Kegagalan Terbesar Kita Adalah Menghindari Kegagalan

Ketika kita melakukan sesuatu hal maka akan banyak pengalaman - pengalaman yang bisa kita peroleh dan berbeda - beda dari setiap hal yang kita lakukan tersebut apapun bentuknya.

Berhadapan dengan berbagai kegagalan demi kegagalan dari apa yang kita kerjakan harusnya sudah menjadi hal yang biasa. Tetapi yang sering terjadi justru sebaliknya, kegagalan tersebut malah menghantui dan membuat kita menjadi takut untuk melakukan hal lain karena kita takut gagal lagi.

Padahal kegagalan itu adalah satu hal penting yang wajib kita hadapi ketika kita ingin bertumbuh dan berkembang. Seorang anak yang sedang belajar berjalan pasti sering melakukan langkah - langkah yang bisa membuat dia jatuh dan terluka, tetapi hal ini alamiah. Seiring dengan berjalannya waktu si anak kecil tersebut akan bisa berlari, dari yang tadinya baru bisa merangkak.

Kita pun sama seperti anak kecil itu, orang yang berhasil maju dalam bisnis, karir, pekerjaan dan hal apapun itu adalah mereka yang sudah berani melalui langkah - langkah yang sering membuat mereka terjatuh dan bahkan terluka.

Semangat yang pantang menyerah dan perbaikan terus menerus, hingga menjadi sebuah kebiasaan dan menjadi budaya, itulah yang membuat mereka bisa terus berkembang dan maju menjadi sukses hingga bisa berlari.

Sudah pasti akan ada proses dimana ada saatnya jatuh bangun dan terluka karena kita belum tau bagaimana cara untuk menghadapinya, menghandle dan mengendalikan setiap langkah - langkah kita, tetapi jangan trauma karena kegagalan tersebut.

Trauma kegagalan jangan sampai menghalangi anda untuk maju, merubah dan memperbaiki kebiasaan secara disiplin, melakukan update dan pengembangan diri, walau sedikit demi sedikit tetapi dilaksanakan dengan konsisten tentu adalah kunci utama ketika kita mengalami kegagalan, hal ini akan membawa kita menuju perbaikan dan perubahan yang lebih baik.

Photo by chuttersnap on Unsplash
Maka jangan pernah takut mengalami kegagalan untuk melakukan perubahan, jangan takut jatuh ketika anda ingin mencapai impian dan cita - cita. Memang secara teori lebih mudah dibandingkan dengan praktik, tetapi teori tidak salah, teori adlaah pedoman untuk melangkah atau berpraktik.

Artikel ini adalah teori untuk anda yang ingin bisa maju dan bertumbuh untuk mencapai keinginan dan cita - cita anda. Pahami lah ini dan segera melangkah, tingkatkan fokus dan terus bangkit jika anda gagal.

The irony is that the biggest mistake you can make is trying to avoid making mistakes.

Ironisnya adalah pencapaian kita dengan orang lain terkadang jauh lebih rendah walau kita mengerjakan bidang yang sama.

Menurut pengamatan saya hal ini terjadi karena perbedaan konsistensi dan persistensi yang kita miliki.

Ada banyak orang yang bisa memulai tetapi tidak bisa secara konsisten melanjutkan apa yang sudah dimulai tersebut. Sehingga sering kali akhirnya tidak menghasilkan apapun karena tidak bisa fokus dalam setiap menyelesaikan apapun yang sudah dimulainya.

So, jangan takut untuk gagal, jangan menghindar dari kegagalan karena sedang berusaha, namanya juga usaha dan kerja keras pasti ada posisi naik turun, fokus dan takut lah apabila anda tidak memulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar