Gak Akan Ada Progress Kalau Gak Dimulai


Slogan “mulai aja dulu” sudah menjadi salah satu quotes yang diviralkan oleh salah satu e-commerce terbesar di indo saat ini, kalau situ pernah dengar tapi ya ?!

Slogan ini diangkat sebagai satu slogan yang diharapkan dapat memberikan dorongan baru kepada para merchant untuk mulai berjualan dan meningkatkan penggunaan fitur yang ada di e-commerce tersebut.

Dan menurut analisa saya, slogan ini bukan hanya sekedar slogan yang dipakai untuk promosi produk, tetapi lebih daripada itu slogan ini bisa/dapat digunakan sebagai ramuan ajaib untuk meningkatkan produktifitas seseorang yang ingin berhasil menyelesaikan proyek2 pribadinya.

Mulai aja dulu artinya memaksa diri untuk segera memulai melakukan sesuatu walau kondisi ideal untuk memulainya belum terjadi.

Kalau anda punya keinginan untuk menyelesaikan pengerjaan sebuah proyek yang sudah anda rencanakan, maka untuk merealisasikan nya anda harus memulai dulu.

Saya sering sekali menunda untuk memulai mengerjakan proyek pribadi yang sudah saya rencanakan, karena banyak hal yang menurut pemikiran saya sendiri belum siap dan belum ideal sehingga saya memutuskan untuk menunda.

Hal ini terkadi berulang - ulang hingga tak terasa waktu sudah berlalu banyak tanpa ada sedikit pun aksi yang mendorong jadinya proyek pribadi yang saya inginkan itu.

Karena kondisi inilah banyak keinginan hanya tinggal keinginan saja, hanya sebatas angan - angan yang tidak pernah terjadi.

Berikut ini adalah tips untuk ber-progress atas apapun yang sedang anda kerjakan saat ini :

1. Jika saat ini di meja kantor anda sedang banyak kerjaan yang harus diselesaikan, maka mulai aja dulu mengerjakan kerjaan yang paling mudah dan segera mulai.

2. Jika anda ingin mempelajari bagaimana cara membuat sebuah web atau aplikasi handphone, maka mulai aja dulu, walau anda belum mengerti cara yang benar untuk mewujudkan nya, jangan kuatir mulai aja dulu.

3. Jika anda ingin menjadi yutuber yang punya banyak subscriber, likes dan views maka mulailah mengambil kamera anda dan mulai merekam. Jika sudah banyak video yang anda rekam mulailah mengedit, hasil editing nya jelek atau bagus tidak masalah, yang penting mulai aja dulu, terus lakukan secara konsisten.

4. Jika anda ingin menguasai sebuah bahasa asing, namun tidak tau bagaimana cara yang benar untuk belajar bahasa tersebut, maka mulai aja dulu dari apa yang bisa anda pelajari.

5. Jika anda ingin menjadi seorang blogger atau penulis yang berhasil tetapi tidak tau cara menulis hang baik, maka mulai aja dulu menulis satu dua paragraf. Tidak peduli hasil tulisan nya bagus atau tidak, itu urusan nanti yang penting anda mulai aja dulu dan lakukan secara konsisten, dan lihat hasilnya nanti.

Di atas adalah contoh yang bisa anda jadikan sebagai referensi atas apa yang ingin anda kerjakan saat ini.
Photo by Ben Kolde on Unsplash
Kesalahan yang dilakukan orang makanya tidak ada progress adalah pada saat memulai. Orang sukses adalah orang yang berani memulai dan selalu melakukan perbaikan demi perbaikan.

Kalau proyek pribadi anda kelihatan tidak mengalami perubahan, tidak ada progress yang signifikan, maka coba anda tanya diri anda, apakah anda sudah mulai mengerjakannya? atau anda hanya menunda?

Memulai tidak harus lama - lama, cukup dengan menyisihkan waktu anda 10 menit untuk memulai proyek anda maka proyek tersebut sudah ada progress yaitu 10 menit tadi.

10 menit tersebut jauh lebih baik dari anda yang tidak melakukan nya sama sekali.

Dengan menyisihkan waktu 10 menit saja, saya kira banyak proyek yang bisa anda kerjakan dalam sehari, pekerjaan utama anda saat ini pun tidak akan terganggu dengan hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar