Hanya Orang Disiplin lah Orang Bebas Sesungguhnya

Bicara tentang kebebasan, saya ternyata keliru, kebebasan yang saya pikirkan selama ini adalah kebebasan dimana saya bebas untuk melakukan segala sesuatu sesuai dengan mood saya, sesuai dengan kondisi hati dan perasaan saya.

Bebas melakukan apapun yang saya mau, melakukan apapun yang ingin dilakukan, makan seenaknya, tidur seenaknya, belajar seenaknya dan melakukan hal lain yang saya suka seenaknya.

Ternyata kebebasan yang seperti ini bukan lah kebebasan yang sesungguh nya, kebebasan yang seperti ini ternyata adalah bentuk nyata dari perbudakan. Dimana mood memperbudak diri kita sendiri, mood mempengaruhi tingkah laku dan kebiasaan kita, bukan komitmen kita. 

Sehingga ketika situasi mempengaruhi mood maka banyak hal yang tadinya harus kita kerjakan menjadi tidak dikerjakan sama sekali, karena mood sedang tidak bagus misalnya.

Disiplin adalah cara kita untuk menjaga dan mengontrol diri sendiri untuk tetap melakukan sesuatu yang harus kita lakukan tanpa dipengaruhi oleh kondisi mood yang ada di dalam diri kita sendiri.

Only the disciplined ones are free in life. If you aren’t disciplined, you are a slave to your moods. You are a slave to your passions. That’s a fact. Elieud Kipchoge
Mood kita memang ada kala nya naik ada kala nya turun, di kala mood kita bagus kita akan melakukan hal - hal yang positif dan bermanfaat. Tetapi di kala mood kita tidak bagus, yang ada adalah kita malah malas melakukan apa - apa, dan kita hanya mengikuti keinginan dari mood kita sendiri.

Mood merupakan hal yang alami di dalam hidup manusia, akan tetapi apakah kita mau diperbudak oleh mood kita?

Orang yang mengikuti kehendak mood nya adalah budak dari mood nya sendiri. Semakin kita mengikuti mood, maka semakin banyak hal yang tidak bisa dicapai karena mood yang akan selalu berubah - ubah dan akan menggangu kinerja dan selalu memperbudak kita.
Photo by Nadine Shaabana on Unsplash
Disiplin adalah bentuk dari sebuah komitmen untuk tetap melakukan hal yang harus dilakukan tanpa dipengaruhi oleh dituasi dan kondisi perasaan atau mood kita sendiri.

Orang yang berdisiplin adalah orang yang bebas, tidak dipengaruhi oleh apapun, tetapi dia bebas karena mendisiplinkan diri untuk komit melakukan suatu hal secara disiplin, hingga hal tersebut berhasil dan membawanya kepada kekebasan sebenarnya.

Ada banyak cara untuk bisa berdisiplin, bagaimana cara mendisiplinkan diri, sehingga kita bisa melakukan hal yang menjadi jembatan untuk meraih mimpi kebebasan kita yang sesungguhnya : 

1. Ketahui Apa Yang Ingin Anda Capai : Anda harus tau persis target dan tujuan yang ingin dicapai, jika tidak maka anda tidak akan pernah berlabuh di suatu tempat. Anda hanya berputar kesana kemari tanpa diombang - ambingkan situasi dan kondisi sekitar anda. Tujuan dan goal adalah hal penting yang harus anda tetapkan dari sekarang, baik tujuan dalam karir, tujuan bisnis, goal keuangan dan lain sebagainya.

2. Jangan Ikuti Mood : Mood merupakan bentuk perasaan yang sedang dirasakan (baik itu bahagia, sedih, malas, mager, dll) dan hal ini sangat mempengaruhi kinerja anda. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk melatih diri agar tidak mengikuti mood. Ketika anda tidak mood mengerjakan sesuatu, maka cobalah berlatih untuk tetap mengerjakannya walaupun anda sedang tidak mood

3. Hal Kecil : Lakukan hal terlebih dahulu, jangan terburu - buru untuk melakukan hal besar, karena hal besar butuh komitmen besar. Jadi sebaiknya fokuskan diri anda terlebih dahulu untuk disiplin melakukan hal kecil dan hal sederhana, misalnya bangun pagi, anda komit dan disiplin untuk bangun lebih pagi misalnya bangun jam 4 pagi, lakukan terus menerus secara disiplin. Kemudian isilah waktu bangun pagi anda dengan hal produktif seperti membaca buku, menulis, olahraga atau hal bermanfaat lainnya. 

4. Fokus Pada Pekerjaan Yang Sedang Anda Kerjakan Saat Ini : Ketika sedang bekerja atau melakukan sesuatu hal, maka arahkan fokuskan perhatian dan pikiran anda 100% tertuju kepada hal tersebut. Banyak orang yang sedang bekerja mengerjakan pekerjaan nya namun pikirannya tidak benar - benar hadir 100% mengerjakan pekerjaan tersebut, sebagian besar melayang - layang kemana - mana, sehingga hasil kerjanya tidak maksimal. Kalau istilah direktur saya dulu, ini namanya seonggok daging, dimana pegawai duduk di depan komputer tetapi tidak menghasilkan apa - apa.

Berdisiplin adalah cara terbaik untuk bisa bebas, menjadi orang bebas karena bisa meraih kesuksesan sesuai dengan impian. Siapapun bisa menuju kesuksesan asal bisa mengambil sikap untuk berdisiplin dan sikap untuk komit tetap disiplin hingga impian tercapai. Terima kasih.

I write about productivity, habits, decision making, programming, writing and personal finance. What It Takes To Be Free.


EmoticonEmoticon