Inilah Alasan Kenapa Kita Tidak Bisa Tampil Lebih Unggul

Pekerjaan kita sebenarnya gak ada habis - habis nya setiap hari dan setiap waktu, kenapa? karena memang begitulah pekerjaan, mereka akan selalu muncul karena banyak pekerjaan yang telah selesai dikerjakan akan menghasilkan pekerjaan lain yang harus dikerjakan.

Saya kadang suka merenung dan melamun benar gak sih kita itu harus mengerjakan banyak hal, atau apa sih sebenarnya yang perlu kita lakukan dengan kemampuan yang kita miliki, walau kecil tapi tetap memberikan warna yang berbeda dimanapun kita berada?

Saya sering mengamati tumbuh - tumbuhan di sekitar saya, demikian hal nya hewan - hewan di sekitar, saya mengamati hal sama apa sih yang mereka punya, dan hal berbeda apa yang mereka tidak punya.

Dari hasil pengamatan saya, satu hal yang saya menurut saya menjadi sebuah pelajaran penting adalah semua tumbuhan atau hewan ini memiliki bentuk yang berbeda, memiliki sifat yang berbeda, makanan yang berbeda, buah yang berbeda, bentuk tubuh yang berbeda, daun yang berbeda dan banyak perbedaan - perbedaan lainnya.

Tetapi apakah mereka ini tidak punya persamaan? Persamaan yang saya lihat adalah persamaan yang sifat nya generik, misalnya banyak pohon yang memiliki daun, pohon - pohon itu sama - sama memiliki daun, dengan kata lain secara generik tumbuhan memiliki daun. Tetapi apakah bentuk daun nya sama? tidak, apakah ukuran daun nya sama? jawabannya tidak juga, apakah warna daunnya sama ? jawaban nya tidak.

Demikian hal nya dengan hewan, diantara hewan - hewan yang saya amati, semuanya memiliki persamaan tapi lagi - lagi persamaan nya sifatnya generik, misalnya saja banyak hewan yang sama - sama memiliki 4 buah kaki, tetapi apakah kaki nya ukuran nya sama satu dengan yang lain? jawab nya tidak, apakah kaki - kaki hewan ini warna nya sama? jawab nya tidak juga, atau apakah kaki - kaki hewan ini semuanya berbulu ? lagi - lagi jawaban nya tidak.

Jadi dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa hewan dan tumbuhan saja diciptakan unik dan berbeda oleh Tuhan yang Maha Kuasa, dan masing - masing memberikan warna yang berbeda.

Keunikan dari masing - masing hewan dan tumbuhan ini menunjukkan bahwa mereka memiliki fungsi dan manfaat nya masing - masing yang berbeda satu dengan lainnya.

Dan sekecil apapun perbedaannya, memberikan pernyataan bahwa itulah mereka, itulah value atau nilai mereka, nilai yang tidak ada satu hewan atau tumbuhan manapun memiliki nya di antar hewan dan tumbuhan yang ada.

Photo by sheldon nand on Unsplash
Dari kajian sederhana di atas ini saya melihat hal serupa bagi kita manusia siapapun dan dimanapun.

Saya menyimpulkan bahwa untuk menjadi manusia bernilai atau bervalue kita harus memiliki satu hal unik, sesuatu yang tidak satu orang pun bisa memilikinya.

Kalau saya coba konkritkan ke dalam kehidupan kita sehari - hari, saya ambil contoh anda adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan. Ternyata di perusahaan tersebut, anda dinilai tidak memiliki “value unik” yang tidak dimiliki oleh teman - teman kantor anda lainnya.

Kalau seperti ini, apakah anda bisa dianggap lebih berguna dibandigkan yang lain? atau lebih baik dari yang lain?

Value disini adalah value yang berada di bawah kontrol atau kendali anda sendiri, bukan di bawah kendali bos anda atau orang lain.

Value yang benar - benar anda ciptakan sendiri sesuai minat dan bakat anda.

Sama seperti halnya hewan dan tumbuhan tadi, perbedaan yang mereka miliki merupakan value unik mereka sendiri, perbedaan itu menjadi nilai yang mereka tawarkan ke dunia ini.

Dan hal unik itu lah yang menjadikan kita bisa berhasil dan bisa unggul dalam setiap pekerjaan atau profesi yang kita miliki.

Value unik dari diri sendiri atau nilai unik yang membedakan kita dengan orang lain.

Value ini harus dicari dan harus ditemukan sendiri, tidak ada orang lain yang bisa memberikannya kepada kita, tetapi kita sendiri lah yang harus mencapainya sendiri.

Saya merasakan sesuatu yang menurut saya kita semua wajib memberikan satu value unik dimana pun kita berada, cukup satu saja tidak perlu banyak - banyak.

Contoh kita mulai dari keluarga, di tengah keluarga anda memiliki value yaitu selalu berprasangka positif ke siapapun anggota keluarga yang anda jumpai, tidak curiga dan tidak mengelabui anggota keluarga anda.

Value lain yang bisa anda ciptakan di dalam keluarga misalnya anda adalah anggota keluarga yang paling perhatian kepada semua anggota keluarga, cukup satu value saja, dan jadikan itu identitas anda di dalam keluarga.

Demikian halnya di tengah organisasi yang anda ikuti, ambilah sebuah value yang unik dan bermanfaat bagi organisasi anda, dan anda senang mengerjakan nya kapan pun dan dalam kondisi apapun.

Value yang sama bisa anda terapkan di dalam organisasi, misalnya anda adalah orang yang selalu berprasangka positif bagi siapapun yang anda jumpai, tidak curiga, dan tetap berkontribusi dengan memberikan perhatian - perhatian kepada organisasi anda khususnya bidang anda sendiri.

Di kantor juga demikian, value yang sama anda angkat dan anda kibarkan, hingga anda dikenal sebagai orang yang bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan.

Value yang sama anda sebarkan, pikiran positif, perhatian kepada perkembangan perusahaan, perhatian kepada hal - hal kecil di perusahaan, di divisi atau di unit paling kecil di kantor anda.

Di semua bidang kehidupan anda, tampil lah dengan value yang sama, sehingga secara generik anda dikenal sama, dikenal memiliki value yang serupa dimanapun dan kapan pun.

Meskipun value anda kecil dibandingkan value yang dihasilkan oleh orang lain, tetapi value ini adalah diri anda, mewakili perasaan anda sendiri, mewakili jati diri, pribadi dan pikiran anda sendiri, itulah anda yang sesungguhnya.

Value yang tidak selaras di dalam setiap organ kehidupan kita lah yang menjadi penyebab kegagalan kita yang paling besar.

Bahkan yang paling dominan adalah kita sendiri sekian lama tidak pernah tau value apa yang kita miliki, value apa yang kita inginkan, kita benar - benar tidak tau dan tidak menyadarinya.

Sehingga kita menjadi seperti sebatang kayu di tengah lautan luas yang diombang - ambingkan ombak, yang bergerak kesana kemari tanpa arah yang jelas.

Saya yakin dan percaya ketika anda bisa menemukan value unik dari diri anda sendiri, maka kesuksesan dan kemudahan hidup akan anda raih dengan mudah dan tidak perlu mengeluarkan energi berlebih untuk mempertahankannya anda akan tetap bisa bertahan, karena itu sudah menjadi bagian genetik dari hidup anda sendiri.

Terima kasih, semoga tulisan ini bermanfaat.

I write about productivity, habits, decision making, programming, writing and personal finance. What It Takes To Be Free.


EmoticonEmoticon