Jackpot : Cara Mengajukan Pertanyaan Walau Anda Tidak Mendengarkan Isi Materi Selama Seminar

Biasanya ada dua hal utama yang menjadi tujuan kita ngikutin seminar-seminar, yang pertama kita ingin mencari informasi baru atau ilmu baru dari pembicara seminar tersebut, atau kita sekedar hanya ikut dan hanya karena diminta kantor untuk ikut.

Kalo seminarnya berbayar pasti anda akan tetap fokus mengikuti acara hingga selesai...

Tapi tau gak guys, kadang - kadang seminar itu membosankan dan secara umum seminar dengan durasi yang lama akan membuat kita tidak betah untuk duduk berlama - lama di kursi.

Untuk menghindari rasa bosan dari peserta seminar, biasanya MC akan menggunakan trik - trik ice breaking sehingga peserta bisa kembali fresh mengikuti seminar. Misalnya dengan mengeluarkan jokes - jokes kocak, atau memainkan game yang bisa menghibur peserta.

Biasanya untuk menjaga peserta tetap bertahan di tempat duduk, EO pasti akan menyediakan "sesuatu" di akhir acara, sesuatu yang gratis dan "lumayan" kalau kita bisa dapat.

Seminar yang baik adalah seminar yang bisa tetap menjaga semangat peserta mengikuti seminar dari awal hingga akhir.

Sebisa mungkin ikutlah seminar dengan semangat, kalau menurut anda seminarnya dari awal sudah gak menarik, lebih baik gak usah ikut, karena sayany sekali anda menghabiskan waktu tapi tidak ada manfaat bagi anda.

Tapi kalau anda dapat perintah atau ditugaskan oleh bos atau manajer anda (Baca : Tips menghadapi bos yang menyebalkan di kantor) untuk mengikuti seminar maka ikuti lah dengan seksama dan catat poin - poin penting yang bisa anda bawa pulang kembali ke perusahaan anda bekerja.

Biasanya seminar - seminar profesional akan memberikan hadiah bagi peserta yang aktif bertanya, bagi peserta yang memberikan pertanyaan yang relevan dengan isi seminar.

Tentu saja pembicara selalu mengharapkan pertanyaan dari para peserta nya, mungkin karena memang budaya kita kurang proaktif sehingga biasanya peserta seminar jarang mau bertanya, karena kurang tau atau mungkin karena malu.

Nah kali ini saya mau berbagi tips bagi kalian yang ingin proaktif mengajukan pertanyaan-pertanyaan ketika mengikuti seminar, dan pertanyaan nya dijamin berkualitas seolah anda cukup memahami materi yang sedang dibawakan pembicara.

Terkadang yang saya lihat penyebab utama kenapa tidak bertanya bukan karena tidak tau apa yang mau ditanyakan, tapi sering kali karena kita tidak tau bentuk pertanyaan yang tepat seperti apa, takutnya salah nanya, maka jadinya kita malas bertanya.

Tapi jangan kuatir tips kali ini akan membantu anda menanganinya.

Oke, anda pernah tau Quora ?

Kalau sudah tau, berarti anda sudah familiar dengan isi dan manfaat dari quora ini.

Nah bagi yang belum tau, Quora adalah sebuah aplikasi (ada juga versi web nya) yang merupakan tempat kita untuk mengajukan pertanyaan apa saja, dan pertanyaan itu nanti akan dijawab oleh siapapun member di Quora yang ingin menjawab pertanyaan tersebut, demikian juga anda bisa memberikan jawaban terhadap pertanyaan - pertanyaan orang lain disana.

Untuk bisa melakukan hal tersebut, anda hanya perlu mendaftar kan sebuah akun disana, kemudian login dan langsung ketik pertanyaan yang ingin anda tanyakan dan setelah nya tinggal menunggu jawaban dari orang - orang  (member quora) yang ingin memberikan jawaban.

walau jawaban pertanyaan nya tidak selalu benar, tetapi anda bisa melihat berbagai jenis jawaban dari orang - orang yang menjawab pertanyaan anda tadi, dan tinggal pilih jawaban yang paling relevan.

Hingga saat ini, yang saya telusuri dan yang saya dalami, ada banyak sekali pertanyaan - pertanyaan dari berbagai jenis topik plus disertai jawaban - jawaban dari member - member yang ada disana

Terus apa hubungan nya dengan seminar bro...??

Hubungannya adalah kamu bisa menggunakan Quora ini sebagai sumber referensi yang handal untuk bertanya ketika sedang seminar.

Anda tinggal ketik saja topik yang sedang dibahas, akan muncul berbagai pertanyaan yang berhubungan dengan topik tersebut.

Tinggal pilih pertanyaan mana yang ingin anda tanyakan, kemudian silahkan anda tanyakan langsung kepada si pembicara.

Dengan tips ini anda bisa tampil terlihat sebagai peserta proaktif dan cuorius dengan topik yang sedang dibawakan oleh si pembicara.

Syukur - syukur nanti di akhir seminar anda bisa dapat hadiah, karena biasanya sering kali ada hadiah yang disiapkan oleh panitia khusus bagi siapapun peserta yang bertanya.

Jadi jangan malas bertanya, lumayan dapat hadiah, cukup dengan ngandalin quora.

Saya sendiri sudah merasakan manfaat dari quora ini guys, ini buktinya saya dapat sebuah kartu uang elektronik dan sebuah buku setelah mengajukan pertanyaan (asikk...), nih buktinya guys wkwk...


Tentu saya hanya memanfaatkan quora guys....wkwk, so anda pun bisa, selamat mencoba.

Terima kasih semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar