5 Manfaat Riset dan Pengembangan Untuk Proyek Pribadi Anda

Untuk mencapai suatu tujuan terkadang banyak orang yang tidak mau melewati proses, pengennya kalau bisa cepat - cepat dapat menghasilkan dan tujuan langsung tercapai. Tetapi apa iya semuanya bisa dilakukan secara instant ? mungkin belum sekarang yah, gak tau seratus tahun lagi seperti apa.

Ibarat menanam sebuah biji mangga, ketika kita menanamnya di sebuah kebun, kita berharap satu minggu kemudian biji mangga tersebut sudah tumbuh menjadi mangga yang besar dan langsung sudah berbuah, kalau hal seperti ini terjadi dijaman sekarang, maka ini namanya mujijat.

Sementara alam sendiri cara kerjanya tidak demikian, secara natural biji mangga tadi tidak akan bisa langsung tumbuh besar dan menghasilkan buah dalam satu minggu, sampai dengan saat ini belum ada teknologi di bidang pertanian yang bisa melakukan hal tersebut.

Walaupun sebenarnya suatu saat nanti bisa saja teknologi itu akan ditemukan, tapi kita gak pernah tau entah kapan tapi yang jelas hal tersebut bisa saja mungkin bisa terjadi.

Photo by NOAA on Unsplash
Kalau pun hal itu terjadi suatu saat, tentu menuju ke sana ada banyak hal yang harus dilakukan oleh para peneliti/ilmuan di bidang pertanian, ada banyak riset bio-teknologi (research) dan proses yang harus dilewati hingga hal tersebut bisa menjadi nyata atau real di dunia ini.

Kita terlalu jauh kalau bicara teknologi tinggi apalagi teknologi biologi dan semacamnya, bagaimana kalau kita membahas riset kecil - kecilan.

Gimana kalau kita membuat riset kecil - kecilan yang bisa kita kerjakan sendiri, dan kita coba dokumentasikan setiap langkah - langkah riset yang kita kerjakan disana.

Apa saja contoh riset pribadi (riset kecil - kecilan) yang bisa kita lakukan sendiri, riset disini bisa berupa hobbi, pekerjaan, bisnis, atau apapun yang bisa kita jadikan proyek pribadi, dimana tidak perlu membutuhkan dana dan tenaga yang besar.

Contoh proyek atau riset pribadi yang bisa anda jadikan sebagai referensi bagi diri sendiri :

  1. Menurunkan Berat Badan : Riset ini anda terapkan ke diri anda sendiri, dengan cara menyusun rencana penurunan berat badan hingga tercapai berat ideal yang diinginkan. Menurunkan berat badan dengan cara anda sendiri, cara yang anda terapkan setelah melakukan beberapa kajian dan penelitian. Setiap langkah yang anda lakukan harus dicatat sehingga review terhadap riset tersebut bisa dilakukan.
  2. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris : Proyek kecil ini bisa anda lakukan sendiri, proyek kecil bagaimana anda menguasai bahasa inggris sesuai dengan cara anda. Ada banyak referensi yang bisa anda jadikan sebagai sumber untuk mengasah kemampuan bahasa inggris anda, lakukan lah berbagai percobaan hingga bahasa inggris anda semakin lancar.
  3. Menulis Buku : Buatlah proyek kecil anda tentang menulis buku, menulis buku kecil yang sesuai dengan minat anda. Sebelum proyek ini anda kerjakan lakukan lah beberapa riset atau penelitian terlebih dahulu. Carilah langkah - langkah untuk menghasilkan tulisan yang bermutu, cari referensi bagaimana menyusun tulisan hingga menjadi sebuah buku. Lakukan penelitian anda sendiri, dan catatlah setiap hasil dari proyek yang anda kerjakan.
  4. Menciptakan Aplikasi : Proyek kecil menciptakan sebuah aplikasi sederhana hingga bisa dipublish di playstore misalnya. Buatlah aplikasi kecil, carilah referensi di internet, baca dan tonton tutorial - tutorial yang ada. Catat dan dokumentasikan setiap prosesnya, hingga akhirnya anda bisa merilis sebuah aplikasi.

Daftar di atas adalah contoh proyek kecil yang bisa dijadikan referensi, tidak sulit untuk membuat proyek kecil sendiri. Proyek kecil ini akan menambah percaya diri dan meningkatkan kemampuan mencipta anda.
You have to improve your ability to create something, you are creator not just user. 
Pengembangan/riset memang tidak serta merta langsung memberikan hasil yang sebanding dengan tenaga atau dana yang dikeluarkan untuk melakukan riset tersebut. Tetapi seiring dengan waktu, dengan usaha dan kerja keras, maka hasil dari sebuah riset dapat memberikan dampak yang luarbiasa, dan tentu saja hasilnya bisa mengembalikan biaya riset berkali - kali lipat.
  1. Konsep Dasar : Dengan melakukan riset, anda akan tiba dan bisa mendapatkan pemahaman yang mendalam dan mendasar tentang hal yang sedang anda riset. Pemahaman mendalam dan mendasar tersebut akan memberikan anda ruang untuk melakukan kontrol dan melakukan pengembangan lebih lanjut. Ketika anda sudah memahami konsep dasarnya dan memahami cara kerjanya maka anda siap untuk membangun apapun untuk berdiri di atas pondasinya.

  2. Ilmu Baru : Research yang dilakukan secara terus menerus akan menghasilkan ilmu baru, ilmu yang benar-benar belum ada. Ketika hasil riset anda menjadi penemuan baru karena hal tersebut sama sekali belum pernah ada maka temuan tersebut bisa dibakukan menjadi sebuah ilmu baru. Penelitian dan pengembangan terhadap suatu hal akan memberikan suatu disiplin

  3. Penemuan Baru : Penemuan baru pada umumnya diperoleh dari hasil riset. Riset yang dilakukan dengan benar, dikerjakan dengan benar akan menghasilkan penemuan baru yang memberikan manfaat bagi  banyak orang.

  4. Pengembangan : Dengan melakukan riset, berarti anda bisa melakukan pengembangan, bisa menemukan hal yang perlu ditingkan, dan bisa menemukan apa yang perlu diperbaiki.

  5. Profitabilitas : Harapan nya dengan melakukan berbagai riset dan penelitian, akan berdampak terhadap kinerja terlebih kalau dengan hasil riset memberikan value yang berpengaruh terhadap kualitas kinerja dan efektifitas proses, tentu pendapatan/profitabilitas anda pun akan meningkat.
Jadi dengan melakukan riset terhadap proyek - proyek kecil anda, akan memberikan  manfaat seperti poin2 yang saya sampaikan di atas. Semakin anda banyak melakukan riset maka semakin banyak hal yang bisa memacu proses pengembangan dari proyek - proyek anda hingga menjadi nyata dan berhasil.

Disamping itu pemahaman anda akan semakin mendalam, karena anda akan memahami konsep atau pondasi dari proyek itu sendiri. Pengetahuan yang anda miliki dan yang anda peroleh dari hasil riset pada proyek kecil anda, akan memberikan anda pemahaman mendalam.

Terima kasih semoga bermanfaat.

I write about productivity, habits, decision making, programming, writing and personal finance. What It Takes To Be Free.