang saya miliki sebagai seorang individu yang hanya mengandalkan kemampuan diri saya sendiri.

Alangkah baiknya jika saya melakukan kolaborasi dengan orang lain yang memiliki kesamaan pemikiran, tujuan dan cita - cita dengan saya.

Kolaborasi sesuai dengan kemampuan masing - masing, kolaborasi sesuai dengan keahlian yang dimiliki oleh masing - masing orang.

Justru dengan kolaborasi ini saya pikir, kemampuan dan kekuatan saya akan semakin teruji dan semakin bertambah, dan akan jauh melebihi kemampuan individu yang saya miliki.

Input dari teman yang berkolaborasi ada, kontrol dari teman yang berkolaborasi pun ada, demikian sebaliknya, saya juga memiliki kontrol dan bisa memberikan input terhadap konten yang sedang dibangun.

Sungguh kolaborasi merupakan cara paling mudah dan paling bagus untuk mencapai tujuan dan untuk mencapai goal yang kita tetapkan. Semakin banyak orang yang ahli kita temui dan kita berkolaborasi dengan mereka, maka akan semakin banyak pula lah input yang bisa kita jadikan masukan untuk membangun sebuah konten yang bernamfaat bagi banyak orang.

Photo by Mimi Thian on Unsplash
Kolaborasi tidak menghilangkan kontrol, dengan adanya kolaborasi kontrol tidak serta merta hilang begitu saja. Kontrol akan tetap anda miliki, namun sekarang sudah bukan 100 % lagi, mungkin 50 % saja, tapi sisanya 50% merupakan kontrol dari teman anda yang ikut berkolaborasi.

Jangan kuatir, sepanjang tujuan dan cita - cita anda sama kontrol 50% yang anda serahkan kepada rekan kolaborasi anda tidak akan keluar dari jalur, karena mimpi dan cita - cita yang sama.

Manfaat apa saja yang bisa kita peroleh dari sebuah kolaborasi :

1. Kualitas konten yang menjadi semakin lebih baik
2. Kemampuan anda akan semakin terasah karena partner anda akan melihat sesuatu dari sisi yang berberda, yang mungkin anda belum pernah tau selama ini.
3. Anda tidak akan menjadi tinggi hati, karena kalau anda merasa sok jagoan, maka kolaborasi bukan lah sistem yang cocok untuk anda.
4. Kecepatan anda menghasilkan konten atau produk akan menjadi lebih cepat dan lebih baik.
5. Anda bisa mendelegasikan pekerjaan anda disaat anda harus mengurus sesuatu hal yang sifatnya urgent dan penting (seperti urusan keluarga dll).
6. Kolaborasi adalah satu - satunya sistem yang bisa anda gunakan untuk memampukan anda berjalan yang jauh.
7. Kolaborasi dapat membantu orang lain, anda bisa sharing kemampuan anda kepada orang lain sehingga mereka bisa terbantu untuk mencapai tujuan dan impiannya.

Jadi, sekarang saatnya kita mulai berkolaborasi, cari lah partner anda yang bisa anda andalkan untuk menjalin kolaborasi dalam mengerjakan dan menyelesaikan proyek - proyek atau bisnis anda.

Utamakan untuk selalu komunikasi dan diskusi dengan partner anda, sharing akan menjadi salah satu bentuk komunikasi yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan dan saling mengasah skill masing - masing pihak.

Oke, semoga tulisan ini bermanfaat yah, terima kasih.

I write about productivity, habits, decision making, programming, writing and personal finance. What It Takes To Be Free.


EmoticonEmoticon