Setiap kebersamaan pasti mempunyai dan memberikan kekuatan

Seorang individu yang berhasil meraih mimpinya hanya dengan mengandalkan kekuatan nya sendiri menurut saya hebat. Individu yang benar - benar bekerja sendiri tanpa mengandalkan siapapun berarti harus mampu menangani setiap persoalan yang dihadapi nya.

Tapi untuk menjadi individu yang bisa melakukan banyak hal seperti itu, menurut saya adalah hal yang sangat sulit. Karena akan banyak tantangan yang dihadapi ketika kita bekerja secara individu.

Saya pernah mengikuti sebuah lomba lari marathon yang berjarak sekitar 200 KM, lari antar provinsi, dan diikuti berbagai kategori. Kategori yang dilombakan mulai dari Individu, Relay 2, Relay 4, Relay 9, dan Relay 18.

Semua kategori di atas diikuti banyak peserta lari dari berbagai level, ada yang sudah biasa lari bahkan sudah sering juara, hingga orang - orang yang gak pernah lari.

Saya sendiri mengikuti lari di Relay 18, dimana jarak 200 KM dibagi ke 18 orang pelari sesuai dengan kemampuan masing - masing.

18 pelari ini didukung oleh tim support mulai dari etape 1 hingga etape 18, mensupport setiap pelari yang datang membawa gelang estapet.

Satu hal yang saya rasakan ketika berlari adalah dukungan dari tim support yang memberikan kekuatan baru dan kekuatan tambahan bagi saya di saat berlari. Start lari saya mulai di pukul 10 an, sudah mulai mendekati siang, jam segitu panas matahari sudah mulai terasa panas menyengat.

Photo by Mārtiņš Zemlickis on Unsplash
Kulit kaki terasa panas dan rasanya udah gak mau lari lagi, HR (heart rate) pun ikut naik dan tinggi membuat badan terasa semakin lelah walau masih setengah jalan. Menit demi menit berlari badan rasanya makin remuk dan lelah.

Dukungan dari tim support yang memberikan air dingin di saat berlari, memberi bantuan penunjuk arah dan yang paling penting memberikan semangat untuk terus berlari hingga garis finish. Hal inilah yang menggantikan rasa letih berlari saya, kekuatan baru saya dapatkan, dari kerjasama tim yang bagus hingga akhirnya saya bisa mencapai finish.

Kalau tim support gak ada aku yakin di pertengahan jalan pasti sudah selesai lari gak akan kuat sampai garis finish alias DNF.

Disini saya memetik sebuah pelajaran bahwa kebersamaan pasti memberikan kekuatan yang baru, kekuatan untuk mencapai dan meraih mimpi bersama yang lebih besar.

I write about productivity, habits, decision making, programming, writing and personal finance. What It Takes To Be Free.


EmoticonEmoticon