The Power Of Satu Aja

Jaman sekarang adalah jaman dimana kita dibanjiri oleh berbagai informasi dari beragam sumber dari mulai informasi yang kita sukai maupun informasi yang tidak kita inginkan sama sekali melalui smartphone/handphone yang kita miliki.

Berbagai platform berita yang hampir tiap menit memberikan notifikasi berita untuk kita baca. Status sosial media orang – orang terkenal yang kita ikuti (follow) juga seolah menjadi sesuatu yang wajib kita lihat setiap hari, kita tidak mau ketinggalan berita ataupun apalgi kalau ada gosip yang sedang trending tentang mereka.

Belum lagi banyaknya aplikasi yang terinstall di smartphone kita yang selalu memberikan notifikasi supaya kita membuka aplikasi tersebut dan menggunakannya.

Photo by Ferhat Deniz Fors on Unsplash
Kondisi ini seolah telah membuat kita nyaman hingga kita berada di dalam posisi seolah tidak bisa hidup tanpa semua itu, ada rasa takut ketinggalan berita, ada rasa takut ketinggalan gosip yang sedang hot, ada keinginan untuk membuka semua aplikasi favorit kita setiap hari dan setiap saat.

Kondisi seperti ini menjadi penghalang bagi kita untuk bisa produktif setiap hari, sehingga kita sering merasa telah bekerja dan sudah capek seharian, merasa telah melakukan ini dan itu tetapi kita tidak melihat adanya hasil dari capek tersebut.

Kenapa kita sering merasa seperti ini ? Sudah kerja keras pontang – panting kesana kemari tetapi tetap tidak ada hasil, ini penyebabnya :
  1. Multi Tasking : Banyak orang melakukan hal ini, mereka berusaha untuk melakukan banyak hal secara bersamaan. Seseorang yang bekerja di depan laptop misalnya sambil kerja sambil main hp, sehingga waktu yang dia butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaannya semakin banyak, karena gangguan dari handphone nya membuat sering sekali terjadi interupsi dan mengubah fokusnya menjadi buyar. Sambil kerja mungkin orang tersebut juga mengerjakan bisnis sendiri, di jam kerja menjadi banyak proses switching dari satu aktifitas ke aktifitas lain, hal ini akan merusak produktifitas anda hari itu.
  2. Tidak Biasa Fokus : Orang yang seharian “capek” bekerja tetapi tidak ada hasil, saya yakin itu karena dia tidak menetapkan arah fokus nya kemana artinya tidak bisa fokus dengan baik. Terlalu banyak pekerjaan yang ingin dikerjakan, yang akhirnya malah membuat tidak ada satupun pekerjaan yang bisa selesai dan berhasil dikerjakan dengan baik, dan di akhir hari tidak ada satu pun hasil yang membanggakan bahkan pekerjaan ringan sekalipun tidak dapat dikerjakan walau hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk menyelesaikannya.
  3. Memilih Lebih Banyak : Banyak orang yang berpikiran bahwa ketika dia hanya mengerjakan satu pekerjaan saja, maka nanti dia tidak akan bisa bersaing atau tidak akan bisa mengungguli rekan kerja nya yang lain. Sehingga mindset ini mendorong dia untuk menggunakan segala upaya nya untuk mengerjakan berbagai jenis pekerjaan yang seharusnya tidak perlu dikerjakan. Memilih mengerjakan banyak hal, akan menguras perhatian dan energi yang banyak, hingga berujung fokus anda menjadi buyar dan tidak menghasilkan apapun.
  4. Terlalu Banyak Aksesoris : Aksesoris adalah sesuatu yang sebenarnya bisa dibilang tidak perlu, aksesoris sering kali menjelma menjadi hal penting atau hal yang paling utama yang kita pilih. Misalnya ketika anda kerja di depan komputer, anda merasa akan lebih produktif ketika ada kopi tersedia di meja, ada cemilan, ada buku catatan, dan ada speaker yang sudah siap mengeluarkan suara dari musik – musik kesukaan anda. Ketika barang – barang ini tidak ada, maka anda merasa bahwa anda tidak bisa bekerja efektif, ibarat kata doping atau vitamin nya belum masuk maka anda pun tidak bisa kerja dengan baik. Padahal semua itu hanya aksesoris, hal yang sebenarnya tidak penting, apabila ketiga hal tersebut tidak ada, anda tetap bisa bekerja, jadi hal penting bukan barang – barang tersebut, tetapi yang paling penting adalah diri anda dan pekerjaan utama anda. Ketika anda fokus mengerjakannya maka hasilnya akan membanggakan di akhir hari.
  5. Terlalu Banyak Main Handphone : Orang yang tidak produktif di jaman sekarang ini adalah mereka yang telalu banyak main smartphone/handphone, di saat bekerja handphone mereka terus menjadi pengganggu utama walau hal ini tidak disadarinya, sehingga konsentrasi bekerja pun buyar yang mengakibatkan kualitas dari hasil kerja menjadi sangat rendah. Terbiasa dengan hidup menggunakan handphone kemana – mana, sehingga hidup tanpa handphone seolah menjadi tidak bisa, walau handphone itu sebenarnya tidak salah, yang salah adalah kita yang menggunakannya. 
Anda bisa menggunakan handphone sesuai keinginan anda, jangan biarkan diri anda diatur oleh handphone, jangan biarkan diri anda menjadi budaknya, ada banyak hal penting yang bisa anda kerjakan, dan manfaatkan hanphone tersebut untuk membantu anda menyelesaikan pekerjaan itu.
Hal di atas merupakan penyebab utama yang membuat kita tidak produktif walau kita seolah telah bekerja keras dan sudah merasa capek seharian.

Seberapa penting sih sebenarnya kita “menguasai” banyak hal, misalnya di saat kerja, desktop menyala, di atas meja ada speaker, tumpukan kertas, hanphone dan beberapa makanan kecil yang siap untuk disantap. Apakah kita pernah bertanya buat apa sih semua itu, perlu gak sih kita memiliki semua nya di atas meja kita, seberapa penting keberadaan mereka?

Pertanyaan ini wajib selalu anda tanyakan ketika mulai bekerja, sebelum memulai bekerja cobalah bertanya daftar apa saja yang harus anda kerjakan hari ini, dan dari daftar itu apa saja yang harus anda hapus dan apa saja hal paling penting yang harus anda kerjakan hari ini, cukup pilih satu saja.

Contoh daftar pekerjaan hari ini :
1.    Olahraga di pagi hari minimal 30 menit
2.    Baca komik kesukaan
3.    Nonton bola (liga champion) nanti pagi pukul 02.00
4.    Menyelesaikan pendingan kerjaan kantor
5.    Nonton Youtube di channel kesuakaan
6.    Belajar bahasa inggris
7.    Belajar programming
8.    Belajar membuat channel Youtube

Coba perhatikan daftar di atas, daftar ini bisa bertambah banyak, sesuai keinginan anda jika anda menginginkan untuk mengerjakan segala sesuatu. Tetapi berapa banyak energi yang anda butuhkan dan waktu yang anda inginkan untuk menyelesaikan semua daftar ini? Kondisi ini akan membuat anda seperti orang yang sangat sibuk, sibuk dengan berbagai hal tetapi tidak menghasilkan apapun.

Saran saya pilih lah satu dari ke 8 daftar tersebut, buanglah daftar yang lain, dan fokus lah pada satu daftar saja dan alokasikan energi dan waktu anda untuk daftar utama pilihan anda tersebut, kalau saya disuruh memilih maka, saya akan memilih untuk menyelesaikan pekerjaan kantor sebagai daftar paling utama saya tersebih dahulu.

Doing Nothing is better than being busy doing nothing.

Tidak melakukan apapun jauh lebih baik daripada telihat super sibuk tetapi tidak menghasilkan dan tidak berdampak apapun. Untuk itu mulailah melakukan sesuatu sesuai dengan urutan kepentingannya, sebaiknya jangan habiskan waktu sia-sia melakukan banyak hal yang tidak sesuai dengan prioritas mu sendiri.

Buatlah menjadi sebuah habit atau kebiasaan baru setiap hari, yaitu sebuah kebiasaan dimana anda hanya akan memilih untuk mengerjakan satu hal penting saja setiap hari, tidak peduli dengan hal lain. Kekhawatiran anda akan hal lain mulai sekarang singkirkan, anda tidak perlu kuatir dengan hal lain yang tidak bisa anda kerjakan, cukup fokus dengan hal penting yang ada di depan mata anda dan fokus lah untuk melakukannya dengan baik.

Jangan biarkan dirimu diganggu oleh apapun yang ada di sekitar, apalagi gangguan yang datang dari handphone atau smartphone anda, matikan semua notifikasi dan mulailah mengerjakan dan menyelesaikan hal penting anda dengan benar.

Anda tidak perlu terburu – buru untuk segera menyelesaikannya supaya segera bisa melakukan hal lain, jangan biarkan kondisi ini memaksa untuk menyelesaikan pekerjaan mu dengan terburu – buru. Nikmati setiap proses nya, rasakan dan benamkan diri anda hanyut 100% terhadap pekerjaan yang anda pilih tersebut, sampai anda benar – benar merasakannya sepenuh hati dan bisa menyelesaikannya dengan baik tanpa ada kesan buru – buru disana.

Semakin anda terbiasa melakukan ini, maka percayalah, anda pasti bisa menunjukkan progress dan kemajuan yang berarti, anda akan bangga dengan hasil – hasil yang anda selesaikan. Ketika anda melihat ke belakang, maka hasil – hasil dari daftar penting yang telah anda selesaikan akan memberikan dorongan motivasi tersendiri bagi anda untuk bisa lebih produktif lagi.

Stress yang kita alami pada umumnya dipicu oleh karena diri kita sendiri, dipicu oleh banyaknya keinginan yang ada di dalam diri kita, dipicu juga oleh banyaknya barang – barang yang kita inginkan, barang – barang yang dimana kita seolah tidak bisa hidup tanpanya.

Hal – hal ini lah yang menyebabkan kita sering stress dan sering galau, disaat hal – hal ini tidak bisa kita gapai dan tidak bisa kita beli, yang ujung nya berakitbat kepada rasa lelah dan stress yang meningkat di dalam diri kita.

Hindari kondisi ini dan mulailah mengosongkan daftar anda, menghapus daftar yang tidak perlu, dan menyisahkan satu daftar yang paling penting untuk dikerjakan hari ini, cukup satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar